05 February 2024

5 Ayat Tentang Isra Mi'raj, Menjelasakan Kebesaran Allah SWT

Cari tahu artinya di sini, yuk!
5 Ayat Tentang Isra Mi'raj, Menjelasakan Kebesaran Allah SWT

Foto: Freepik

Menjadi salah satu peristiwa penting dalam agama Islam, kisah Isra Mi'raj diabadikan dalam Al-Qur'an melalui beberapa ayat tentang Isra Mi'raj.

Melalui beberapa ayat tentang Isra Mi'raj di Al-Qur'an ini, seluruh umat Islam bisa mengetahui kebesaran Allah SWT.

Nah, Isra Mi'raj adalah dua kejadian berbeda. Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjid al Aqsha di kota Syam.

Sementara itu, Mi'raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW sesudah Isra menuju ke Sidrat Al-Muntaha atau langit tertinggi untuk menerima wahyu dari Allah SWT terkait kewajiban salat

Salah satu ayat tentang Isra Mi'raj dalam Al-Qur'an ini berada di surat Al Isra. Lalu, ternyata terdapat satu surat lagi yang membahas tentang Isra Mi'raj ini.

Lantas apa saja ayat tentang Isra Mi'raj di Al-Qur'an? Simak penjelasannya lengkapnya hingga akhir, ya Moms.

Baca Juga: 25 Ucapan Isra Mikraj dalam Bahasa Indonesia dan Arab!

Ayat Tentang Isra Mi'raj

Al-Qur'an
Foto: Al-Qur'an (Freepik.com)

Seperti yang telah disebutkan, peristiwa Isra Mi'raj menjadi salah satu peristiwa penting di agama Islam yang diabadikan ke dalam beberapa ayat tentang Isra Mi'raj.

Berikut ini beberapa ayat tentang Isra Mi'raj dalam Al-Qur'an yang bisa Moms dan Dads ketahui.

1. Surat Al Isra Ayat 1

Ayat tentang Isra Mi'raj yang pertama terdapat dalam surat Al Isra ayat 1 yang berbunyi,

سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ

Sub-ḥānallażī asrā bi'abdihī lailam minal-masjidil-ḥarāmi ilal-masjidil-aqṣallażī bāraknā ḥaulahụ linuriyahụ min āyātinā, innahụ huwas-samī'ul-baṣīr

Artinya: "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Mengutip dari Tafsir Al-Muyassar atau tafsir Kementerian Agama Saudi Arabia, dalam ayat ini Allah memuliakan diri-Nya melalui kekuasaan untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat diperbuat oleh siapapun.

Seperti memerintahkan Nabi Muhammad SAW dalam keadaan terjaga dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsha di Baitul Maqdis.

Dalam perjalanan tersebut, Allah SWT juga memperlihatkan kebesarannya, seperti lingkungan yang diberkahi mulai dari segi tanam-tanamannya, buah-buahannya, dan lain sebagianya.

Allah SWT menunjukkan kepada Nabi Muhammad SAW akan mukjizat-mukjizat yang agung seperti menaiki langit ke tujuh dan mukjizat-mukjizat lain yang menunjukkan keesaan dan kebesaran Allah.

Pada potongan ayat terakhir dikatakan sesungguhnya Allah SWT adalah maha mendengar semua ucapan para hambanya dan maha melihat semua perbuatan mereka.

Baca Juga: Memahami Arti Tabarakallah, Lekat dengan Rasa Takjub pada Kebesaran Allah

2. Surat An-Najm Ayat 12-15

Ayat tentang Isra Mi'raj selanjutnya terdapat dalam surat An-Najm ayat 12-15 yang berbunyi,

(12) اَفَتُمٰرُوْنَهٗ عَلٰى مَا يَرٰى

(13) وَلَقَدْ رَءَاهُ نَزْلَةً أُخْرَىٰ

(14) عِندَ سِدْرَةِ ٱلْمُنتَهَىٰ

(15) عِندَهَا جَنَّةُ ٱلْمَأْوَىٰٓ

A fa tumārụnahụ 'alā mā yarā, wa laqad ra`āhu nazlatan ukhrā, 'inda sidratil-muntahā, 'indahā jannatul-ma`wā

Artinya: "Apakah kamu (kaum musyrik Makkah) hendak membantahnya (Nabi Muhammad) tentang apa yang dilihatnya itu (Jibril)?

Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain. (yaitu) di Sidratul Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal."

Melalui Tafsir Al-Muyassar memberikan pertanyaan pada kaum musyrik seperti:

"Apakah kalian mendustakan Nabi Muhammad dan mendebatnya atas apa yang dia lihat dan dia saksikan dari tanda-tanda kebesaran Allah SWT?"

Kemudian, di ayat selanjutnya dijelaskan bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad SAW telah melihat malaikat Jibril dalam wujud aslinya sebagaimana Allah menciptakannya.

Kejadian ini terjadi pada kesempatan yang lain di Sidratul Muntaha (pohon Nabq) di langit ketujuh.

Dijelaskan pula bahwa pada Sidratul Muntaha terdapat surga yang bernama Surga Ma’wa yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa.

Baca Juga: Khutbah Jumat Bulan Rajab dengan Tema Isra Mikraj, Yuk Simak

Itulah beberapa ayat tentang Isra Mi'raj yang menjelaskan kebesaran Allah SWT dalam peristiwa Isra Mi'raj yang dijalani oleh Nabi Muhammad SAW.

  • https://tafsirweb.com/4605-surat-al-isra-ayat-1.html
  • https://tafsirweb.com/10126-surat-an-najm-ayat-12.html

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb