Bayi

2 April 2020

Usia Ideal Bayi Minum Dengan Gelas. Sudah Tahu, Moms?

Ternyata bisa dikenalkan dari usia 9 bulan, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Meski bayi terlihat nyaman dan lebih tenang setiap minum dengan botol susu favoritnya, namun satu hal yang perlu Moms ketahui adalah bayi tidak selamanya bisa minum dengan botol.

Ya, ada waktunya bayi belajar minum dengan gelas dan hal tersebut biasanya membutuhkan proses serta bantuan orang tua pada waktu transisi-nya.

Ketahui kapan waktu ideal memperkenalkan bayi belajar minum dengan gelas dan apa akibatnya jika bayi terlalu lama minum dengan botol.

Minum Dengan Gelas

1 Minum Dengan Gelas.jpg

Foto: verywellmind.com

Tidak perlu menunggu bayi sudah besar untuk memperkenalkan bayi belajar minum dengan gelas.

“Saat bayi berusia sekitar sembilan bulan, mereka sudah memiliki kemampuan motorik untuk minum dari gelas bayi (sippy cup), jadi saya sarankan untuk memulai di waktu tersebut,” ungkap Dokter anak, Susan Sorensen, M.D., seperti dikutip dari babycenter.com.

American Academy of Pediatrics (aap.org) merekomendasikan untuk melepas botol sebelum usia 18 bulan.

Melepaskan kebiasaan minum dengan botol memerlukan proses, sehingga Moms masih memiliki waktu beberapa bulan untuk secara menyeluruh merubah kebiasaan minum bayi dengan botol.

Semakin lama Moms memperkenalkan bayi belajar minum dengan gelas, maka umumnya akan semakin sulit melepaskan kebiasaan bayi minum dengan botol.

Baca Juga: Selamat Tinggal Botol Bayi, Waktunya Si Kecil Menggunakan Gelas!

Pengaruh Botol Berkepanjangan

2 Pengaruh Botol Berkepanjangan.jpg

Foto: Jens Johnsson – Unsplash.com

Pentingnya memperkenalkan bayi belajar minum dengan gelas sejak dini adalah adanya kemungkinan bayi mengalami kerusakan gigi jika menggunakan botol terlalu lama. Susu mengandung laktosa yang merupakan jenis gula.

Saat bayi minum susu dari botol, gula serta asam akan tinggal lebih lama pada gigi, sehingga menyebabkan rongga di gigi. Dalam sebuah penelitian juga memperlihatkan bahwa anak yang masih menggunakan botol hingga usia dua tahun, cenderung mengalami obesitas saat usianya mencapai enam tahun.

Selain itu, minum dari botol saat telentang atau tidur dapat meningkatkan peluang bayi mengalami infeksi telinga.

“Beberapa jenis susu dapat tertinggal di bagian belakang tenggorokan dan hanya akan diam di sana sementara bakteri tumbuh. Bakteri pun dapat merangkak ke atas tabung eustachius (di tenggorokan) dan masuk ke telinga,” ungkap Asisten Profesor Klinis Pediatrik di Albert Einstein College of Medicine, Bronx, N. Y., Keith T. Ayoob, EdD., seperti dikutip dari webmd.com.

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Yuk Biasakan Balita Minum Susu di Gelas Dengan 9 Cara Ini

Tips Melepas Botol

3 Tips Melepas Botol.jpg

Foto: parents.com

Moms dapat mulai mengajak bayi belajar minum dengan gelas sambil memberikannya contoh minum dengan gelas tersebut. Jika bayi belum dapat menggenggam pegangan gelas dengan baik, cobalah menggunakan sedotan.

Mengubah kebiasaan minum bayi tentu memerlukan proses. Moms bisa mulai dengan mengganti salah satu waktu minum botolnya dengan minum menggunakan gelas.

Lakukan secara bertahap dengan mengganti waktu minum botolnya menggunakan gelas, sehingga akhirnya benar-benar bayi lepas dari kebiasaannya.

Saat membujuk bayi minum dari gelas, katakanlah bahwa cara ini adalah hal baik, karena menandakan ia semakin beranjak besar.

Baca Juga: Ajak Balita Minum Susu di Gelas, Bukan di Botol

Dengan memperkenalkan bayi belajar minum dengan gelas sesegera mungkin, kemungkinan bayi mengurangi kebiasaannya minum dari botol juga akan semakin besar.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait