Pasca Melahirkan

11 Juni 2021

Bolehkah Duduk Bersila setelah Operasi Caesar? Ini Kata Ahli!

Ingin menyusui Si Kecil posisi nyaman namun timbul pertanyaan bolehkah duduk bersila setelah operasi caesar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kesulitan dalam berjalan dan keluar masuk tempat tidur biasa terjadi setelah melahirkan, tepatnya pada salah satu waktu yang paling menantang bagi seorang ibu baru, terutama yang telah menjalani operasi caesar. Bahkan, bolehkah duduk bersila setelah operasi caesar karena posisi ini paling membantu ketika memberi ASI Si Kecil ditambah dengan bantal menyusui.

Menurut Medical News Today, Moms yang baru melakukan operasi caesar kemungkinan akan mengalami nyeri di tempat sayatan, kram, dan perdarahan dengan atau tanpa bekuan selama 4-6 minggu. Tingkat keparahan gejala ini akan bervariasi untuk wanita yang berbeda yang telah menjalani operasi tetapi akan membaik dengan cepat seiring berjalannya waktu.

Bagi Moms yang melahirkan lewat operasi caesar, proses bedah tersebut seringkali memberi dampak besar bagi kesehatan mental dan fisik Moms. Itu sebabnya, dokter kandungan kerap memberikan beberapa pantangan yang beraneka ragam mulai dari tidak mengangkat beban berat hingga bercinta setelah operasi Caesar.

Bolehkah Duduk Bersila setelah Operasi Caesar?

Ilustrasi bolehkah duduk bersila setelah operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari American Pregnancy Association, jalan-jalan santai di sekitar rumah sakit atau bergoyang-goyang di kursi dapat membantu mempercepat pemulihan dan membantu mengatasi gas yang dapat berkembang setelah operasi perut. Tapi, bolehkah duduk bersila setelah operasi Caesar?

Moms boleh duduk bersila setelah operasi Caesar dalam posisi paling nyaman. Namun, apapun posisi duduk Moms, yang penting duduklah dalam posisi tegak. Jangan duduk dalam posisi bungkuk. Hal ini penting untuk mencegah lelah bekepanjangan di area punggung dan pundak.

Kemudian, pertanyaan bolehkah duduk bersila setelah operasi Caesar juga patut diperhitungkan mengenai jahitan perut. Jahitan di perut bagian bawah membutuhkan waktu untuk sembuh jadi tingkatkan aktivitas Moms secara bertahap sesuai kemampuan sehingga jangan berharap terlalu banyak dan terlalu cepat karena menjalani operasi Caesar dapat membuat Moms lebih lelah.

Di masa-masa awal jika Moms duduk bersila dengan operasi Caesar jangan lupa untuk persiapkan topangan untuk luka dengan tangan, bantal, atau handul kecil. Minum pereda nyeri secara teratur selama Moms membutuhkannya.

Baca Juga: Moms, Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kembali Hamil Setelah Operasi Caesar

Mencoba untuk menghindari aktivitas apa pun yang menyebabkan ketegangan selama beberapa minggu pertama misal berdiri dalam waktu lama, atau membawa beban yang lebih berat dibanding Si Kecil seperti kakaknya.

Namun perlu diingat bahwa ketika Moms menjalani operasi caesar dan diberikan cairan IV selama operasi, cairan ini juga akan didistribusikan kembali, yang dapat menyebabkan pembengkakan ekstra setelah prosedur operasi Caesar.

Pembengkakan yang Moms alami benar-benar normal, dan meskipun tidak nyaman, pembengkakan tersebut seharusnya tidak menyebabkan rasa sakit yang parah.

"Jika [pembengkakan] simetris, itu pertanda baik. Awasi bagian yang bengkak, dan waspadai perubahannya,” kata dr. Sherry Ross., MD, dokter kandungan Providence Saint John's Health Center.

Jika Moms mengalami pembengkakan satu sisi bersamaan dengan rasa sakit di salah satu kaki Anda, misalnya, Moms harus segera menghubungi dokter, karena ini bisa jadi sesuatu yang lebih serius, seperti trombosis vena dalam atau gumpalan darah, kemungkinan komplikasi setelah operasi caesar.

Sehingga Moms diminta untuk duduk seseringnya dan beristirahat. Jika Moms ingin duduk bersila diperkenankan namun tidak dalam waktu lama dan sedang mengalami pembengkakan. Sebaliknya, Moms duduk, angkat kaki di atas ketinggian jantung sehingga cairan mengalir lebih merata ke seluruh tubuh Moms.

Baca Juga: 6 Kegiatan yang Harus Dihindari Saat Merawat Bekas Luka Operasi Caesar

Tips Pemulihan Operasi Caesar

Tips Pemulihan Operasi Caesar

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui bolehkah duduk bersila setelah operasi Caesar, tak ada salahnya Moms mengetahui tips pemulihan operasi Caesar. Mulai dari Bersiap sebelum operasi. Jika Moms menjalani operasi Caesar terencana, maka persiapkan diri serta keadaan di rumah sebanyak mungkin. Seperti tempat tidur tinggi mungkin tidak nyaman, tangga yang akan membuat kesulitan. Putuskan di mana Moms akan tidur dan menyimpan kebutuhan bisa membantu dalam mempercepat proses pemulihan sehingga tak ada pertanyaan bolehkah duduk bersila setelah operasi Caesar.

Istirahat merupakan nasihat dari semua orang mulai dari dokter kandungan hingga ibu mertua. Istirahat sangat penting sebagai tips pemulihan operasi Caesar Moms. Tapi, istirahat bukan berarti terus berbaring di tempat tidur. Jalan-jalan santai di sekitar rumah, halaman, atau lingkugnan dapat membantu Moms percepatan pemulihan

Pertimbangkan kinesio tape yang berfungsi untuk menjaga agar otot perut tetap terdukung. Tapi, beberapa Moms tidak nyaman sehingga mudah membuat gatal, membatasi gerak atau tidak efektif.

Minum banyak air karena cairan dapat membantu meminimalkan sembelit dan membuat segala sesuatunya terus bergerak.

Tidurlah yang merupakan hal paling penting untuk diingat ketika Moms menjalani peran baru terutama dalam mengurus SI Kecil. Jika ada orang lain yang bisa menggendong bayi maka Moms harus bisa istirahat.

Terima bantuan apakah menyewa seorang bidan pascapersalinan, perawat malam atau menerima anggota keluarga atas tawaran mereka untuk menginap. Bersikap realistis tentang kebutuhan Moms sebagai tips pemulihan operasi Caesar dan jangan ragu untuk katakana bahwa Moms butuh bantuan.

Bicarakan tentang perasaan Moms. Roller coaster hormonal setelah segala bentuk persalinan memang nyata, tetapi bisa menjadi sangat sulit jika operasi caesar tidak ada dalam rencana persalinan awal Anda. Oran lain dapat berpotensi membuat ibu merasa bersalah karena tidak melahirkan secara normal. Jika Moms merasa sedih, tidak berdaya atau putus asa, atau merasa bersalah atau marah, bicarakan dengan dokter, yang dapat membantu mendapatkan solusi terbaik.

Baca Juga: Bolehkah Hamil Lagi Setelah Operasi Caesar Berulang?

Jadi, bolehkah duduk bersila setelah operasi Caesar, jawabannya boleh namun dengan berbagai pertimbangan dan tak lupa konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai posisi duduk paling nyaman pasca operasi Caesar yang telah Moms lalui.

  • https://www.orami.co.id/magazine/bolehkah-duduk-bersila-setelah-operasi-caesar/
  • http://brochures.mater.org.au/brochures/mater-mothers-hospital/after-birth-care-of-the-new-mother
  • https://www.mumsnet.com/Talk/childbirth/217414-if-you-are-having-a-caesarean
  • https://www.self.com/story/9-things-no-one-tells-you-about-c-section-recovery
  • https://community.babycenter.com/post/a21852173/recovery_after_c_section
  • https://pogp.csp.org.uk/system/files/publication_files/POGP-FFFuture%20%281%29.pdf
  • http://brochures.mater.org.au/brochures/mater-mothers-hospital/after-birth-care-of-the-new-mother
  • https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/how-to-sleep-after-c-section#takeaway
  • https://www.thebump.com/a/care-recovery-after-c-section
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/299502#recovery
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7179790/
  • https://www.babycenter.com/pregnancy/your-body/c-section-recovery-wound-care_10314058
  • https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/labor-and-birth/cesarean-aftercare-682/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait