Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
19 Desember 2020

9 Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat Saat Hamil, Ayo Gunakan

Madu memiliki sifat antibakteri yang bisa atasi jerawat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Perubahan hormon selama kehamilan wajar terjadi. Dampaknya, Moms bisa mengalami beberapa perubahan pada kondisi kulit, salah satunya muncul jerawat saat hamil.

Mengutip March of Dimes, wanita yang berjerawat selama menstruasi kemungkinannya lebih besar mengalami jerawat saat hamil. Untungnya, hal ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang setelah hormon kembali normal.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat Saat Hamil

Di masa kehamilan, Moms juga tidak bisa sembarang memilih skincare, karena ada beberapa bahan skincare yang berbahaya bagi kandungan. Karena itu, cara alami yang paling aman dilakukan.

Jika Moms ingin mengatasi jerawat, berikut ini cara alami menghilangkan jerawat saat hamil yang mudah dilakukan.

1. Cuka Sari Apel

cara alami menghilangkan jerawat saat hamil

Foto: Stock Photos

Campurkan cuka sari apel mentah dan air dengan perbandingan 3 banding 1. Ini akan menghasilkan toner yang kaya akan enzim alami dan asam alfa hidroksi.

Menggunakan bola kapas, rendam dengan campuran cuka sari apel yang diencerkan dan oleskan ke kulit untuk menyerap minyak.

Tetapi, hentikan perawatan dengan bahan ini jika terjadi kekeringan kulit yang berlebihan. Jangan gunakan cuka murni pada kulit, karena sangat asam dan dapat menyebabkan luka bakar.

2. Minyak Kelapa

cara alami menghilangkan jerawat saat hamil

Foto: Stock Photos

Dalam International Journal of Molecular Sciences, minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Selain itu, bahan ini juga menenangkan kulit dan sangat mudah diserap.

Moms bisa mengoleskan minyak kelapa murni sebelum tidur sebagai cara alami menghilangkan jerawat saat hamil.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa bagi Bayi

3. Madu

cara alami menghilangkan jerawat saat hamil

Foto: Stock Photos

Dalam jurnal Pharmacognosy Research madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang juga menenangkan kulit dan dapat mengatasi jerawat saat hamil secara alami.

Untuk mengaplikasikannya, bilas terlebih dahulu wajah dengan air hangat. Lalu, oleskan madu langsung ke daerah berjerawat. Biarkan di kulit selama 20-30 menit. Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.

4. Buah Asam

cara alami menghilangkan jerawat saat hamil

Foto: Stock Photos

Asam alfa hidroksi ada dalam buah jeruk seperti lemon dan jeruk nipis. Ketika jus lemon atau jeruk nipis dioleskan ke kulit, itu membantu membuka pori-pori dan melepaskan sel-sel kulit mati.

Sifat astringen dan antibakteri dari buah asam ini menjadikan kedua buah jeruk ini efektif sebagai exfoliant.

Peras jus dari lemon atau jeruk nipis, dan oleskan langsung ke bintik-bintik dengan bola kapas. Biarkan selama 10 menit atau sampai kering, lalu bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ini Dia Manfaat Jeruk Nipis!

5. Oatmeal dan Timun

cara alami menghilangkan jerawat saat hamil.jpg

Foto: oureverydaylife.com

Timun dan oatmeal menawarkan sifat menyejukkan dan menyejukkan bagi kulit. Kombinasi dua bahan ini dapat menjadi cara alami menghilangkan jerawat saat hamil yang ampuh dan mudah.

Masukkan 1 timun yang diiris tipis, 1/4 cangkir yogurt tawar, 2 sdm madu, 1/4-1 cangkir oatmeal ke dalam blender. Lumatkan hingga halus. Lalu masukkan ke dalam kulkas selama 5-10 menit.

Langsung oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah hingga bersih.

6. Gunakan Masker Madu dan Kayu Manis

bahan alami untuk menghilangkan jerawat

Foto: Orami Photo Stock

Madu dan kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua faktor pemicu timbulnya jerawat.

Penelitian dalam Scientia Pharmaceutica, menemukan bahwa kombinasi ekstrak madu dan kulit kayu manis memberikan efek antibakteri terhadap P. acnes. Penelitian lain menunjukkan bahwa madu sendiri dapat memblokir pertumbuhan atau membunuh P. acnes.

Sebuah penelitian pada 136 orang yang berjerawat menemukan bahwa mengoleskan madu ke kulit setelah menggunakan sabun antibakteri tidak lebih efektif dalam mengobati jerawat daripada menggunakan sabun itu sendiri.

Sementara sifat anti-inflamasi dan antibakteri dari madu dan kayu manis dapat mengurangi jerawat, diperlukan lebih banyak penelitian.

7. Oleskan Teh Hijau ke Kulit Kita

bahan alami untuk menghilangkan jerawat

Foto: Orami Photo Stock

Teh hijau sangat tinggi akan antioksidan, dan meminumnya dapat meningkatkan kesehatan.

Ini juga dapat membantu mengurangi jerawat. Bahan ini kemungkinan bisa mengurangi jerawat karena polifenol dalam teh hijau membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat.

Tidak banyak penelitian yang mengeksplorasi manfaat teh hijau untuk mengatasi jerawat, dan diperlukan lebih banyak penelitian.

Dalam satu penelitian kecil dengan 80 wanita, partisipan mengonsumsi 1.500 mg ekstrak teh hijau setiap hari selama 4 minggu. Pada akhir penelitian, wanita yang mengambil ekstrak tersebut memiliki lebih sedikit jerawat di hidung, dagu, dan sekitar mulut mereka.

Penelitian juga menemukan bahwa minum teh hijau dapat menurunkan gula darah dan kadar insulin, yang merupakan faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa mengoleskan teh hijau langsung ke kulit dapat membantu mengatasi jerawat.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa menerapkan ekstrak teh hijau ke kulit secara signifikan mengurangi produksi sebum dan jerawat pada mereka yang berjerawat.

Moms dapat membeli krim dan losion yang mengandung teh hijau, tetapi juga dapat membuat campurannya sendiri di rumah.

Baca Juga: 9 Masker Alami untuk Kulit Kombinasi yang Mudah Dibuat

8. Lembapkan dengan Lidah Buaya

bahan alami untuk menghilangkan jerawat

Foto: Orami Photo Stock

Lidah buaya merupakan tumbuhan tropis yang daunnya menghasilkan gel bening. Gel sering ditambahkan ke lotion, krim, salep, dan sabun.

Biasanya digunakan untuk mengobati lecet, ruam, luka bakar, dan kondisi kulit lainnya. Saat dioleskan pada kulit, gel lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar, dan melawan peradangan.

Lidah buaya mengandung asam salisilat dan belerang, yang keduanya digunakan secara luas dalam pengobatan jerawat. Penelitian telah menemukan bahwa mengoleskan asam salisilat ke kulit mengurangi jerawat.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa gel lidah buaya, bila dikombinasikan dengan zat lain seperti krim tretinoin atau minyak pohon teh, dapat memperbaiki jerawat.

Meskipun penelitian menunjukkan hasil yang menjanjikan, manfaat anti-jerawat lidah buaya itu sendiri membutuhkan penelitian ilmiah lebih lanjut.

9. Lakukan Eksfoliasi secara Teratur

bahan alami untuk menghilangkan jerawat

Foto: Orami Photo Stock

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan lapisan atas sel kulit mati. Moms dapat menggunakan bahan kimia untuk melakukannya, atau mengelupas secara mekanis dengan menggunakan kuas atau scrub untuk menghilangkan sel secara fisik.

Eksfoliasi dapat memperbaiki jerawat dengan mengangkat sel kulit yang menyumbat pori-pori.

Ini juga dapat membuat perawatan jerawat untuk kulit lebih efektif dengan membiarkannya menembus lebih dalam, setelah lapisan kulit paling atas dihilangkan.

Saat ini, penelitian tentang pengelupasan kulit dan kemampuannya dalam mengatasi jerawat masih terbatas.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mikrodermabrasi, metode pengelupasan kulit, dapat memperbaiki penampilan kulit, termasuk beberapa kasus jaringan parut jerawat.

Ada banyak variasi produk pengelupasan kulit yang tersedia, tetapi Moms juga bisa membuat scrub di rumah menggunakan gula atau garam.

Perhatikan bahwa pengelupasan mekanis, seperti dengan scrub atau sikat yang kasar, dapat menyebabkan iritasi dan merusak kulit. Karena itu, beberapa ahli kulit merekomendasikan pengelupasan kimiawi lembut dengan produk berbasis asam salisilat atau glikolat.

Jika Moms memilih untuk mencoba pengelupasan mekanis, pastikan untuk menggosok kulit kita dengan lembut untuk menghindari kerusakan.

Itu dia Moms, cara alami menghilangkan jerawat saat hamil dengan bahan yang mudah didapatkan dan dibuat. Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait