Kesehatan

5 Maret 2020

4 Bahaya Lemak Jenuh untuk Tubuh, Waspada!

Apa saja bahaya yang mungkin mengintai?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Selama bertahun-tahun, kita sudah mengetahui bahwa lemak jenuh tidak sehat bagi tubuh. Meskipun begitu, kita tetap saja mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging, keju, dan makanan yang mengandung susu lainnya.

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga: Kenali Bahaya dari 5 Makanan Berlemak Jenuh Tinggi Ini

Berdasarkan The American Journal of Clinical Nutrition, asupan lemak jenuh telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular (CVD), dan efek ini diperkirakan dimediasi terutama oleh peningkatan konsentrasi kolesterol LDL.

Bahaya Lemak Jenuh untuk Tubuh

Apalagi bahaya lemak jenuh bagi tubuh yang membuat kita harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh? Berikut ulasannya.

1. Menyebabkan Penyakit Jantung Koroner

bahaya lemak jenuh

Foto: Orami Photo Stock

LDL dan trigliserida yang meningkat dapat menumpuk dan membentuk plak di dalam pembuluh darah jantung.

Kondisi ini membuat pembuluh darah akhirnya menyempit, sehingga aliran darah ke jantung terhambat, dan lama kelamaan akan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Benarkah Jantung Koroner Banyak Menyerang Pria?

2. Kenaikan Berat Badan

bahaya lemak jenuh

Foto: Orami Photo Stock

Banyak makanan berlemak tinggi seperti pizza, makanan yang dipanggang, dan makanan yang digoreng memiliki banyak kandungan lemak jenuh.

Makan terlalu banyak lemak dapat menambah kalori ekstra untuk diet makanan kita dan menyebabkan berat badan semakin bertambah. Semua lemak mengandung 9 kalori per gram lemak.

Jumlah ini lebih banyak dua kali dari jumlah yang ditemukan dalam karbohidrat dan protein.

3. Menyebabkan Stroke

bahaya lemak jenuh

Foto: Orami Photo Stock

Selain penyakit jantung, bahaya lemak jenuh juga bisa meningkatkan risiko terjadinya stroke. Stroke bisa terjadi bila plak yang terbentuk pada pembuluh darah terlepas, kemudian mengalir ke pembuluh darah otak dan mengakibatkan sumbatan.

Ketika hal ini terjadi, maka aliran darah yang bertugas mengirimkan oksigen ke jaringan otak akan terhambat, sehingga jaringan rusak atau mati, dan menimbulkan stroke.

Baca Juga: Makan Cokelat Mengurangi Risiko Stroke? Begini Penjelasannya

4. Bahaya untuk Penderita Diabetes 2

bahaya lemak jenuh

Foto: Orami Photo Stock

Diketahui bahwa pola makan yang tinggi lemak jenuh berkaitan dengan meningkatnya sensivitas insulin dan naiknya kadar gula darah. Oleh sebab itu disebutkan bahwa lemak jenuh berbahaya untuk penderita diabetes 2, karena akan semakin meningkatkan kadar gula darah.

Itu dia Moms beberapa bahaya yang mungkin mengintai jika kita mengonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak jenuh. Jadi pastikan untuk dikurangi dan diseimbangkan ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait