Di atas 5 tahun

25 Mei 2020

Berbahayakah Polip Hidung Pada Anak? Ini Penjelasannya

Gejala polip hidung tampak seperti flu kronis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kasus polip hidung pada anak bisa dibilang termasuk jarang ditemukan pada anak di bawah 10 tahun, tapi saat terjadi pasti membuat orang tua khawatir dengan kondisi kesehatan buah hatinya.

Sebelum membahas lebih lanjut, Moms harus tahu dulu kalau polip nasal atau polip hidung secara sederhana bisa digambarkan sebagai benjolan yang tumbuh pada lapisan dalam rongga hidung.

Nah, berbahaya atau tidakkah polip hidung pada anak? Simak penjelasan berikut untuk tahu jawabannya ya, Moms.

Baca Juga: 4 Cara Alami Mengatasi Gejala Polip Hidung Pada Anak

Berbahayakah Polip Hidung?

Berbahayakah Polip Hidung Pada Anak Ini Penjelasannya 1.jpg

Foto: Theconversation.com

Berita baiknya, berbeda dengan polip di bagian tubuh lainnya yang bisa bersifat ganas, polip hidung umumnya bersifat jinak dan tidak secara langsung membahayakan kesehatan anak.

Menurut penjelasan dari Harvard Health Publishing, polip hidung bisa tumbuh pada satu atau dua rongga hidung sekaligus. Karena letaknya tersebut, polip hidung bisa menimbulkan gejala yang tampak seperti flu kronis.

Polip hidung berukuran besar juga bisa menghambat aliran udara yang masuk sehingga Si Kecil mengalami hidung tersumbat yang tidak kunjung sembuh dan tidur mengorok.

Selain itu, biasanya disertai pula dengan gejala seperti hidung terus mengeluarkan lendir, sering mengalami infeksi sinus, jadi tidak peka terhadap bebauan, dan rasa tidak nyaman di seluruh wajah.

Baca Juga: 4 Gejala Polip Hidung Pada Anak, Kenali Sejak Dini!

Apa Penyebab Polip Hidung?

Berbahayakah Polip Hidung Pada Anak Ini Penjelasannya 2.jpg

Foto: Romper.com

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab polip hidung pada sebagian orang, tapi sering dihubungkan dengan fibrosis sistik, asma, alergi, infeksi berulang, sensitivitas pada obat tertentu, atau kelainan sistem imun.

Menurut sebuah studi dari National Institutes of Health, polip hidung pada anak juga sering terjadi sebagai reaksi peradangan akibat infeksi bakteri.

Bisakah Polip Hidung Disembuhkan?

Berbahayakah Polip Hidung Pada Anak Ini Penjelasannya 3.jpg

Foto: Freepik.com

Polip hidung pada anak sulit untuk dihilangkan secara permanen, tapi biasanya cukup diatasi dengan obat untuk mengurangi peradangan dan ukurannya. Selain antihistamin, terkadang dokter juga akan memberikan resep obat semprot atau obat tetes yang mengandung kortikosteroid.

Jika ternyata ukuran polip hidung pada anak terlalu besar dan tidak bisa dikecilkan dengan obat, dokter biasanya akan merekomendasikan prosedur endoskopi untuk mengangkat polip di dalam rongga hidung.

Baca Juga: Berbahayakah Polip Hidung Pada Anak? Ini Penjelasannya

Sebenarnya ada berbagai cara sederhana untuk mencegah pertumbuhan polip hidung pada anak yang memiliki asma atau alergi, seperti menghindari alergen dan iritan yang bisa memicu peradangan pada rongga hidung dan sinus, menjaga kebersihan lingkungan, dan memasang pelembab udara di rumah untuk membantu melembabkan saluran pernapasan.

Apa Moms tahu apa lagi yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya reaksi alergi?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait