Rupa-rupa

10 Juli 2021

Fakta Unik 10 Bendera Negara di ASEAN yang Penting Diketahui Si Kecil

Tiap bendera punya filosofi yang menarik lho, Moms!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Kalau Moms sudah mengajarkan pengetahuan umum tentang Indonesia kepada anak, sekarang saatnya mengenalkannya negara-negara tetangga Indonesia yang tergabung dalam organisasi ASEAN. Selain mengajarkan nama negara, bahasa, lokasi, dan mata uang, fakta unik bendera negara di ASEAN juga menarik untuk dibagikan lho, Moms.

Association of Southeast Asian Nation (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara beranggotakan 10 negara, termasuk Indonesia. Masing-masing negara memiliki bendera dengan warna dan filosofi yang berbeda-beda.

Sebelum mengulas lebih jauh tentang bendera negara di ASEAN, ada baiknya Moms tahu dulu negara mana saja yang menjadi anggota ASEAN. Berikut daftar negara anggota berikut tanggal bergabung, seperti dikutip dari Setnas ASEAN.

  • Indonesia (8 Agustus 1967)
  • Malaysia (8 Agustus 1967)
  • Singapura (8 Agustus 1967)
  • Thailand (8 Agustus 1967)
  • Filipina (8 Agustus 1967)
  • Brunei Darussalam (8 Januari 1984)
  • Vietnam (28 Juli 1995)
  • Laos (23 Juli 1997)
  • Myanmar (23 Juli 1997)
  • Kamboja (30 April 1999)

Baca Juga: 3 Negara ASEAN Ini Klaim Kasus Kematian Rendah COVID-19, Ini Langkah yang Dilakukan

Fakta-fakta Menarik Bendera Negara di ASEAN dan Maknanya

bendera negara di asean

Foto: Freepik.com

Tahu tidak Moms, Indonesia adalah salah satu negara pendiri ASEAN, lho. Tak heran kalau hampir seluruh kegiatan ASEAN berpusat di Indonesia.

Kantor Sekretariat ASEAN berada di Indonesia, tepatnya di Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Di halamannya berkibar 11 bendera, satu bendera ASEAN dan sepuluh bendera negara di ASEAN dengan warna yang berbeda-beda.

Ingin tahu fakta-fakta menarik bendera negara di ASEAN, mulai dari warna hingga filosofinya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Bendera Indonesia

bendera negara

Foto: Orami Photo Stock

Bendera Indonesia disebut Sang Merah Putih yang terdiri dari dua warna, yaitu merah dan putih. Makna yang lazim diketahui adalah merah berarti merah dan putih berarti suci.

Namun, sebenarnya dibaliknya itu bendera Indonesia memiliki filosofi yang unik. Konon, warna merah dan putih pada bendera Indonesia berasal oleh mitologi Austronesia, suku bangsa yang pernah menetap di Kepulauan Nusantara. Di mana di dalam mitologi Austronesia, merah dimaknai sebagai langit dan putih sebagai tanah.

Sang Merah Putih merupakan simbol perjuangan Indonesia yang menempuh perjalanan panjang. Mulai sejak zaman kerajaan hingga masa perjuangan kemerdekaan. Oleh karenanya, bendera Indonesia sangat sakral dan penggunaanya diatur oleh Undang-Undang.

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia diwajibkan mengibarkan bendera Indonesia, tanpa terkecuali, untuk memperingati Hari Kemerdekaan. Pengibaran Sang Merah Putih pun tak sembarangan, harus sesudah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam.

Baca Juga: 26 Kata Indah dalam Bahasa Indonesia yang Jarang Diketahui

2. Bendera Malaysia

bendera negara di asean

Foto: Freepik.com

Bendera negara di ASEAN yang punya fakta tak kalah menarik adalah bendera Malaysia yang dikenal dengan nama Jalur Gemilang. Terdiri dari empat warna yaitu merah, putih, biru dan kuning dengan makna masing-masing.

Warna merah melambangkan keberanian, putih melambangkan kesucian, dan biru melambangkan perpaduan. Sementara warna kuning pada bulan sabit dan bintang melambangkan warna para raja.

Jalur Gemilang memiliki 14 garis merah dan putih sama lebar, sebagai simbol Kerajaan Persekutuan dan 13 negara bagian Malaysia. Sementara bulan sabit melambangkan Islam sebagai agama resmi, dan bintang bujur 14 merupakan tanda dari 13 negara bagian dan Kerajaan Persekutuan.

Bendera Malaysia merupakan gagasan seorang arsitek bernama Mohamad bin Hamzah. Setelah diubah, akhirnya disepakati menjadi bendera negara pada April 1950, dan dikibarkan pertama kali pada Mei 1950.

3. Bendera Singapura

bendera negara di asean

Foto: Freepik.com

Tahu nggak Moms, dulunya Singapura merupakan salah satu negara bagian Malaysia. Meski merupakan bagian Malaysia, namun Singapura sudah memiliki bendera sendiri yang diperkenalkan pada tahun 1959. Bendera ini untuk menggantikan bendera Union Jack yang telah berkibar selama 140 tahun (1819-1959).

Saat berpisah dengan Malaysia pada tahun 1965, Singapura tetap menggunakan bendera ini. Bendera Singapura mirip dengan bendera Indonesia, terdiri dari warna merah dan putih. Bedanya, pada bagian merah terdapat bulan sabit dan lima bintang yang tersusun melingkar.

Warna merah memiliki makna persaudaraan dan kesamaan manusia. Putih melambangkan kebersihan dan kegunaan. Bulan sabit melambangkan negara muda yang sedang maju. Sementara lima bintang merupakan simbol demokrasi, keamanan, kemajuan, keadilan dan kesaksamaan, prinsip-prinsip yang dipegang teguh Singapura.

4. Bendera Thailand

bendera negara di asean

Foto: Unsplash.com

Dalam bahasa Thai, bendera Thailand disebut Thong Trairong yang artinya bendera tiga warna. Bendera Thailand terdiri dari tiga warna yaitu merah, putih dan biru yang tersusun mendatar. Urutannya dimulai dari merah, putih, biru, putih dan merah. Warna-warna secara berurutan melambangkan negara kepercayaan kepada tuhan raja, yang merupakan semboyan tidak resmi negara Thailand.

Setidaknya, Thailand pernah mengganti benderanya sebanyak tiga kali. Bendera pertama (1855-1916) berwarna merah tanpa corak dengan dilengkapi dengan beragam simbol gajah putih. Pada tahun 1916, bendera Thailand diganti hampir mirip dengan bendera yang digunakan sekarang. Yang berbeda adalah jalur biru dulunya berwarna merah.

Bendera resmi Thailand yang sekarang mulai digunakan sejak 1917, setelah jalur merah di tengah bendera diganti menjadi biru. Bagi orang Thailand biru merupakan warna hari Jumat dan merupakan hari kelahiran Raja Rama VI.

Baca Juga: Jangan Lupa Coba 7 Makanan Thailand Ini Saat Menyambanginya!

5. Bendera Filipina

bendera negara di asean

Foto: Freepik.com

Makna warna pada bendera Filipina menggambarkan perjalanan sejarah yang dilalui Filipina. Warna biru melambangkan masa-masa tenang, warna merah melambangkan masa lalu yang penuh gejolak perang, dan warna putih melambangkan kemurnian.

Sementara segitiga sama sisi berwarna putih melambangkan trias politika. Simbol matahari dengan 8 sinar sebagai simbol 8 provinsi terdahulu Filipina. Terakhir, 3 bintang kecil merupakan kepercayaan utama yang dianut rakyat Filipina, yaitu Katolik, Protestan dan Islam.

Pengibaran bendera Filipina cukup unik. Jika dikibarkan dengan warna biru di atas, itu berarti Filipina sedang berada di dalam kondisi damai. Jika yang di atas warna merah, berarti Filipina sedang dalam masa perang.

Brunei hingga Kamboja

Selain kelima negara di atas, ASEAN juga memiliki 5 negara lainnya. Masing-masing memiliki bendera yang unik dengan makna yang sangat.

6. Bendera Brunei Darussalam

bendera negara di asean

Foto: Lonelyplanet.com

Brunei Darussalam adalah negara bekas jajahan Inggris. Saat Inggris berkuasa di Brunei Darussalam atau sering disingkat Brunei, negara yang berada di Barat Laut pantai Utara Kalimantan ini sudah memiliki bendera sendiri. Bendera itu diperkenalkan pada tahun 1959.

Bendera Brunei didominasi warna kuning, pada bagian tengah terdapat garis hitam dan putih. Di atasnya terdapat simbol bulan sabit, payung obor, sayap dan sepasang tangan menengadah.

Simbol-simbol ini memiliki makna khusus. Bulan sabit adalah lambang agama Islam, yang mayoritas penduduk Brunei beragama Muslim. Payung obor bermakna pemerintahan di bawah Sultan. Sementara simbol sayap bermakna keadilan, kedamaian, kemakmuran dan keamanan.

Pada bulan sabit tertulis motto dalam huruf Jawi yang berarti "Senantiasa berkhidmat dengan panduan Tuhan". Di bawah bulan sabit ada tulisan Negara Brunei Darussalam.

7. Bendera Vietnam

bendera negara di asean

Foto: Lonelyplanet.com

Bendera Vietnam terdiri dari dua warna yaitu merah dan kuning. Meski terlihat sederhana, namun bendera Vietnam memiliki makna mendalam, lho.

Warna merah melambangkan perjuangan dan kesuksesan revolusi Vietnam. Bintang kuning di tengah bendera menandakan kepemimpinan Partai Komunis. Lalu, bintang dengan lima sudutnya melambangkan lima golong pembentuk sosialisme yaitu cendekiawan, petani, tetang, buruh dan pemuda.

Bendera ini dulunya digunakan oleh Vietnam Utara sejak tahun 1955. Sementara Vietnam Selatan juga memiliki bendera sendiri dengan didominasi warna kuning dengan tiga garis merah horizontal bagian tengah.

Namun, setelah perang Indochina selesai dan kedua negara ini bersatu, akhirnya disepakati untuk menggunakan bendera yang saat ini menjadi kebanggaan rakyat Vietnam.

Baca Juga: Andien Liburan di Vietnam, Ini 8 Rekomendasi Destinasi Wisata Vietnam yang Wajib Dikunjungi

8. Bendera Laos

bendera negara di asean

Foto: Freepik.com

Bendera Laos mulai diperkenalkan sejak tahun 1975, dan terdiri dari warna biru dan merah yang tersusun secara horizontal. Ukuran bagian berwarna biru lebih besar daripada yang merah. Di tengah bendera, terdapat simbol cakra atau lingkaran putih.

Warna-warna pada bendera Laos memilki makna yang berbeda. Warna merah melambangkan darah para pejuang yang gugur, dan warna biru melambangkan kekayaan sumber daya dunia. Simbol lingkaran putih melambangkan pantulan bulan purnama di atas Sungai Mekong, sekaligus kerukunan negara.

Meski termasuk negara komunis, Laos tidak mengadopsi simbol bintang pada benderanya yang digunakan negara komunis lainnya.

9. Bendera Myanmar

bendera negara di asean

Foto: Freepik.com

Bendera negara di ASEAN yang letaknya paling barat ini terdiri dari warna kuning, hijau dan merah yang tersusun horizontal. Di bagian tengah terdapat simbol bintang segilima berwarna putih.

Warna kuning melambangkan solidaritas, hijau untuk perdamaian dan merah bermakna keberanian. Simbol bintang putih berarti persatuan rakyat Myanmar.

Bendera ini baru diperkenalkan Myanmar pada tahun 2010, mengganti bendera sosialis yang telah digunakan sejak tahun 1974. Menurut catatan, setidaknya Myanmar yang dulunya bernama Burma pernah mengganti bendera negara sebanyak tujuh kali.

10. Bendera Kamboja

bendera negara di asean

Foto: Afp.com

Bendera Kamboja terdiri dari dua warna, yaitu merah dan biru, di mana biru mengapit warna merah. Di bagian tengah terdapat ilustrasi miniatur Angkor Wat, kompleks candi Hindu terbesar di dunia.

Warna biru menyimbolkan keluarga kerajaan, merah menyimbolkan negara dan simbol Angkor Wat melambangkan agama.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Website Edukasi Luar Negeri untuk Si Kecil, Mana yang Paling Favorit?

Itulah fakta-fakta unik dibalik bendera negara di ASEAN, Moms! Jika diajarkan dengan cara menyenangkan, anak pasti akan memahaminya dengan mudah.

  • https://asean.org/asean/asean-member-states/
  • http://p2k.um-surabaya.ac.id/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait