Jalan-jalan

19 Agustus 2021

Kunjungi 11 Wisata Tawangmangu yang Menawarkan Banyak Keindahan Alam

Ajak keluarga yuk Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tawangmangu adalah sebuah kabupaten yang terletak di kota Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata Tawangmangu menjadi pilihan saat Moms ingin menikmati udara pegunungan yang dingin.

Salah satu tempat yang paling terkenal di Tawangmangu adalah lereng barat gunung Lawu. Selain itu, Tawangmangu dikelilingi oleh perbukitan dan hutan sehingga Moms bisa menikmati indahnya pemandangan disana.

Tak heran jika banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke berbagai tempat wisata Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar ini.

Berikut rekomendasi wisata Tawangmangu yang bisa jadi pilihan saat Moms ingin berlibur ke daerah pegunungan.

Baca juga: Kunjungi 7 Negara Ramah Wisatawan Muslim Ini, Banyak Makanan Halal

Lokasi Wisata Tawangmangu

Karena berada di dataran tinggi, wisata Tawangmangu sangat kental dengan keindahan alam, seperti bukit, gunung, pertanian atau air terjun.

Semua tempat wisata Tawangmangu berikut ini tentunya bisa menjadi tempat Moms menenangkan diri dari keramaian kota. Yuk simak artikelnya.

1. Air Terjun Pringgodani

wisata tawangmangu

Foto: instagram.com/tentangkaranganyar

Air Terjun Pringgodani merupakan salah satu objek wisata Tawangmangu yang bisa Moms kunjungi. Lokasinya terletak di desa Blumbang yang berjarak sekitar 4 km dari terminal bus Tawangmangu.

Pringgodani adalah tempat yang digunakan oleh orang-orang untuk melakukan pertapaan, oleh karena itu air terjun ini juga dikenal sebagai pertapa Pringgodani. Air terjun Pringgodani memiliki ketinggian 100 meter dan air terjun ini berasal dari danau Pringgosari.

Untuk menuju ke tempat ini, perlu tenaga yang cukup karena Moms harus berjalan kaki sejauh 2 km. Rutenya pun tidak bisa karena harus berjalan berjalan melalui hutan dan jalan yang curam yang sangat menantang apalagi ketika musim panas.

Tapi, jangan sedih karena selama berjalan, Moms akan melihat berbagai pemandangan yang fantastis seperti perkebunan wortel, kubis dan bawang.

Sedangkan dari sebelah barat, Moms akan melihat desa-desa Karanganyar dan juga gunung berapi. Kemudian, jika melihat ke timur, Moms akan melihat air terjun.

Lokasi: Area Hutan Lindung, Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

2. Gunung Lawu

wisata tawangmangu gunung lawu

Foto: instagam.com/lawumountain

Gunung Lawu terletak di antara 3 kabupaten yaitu Karanganyar, Ngawi dan Magetan. Gunung ini memiliki ketinggian 3.265 mdpl dan memiliki 3 gunung bernama hargo dalem, hargo dumilah dan hargo dumiling.

Di lereng gunung terdapat begitu banyak objek atraksi seperti talaga sarangan yang menjadi salah satu unggulan wisata Tawangmangu.

Jika berada di puncak gunung Lawu maka akan terasa seperti di daratan diatas awan. Adapun kepercayaan warga di gunung Lawu yang masih dilakukan hingga saat ini adalah ritual pada malam tanggal 1 sura.

Jika Moms ingin mendaki gunung Lawu, pastikan dalam keadaan yang sangat sehat dan memiliki stamina yang kuat. Karena trek yang akan dilalui agak sulit dan jangan lupa untuk membawa barang-barang yang diperlukan nanti.

Pendakian dapat dilakukan di dua tempat, yaitu Cemorokandang di Tawangmangu dan Cemorosewu di Sarangan.

Lokasi: Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

3. Agrowisata Sandokoro

Agrowisata Sandoko

Foto: travelingyuk.com

Agrowisata Sandokoro terletak di jalan Mangkunegara, Karanganyar. Lokasi wisata Tawangmangu ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Solo, yaitu sekitar 45 menit menggunakan mobil.

Tempat wisata ini sebelumnya adalah pabrik tebu terbesar di Karanganya. Setelah tidak lagi digunakan, akhirnya pemerintah setempat mengubahnya menjadi agrowisata.

Banyak sekali wahana yang disediakan di tempat wisata ini, seperti flying fox, climbing wall, water garden, kolam renang, rumah pohon, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Mom juga bisa melihat proses pembuatan gula pasir. Sedangkan fasilitas yang disediakan sangat lengkap dan tertata dengan sangat baik, antara lain musholla, tempat taman, tempat makan, dan toilet.

Salah satu ciri khas Agrowisata Sandoko adalah lokomotif kereta api beserta mesin uap. Untuk masuk ke tempat ini kita harus membayar 5000 ribu rupiah dan setiap kendaraan juga dikenakan biaya.

Lokasi: Jl. Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar

Baca juga: 3 Wisata Selfie Kekinian yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga

4. Air Terjun Grojogan

wisata tawangmangu air terjun grojogan

Foto: instagram.com/gilang._af

Air terjun Gorojogan sewu terletak di lereng gunung Lawu, kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Tempat ini berjarak sekitar 27 km ke sebelah timur dari pusat kota Karanganyar.

Untuk mencapai lokasi ini, Moms dapat menggunakan bus dari solo ke Tawangmangu dengan biaya Rp. 10.000 biaya. Setelah itu, Moms dapat berjalan kaki sejauh 1 km sampai tujuan. Jika tidak suka berjalan kaki, Moms juga bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Tawangmangu.

Gorojongan sewu sering disebut dengan air terjun seribu, artinya satuan jarak yang digunakan untuk mengukur ketinggian air terjun. Ada beberapa titik air terjun di sekitar Grojongan Jahit dan air terjun tertinggi memiliki ketinggian 81 meter.

Harga tiket masuk air terjun grojongan sewu adalah 6000 ribu rupiah. Selain air terjun, tempat ini juga terdapat beberapa tempat wisata seperti kolam renang, taman satwa hutan, beberapa toko, tempat ibadah, dan juga tempat souvenir.

Makanan khas tempat ini adalah sate kelinci dan sate ayam. Selain itu, tempat ini juga memiliki flying fox, jembatan gantung dan gazebo.

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

5. Candi Cheto

wisata tawangmangu candi cheto

Foto: instagram.com/semarangraya_terkini

Candi Cetho merupakan tempat bersejarah yang terletak di lereng gunung Lawu, berdekatan dengan Candi Sukuh. Tempat wisata Tawangmangu ini adalah candi Hindu dan dibangun sekitar 15 M.

Harga tiket masuk candi ini sangat murah, hanya Rp. 2.500/orang. Candi Cetho mulai beroperasi pada pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Candi Cetho merupakan tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi saat ke Tawangmangu. Udara di sekitar candi cukup sejuk karena terletak di dataran tinggi dan panorama disana sangat indah.

Lokasi ini satu arah dengan Air Terjun Grojogan sewu, kemudian akan ada tanda yang menunjukan lokasi ke Candi Cheto. Selain melihat bangunan candi, ada banyak hal indah yang dapat dilakukan di Tawangmangu.

Lokasi: Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

6. Air Terjun Jumog

wisata tawangmangu air terjun grojogan

Foto: instagram.com/air_terjun_jumog

Air terjun Jumog terletak di desa Berjo, Karanganyar. Jarak untuk sampai ke Jumog adalah 40 km dari pusat kota Solo ke Tawangmangu. Wisata air terjun yang ada di Tawangmangu ini memiliki ketinggian 25-30 meter.

Warga sekitar dan juga wisatawan juga mengenal air terjun ini dengan nama “surga yang hilang” karena terkadang pelangi akan melintas di tempat ini.

Adapun fasilitas yang disediakan antara lain gazebo sebagai tempat istirahat, permainan anak, kolam renang, dan tempat makan. Jika Moms dari luar kota tidak perlu khawatir akan menginap di mana karena di tempat ini tersedia cottage dan homestay.

Lokasi: Jln.dk, Jl. Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Baca juga: 6 Wisata Bogor Bernuansa Alam yang Cocok Dikunjungi Bersama Anak

7. Kebun Teh Kemuning

wisata tawangmangu kebun teh kemuning

Foto: instagram.com/sutrisno_serizawa_7

Kebun teh Kemuning merupakan obyek wisata yang terletak di lereng Gunung Luwu. Beralamat di Ngargoyoso, sekitar 25 km dari pusat kota Solo.

Biasanya suhu di kebun teh ini sekitar 21,5 derajat Celcius. Kebun teh mulai buka pada pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 sore.

Untuk masuk ke kebun teh Kemuning tidak dipungut biaya, tetapi Moms tetap harus mengeluarkan uang jikan ingin menggunakan fasilitas yang akan digunakan.

Beberapa wahana yang disediakan di kebun teh ini antara lain paint ball, flying fox, menyusuri sungai, berenang, dan menunggang kuda. Jika ingin bermalam, bisa menuju hotel dan penginapan yang sudah disediakan.

Lokasi: Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

8. Candi Sukuh

wisata tawangmangu candi sukuh

Foto: instagram.com/candi_sukuh

Candi Sukuh terletak di sisi barat Gunung Lawu di Dusun Sukuh Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar di Provinsi Jawa Tengah.

Wisata Tawangmang ini adalah candi Hindu, dan mungkin dibangun pada akhir abad ke-15 Masehi. Berbeda dengan candi-candi Hindu pada umumnya di Jawa Tengah, arsitektur Candi Sukuh dinilai menyimpang dari persyaratan-persyaratan yang tercantum dalam Wastu Widya, sebuah buku pedoman untuk membangun tempat-tempat suci Hindu.

Kompleks Candi Sukuh terletak di atas lahan seluas 5.500 m2, terdiri dari tiga teras. Platform di setiap teras dikelilingi oleh dinding batu setinggi 2 m.

Sepintas, candi ini terlihat seperti tempat pemujaan milik suku Maya di Meksiko. Pintu masuk utama dan tambahan yang mengarah ke setiap teras dan bangunan utama menghadap ke barat, yang berbeda dengan candi khas Jawa Tengah yang menghadap ke timur.

Ketiga teras tersebut dibelah menjadi dua tepat di tengahnya oleh susunan balok-balok batu yang membentuk tangga menuju pintu masuk teras berikutnya.

Lokasi: Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

9. Air Terjun Parang Ijo

wisata tawangmangu air terjun parang ijo

Foto: instagram.com/latiefajar

Air Terjun Parang Ijo terletak di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian sekitar 50 m. Air terjun ini berjarak kurang lebih 20 menit dari kompleks candi Cetho. Terletak di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Terletak sekitar 2 km dari pertigaan Nglorok dan dapat ditempuh dengan kendaraan baik roda dua maupun empat karena kondisi jalan yang cukup baik. Namun, jalan menuju air terjun cukup sempit, sangat sulit ketika dua kendaraan berpapasan, berkelok-kelok dan naik turun.

Selain keindahan air terjun, tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti tower view, area bermain, kolam renang dan warung-warung penjual makanan.

Lokasi: Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Baca juga: Mengenalkan Anak Pada Alam, Ini Dia 5 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Indonesia

10. Taman Hutan Raya (TAHURA)

wisata tawangmangu tahura

Foto: instagram.com/pesonasolo

Tahura atau Taman Hutan Raya (Tahura) KGPAA Mangkunagoro merupakan salah satu tempat wisata yang tidak jauh dari Tawangmangu dan berlokasi di Karanganyar.

Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Lawu tepatnya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Di sini, Moms dapat menikmati keindahan pohon-pohon tingg dengan suasana dingin khas pegunungan.

Lokasi ini adalah kawasan pelestarian alam yang bertujuan untuk koleksi tujuan dan atau satwa alami serta bukan alami, asli maupun bukan asli. Sebagai kepentingan umum sebagai tujuan penelitian, pengetahuan dan pendidikan.

Selain itu, Tahura juga dijadikan sebagai fasilitas yang menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi.

Lokasi: Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

11. Situs Menggung

wisata tawangmangu situs menggu

Foto: instagram.com/medstoneofficial

Situs Menggung ini merupakan tempat unik yang ada di Tawangmangu. Situsnya sendiri memiliki bentuk seperti punden berundak dan mirip dengan Candi Kethek. Hanya saja, di lokasi ini Moms mungkin akan menemukan relief atau arca yang tidak ada di Candi Kethek/

Situs Menggung berada di Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari Grojogan Sewu.

Saat berjalan menuju Situs Menggung Moms mungkin akan menjumpai banyak sekali kios tanaman hias. Karena Desa Nglurah memang terkenal akan sentranya tanaman hias di Tawangmangu.

Situs Menggung terdiri atas tiga teras. Di teras pertama kita hanya akan menemukan empat buah patung dwarapala yang menjaga tangga menuju teras kedua.

Selain sudah aus, patung dwarapala ini sendiri unik karena salah satu patungnya dipahat dua arah, depan dan belakang, persis seperti arca di Candi Ceto.

Lokasi: Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Baca juga: 17 Tempat Wisata Bandung yang Baru dan Tak Kalah Seru

Demikian rekomendasi wisata Tawangmangu yang bisa Moms kunjungi saat liburan bersama keluarga. Semoga bermanfaat ya.

  • https://allindonesiatourism.com/attraction/central-java/things-to-do-in-tawangmangu
  • https://candi.perpusnas.go.id/temples_en/deskripsi-central_java-sukuh_temple_26
  • https://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?51848-Parang-Ijo-Waterfall-on-the-Slope-of-Mount-Lawu
  • https://wisatasoloraya.com/tahura-karanganyar/
  • https://www.karanganyarkab.go.id/20110921/situs-menggung/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait