Rupa-rupa

5 Mei 2021

Mencari ART Infal Adalah Hal yang Tidak Mudah, Yuk Ikuti 7 Tips Ini!

Jangan sampai dapat ART yang bermasalah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Memasuki bulan puasa, bayang-bayang mencari infal sudah mulai datang menghantui. Salah satu hal yang yang paling ditakuti saat mencari infal adalah ketidakcocokan.

Tak bisa dipungkiri bahwa ditinggal Asisten Rumah Tangga (ART) selama periode liburan hari raya ini memang sudah menjadi PR besar buat Moms.

Biasanya jalan keluar yang ditempuh Moms adalah mencari ART infal untuk Lebaran.

Memiliki ART Infal Adalah Keinginan Banyak Orang

Infal adalah

Foto: freepik.com

Memiliki ART infal atau baby sitter infal saat lebaran sangatlah penting. Terlebih jika Moms terbiasa menggelar acara di rumah di hari raya.

Tentunya keberadaaan ART menjadi sangat esensial untuk menjaga kebersihan rumah dan membantu menyediakan makanan yang diperuntukan tamu.

Nah, untuk Moms yang baru saja memiliki anak dan terbiasa sibuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, infal baby sitter pun diperlukan.

Terlebih ketika Moms akan disibukan dengan acara penerimaan tamu dan bersilaturahmi dengan keluarga serta kerabat yang datang ke rumah.

Baca Juga: Tak Berencana Mudik? 6 Ide Aktivitas Keluarga Ini Menyenangkan dan Mudah Dilakukan

Tetapi, mencari ART infal Lebaran juga tidak mudah. Banyaknya orang yang membutuhkan, membuat Moms kadang kesusahan mencari ART infal yang bagus, jujur dan minim masalah. Ya, menemukan kecocokan dengan infal adalah hal yang sulit untuk ditemukan.

Bukan hanya mengenai ketidakcocokan. Bahkan mencari pengganti ART atau infal adalah hal yang tiba-tiba menjadi sulit ketika menjelang libur lebaran.

Tak heran, hal tersebut dikarenakan banyak juga keluarga yang mencari infal ART atay baby sitter karena orang yang selama ini mengerjakan tugas tersebut biasanya sedang cuti Idul Fitri.

Yuk, coba beberapa langkah berikut ini untuk bisa menemukan asisten yang bisa meringankan tugas Moms selama libur Lebaran.

Baca Juga: Agar Perjalanan Nyaman, Ini Tips Mudik Aman Saat Hamil dari Dokter Kandungan

Cara Mendapatkan ART Infal

Infal adalah

Foto: freepik.com

Seperti yang sudah dibahas, mendapatkan infal adalah hal yang sulit jika dilakukan menjelang lebaran. Karenanya, Moms perlu mengetahui beberapa tips and trick yang bisa dilakukan agar mendapatkan infal yang cocok saat libur lebaran tiba.

1. Cari Dari Jauh-Jauh Hari

Cara pertama untuk mendapatkan infal adalah dengan menghubungi jasa penyalur ART dari jauh-jauh hari.

Jangan sampai Moms mendapatkan kesulitan karena mencari. infal adalah hal yang paling sulit dilakukan jika lebaran sudah semakin dekat.

Jika Moms sudah tahu, asisten rumah tangga setiap tahun pasti mudik, pastikan Moms sudah mendapatkan ART infal baru sebelum ditinggal.

Penting untuk mulai mencari ART ini jauh-jauh hari, jangan seminggu atau bahkan beberapa hari sebelum Lebaran baru mencarinya.

Waktu yang cukup panjang juga dibutuhkan untuk menyeleksi beberapa “kandidat” dan menelusuri lebih dalam sedikit, tentang bagaimana latar belakang dan sistem kerja yang biasa dikerjakan ART infal yang akan Moms pilih.

Baca Juga: Bolehkah Berhubungan Intim di Hari Raya Idul Fitri? Ini Dalilnya!

2. Sumber yang Terpercaya

Cara kedua yang penting diketahui saat memilih infal adalah dengan mengambil pengganti sementara ART dari sumber yang terpercaya.

Ketika tidak punya banyak waktu untuk menyeleksi beberapa calon ART infal, Moms bisa memberi kepercayaan kepada teman dekat, orangtua, atau sahabat dekat yang memiliki informasi mengenai penyedia jasa ART infal.

Baca Juga: 6 Ide Parsel Lebaran Agar Hari Raya Semakin Berkesan

3. Ketahui Kebutuhan Infal

Infal adalah

Foto: freepik.com

Moms perlu mengetahui kebutuhan infal yang akan disewa seperti apa. Infal sendiri dibagi menjadi 2 , yakni infal yang mengurus pekerjaan rumah tangga dan juga infal yang akan mengurus anak atau baby sitter.

Cobalah untuk menimbang-nimbang mana hal yang lebih penting ketika ingin menyewa jasa infal. Karena harganya yang akan jauh lebih mahal dari biasanya, jadi, coba untuk memilih dengan bijak ya, Moms!

Tak bisa dipungkiri bahwa mendapatkan infal memang sulit dan harganya bisa sangat fantastis.

Jadi, jika Moms benar-benar membutuhkannya dan dalam keadaan in budget, ada baiknya untuk berdiskusi bersama Dads mengenai kebutuhan mana yang lebih penting.

Bukan hanya mengurus Si Kecil, ketika lebaran kebutuhan rumah tangga dan menata rumah menjadi lebih sering dan melelahkan dari sebelumnya.

Belum lagi jika ada keluarga yang memutuskan untuk mengunjungi keluarga kita karena ingin bersilaturahmi. Pekerjaan rumah tangga pun bisa semakin menumpuk.

Baca Juga: 4 Pertanyaan yang Harus Diajukan Saat Mewawancarai Baby Sitter

4. Budget yang Masuk Akal

Biasanya para penyalur ART  atau perorangan yang bersedia menjadi ART infal akan memasang tarif yang sedikit lebih tinggi dari gaji ART biasanya.

Untuk itu, Moms perlu tahu berapa kisaran gaji untuk ART infal. Carilah informasi dari berbagai sumber, orang terdekat, tetangga  satu komplek atau internet.

Jangan sampai Moms rugi karena mendapatkan ART dengan tarif yang sangat tinggi.

5. Bisa Ganti Infal

Hal lain yang perlu Moms ketahui dari infal adalah Moms sebenarnya bisa meminta ganti infal ketika orang yang diberikan yayasan penyalur dirasa tidak cocok.

Tak bisa dipungkiri bahwa ketidakcocokan infal adalah hal yang paling tidak diinginkan. Rasanya ingin sekali mendapatkan orang yang sesuai agar tidak direpotkan pencarian orang lagi.

Nah, meski infal bisa diganti dengan orang lain, Moms tetap harus memerhatikan waktu komplain, ya.

Biasanya yayasan penyalur jasa infal tidak diterima jika mendekati hari lebaran. Jadi, Moms perlu memastikan untuk meminta tukar infal dari jauh-jauh hari.

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Kriteria Babysitter

6. Dapatkan Dari Yayasan Terpercaya

Hal lain yang diharapkan dari infal adalah rasa aman. Demi keamanan dan kenyamanan bersama, cobalah mencari infal dari yayasan penyalur yang terpercaya, Moms!

Biasanya tenaga infal yang disalurkan sudah terpercaya dan terdaftar di Dinas Tenagakerja dan juga Transmigrasi.

Para pekerja tersebut pun biasnaya sudah melalui proses seleksi, pendataan dan bisa dipertanggungjawabkan.

Selain bisa membuat nyaaman dan aman, beberapa tenaga infal dari jasa penyalur terpercaya biasanya sudah diberikan pelatihan khusus sebelum bekerja. Jadi, Moms bisa tenang sedikit melepaskan urusan rumah tangga.

7. Alternatif Lain

Cara lain yang sering juga digunakan oleh rumah tangga untuk mencari infal adalah memberi tambahan gaji untuk ART yang waktu mudiknya bisa ditunda setelah Lebaran.

Ini biasanya berlaku apabila Moms memiliki lebih dari seorang ART di rumah. Mengenai jumlah tambahan gaji yang akan diberikan, Moms bisa mengalikan jumlah hari dengan standar gaji ART infal yang ada di lingkungan rumah.

Wah, masa-masa Lebaran memang membuat Moms super sibuk ya. Terlebih bila rumah Moms menjadi tujuan open house keluarga. Saat-saat inilah Moms membutuhkan bantuan ARTI infal Lebaran. Apa Moms sudah berencana mencari ART infal?

Rasanya nyaman dan aman dari infal adalah hal yang diidamkan setiap orang. Jadi, hati-hati dalam memilih ya, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait