Pasca Melahirkan

PASCA MELAHIRKAN
3 Juni 2020

Melahirkan Anak Kedua? Ini Kondisi Baru yang Akan Moms Rasakan!

Proses persalinan bisa lebih cepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Bagi beberapa wanita, melahirkan anak kedua mungkin tidak sesulit dari proses persalinan yang pertama.

Namun, ada wanita yang masih merasa bila melahirkan untuk kedua kali adalah proses yang menakutkan.

Tentunya, Moms akan memiliki beberapa hal yang berbeda di kehamilan anak yang kedua meskipun sudah pernah hamil dan melahirkan sebelumnya.

Karena itu, ketahui apa saja yang berbeda dari melahirkan anak kedua berikut ini.

Baca Juga: Infertilitas Sekunder, Gangguan yang Menyebabkan Sulit Hamil Anak Kedua

Perbedaan Melahirkan Anak Kedua dengan yang Pertama

melahirkan anak kedua-1

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun setiap kelahiran wanita berbeda, mungkin Moms bertanya-tanya, apakah melahirkan anak yang kedua akan memiliki pola yang sama dengan momen persalinan yang pertama?

Dalam situs NCT (National Childbirth Trust), disebutkan bahwa jika kelahiran terakhir sulit, Moms mungkin memiliki pengalaman yang lebih mudah dalam melakukan persalinan kedua.

Banyka pasangan sering mengatakan bahwa mereka merasa lebih siap dan dapat menggunakan strategi yang telah dipelajari dengan lebih mudah ketimbang saat pertama kali.

Persalinan anak yang kedua juga cenderung lebih cepat dari yang pertama, dengan kontraksi kehamilan yang juga akan lebih cepat terasa kuat.

Untuk rata-rata waktu persalinannya yaitu lima jam, dan lebih pendek dari 12 jam.

Baca Juga: Memang Berbeda, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Anak Kedua

Kehidupan Makin Padat Sebelum dan Saat Melahirkan Anak Kedua

melahirkan anak kedua-2.jpg

Foto: rd.com

Mengutip Kids Health, orang tua mungkin akan tambah kewalahan ketika harus mengasuh dan merawat dua orang anak. Terutama bila kedua anak tersebut memiliki jarak usia yang pendek.

Moms akan menjadi lebih sibuk, bisa menjadi lebih mudah lelah, bahkan sebelum melahirkan anak kedua. Karena, merawat anak yang lebih besar saat hamil juga butuh banyak energi.

Setelah persalinan, sekitar 6-8 minggu pertama akan sangat menantang. Moms harus memastikan Si Kecil menjalani jadwal makan dan tidur secara teratur, sambil menangani kebutuhan anak pertama.

Tetapi, hal positifnya, Moms dapat lebih percaya diri, dengan kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman yang telah dirasakan karena mengurus dua anak sekaligus.

Baik itu menjadi ahli dalam menyusui, mengganti popok, atau menangani penyakit seperti demam, batuk dan pilek, akan tampak seperti sebuah kebiasaan.

Baca Juga: Ini 4 Perbedaan Tentang Melahirkan Anak Pertama dan Kedua yang Tidak Terduga!

Perubahan Fisik dan Emosional Saat Melahirkan Anak Kedua

melahirkan anak kedua-1

Foto: Orami Photo Stock

Dalam British Medical Journal, dijelaskan bahwa melahirkan merupakan pengalaman psikologis yang intens dan wujud dari perubahan peran seorang wanita.

Karena itu, dalam proses persalinan, wanita perlu mendapatkan dukungan fisik, emosional, dan sosial, untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk melahirkan anak kedua dengan baik.

Dari segi fisik, Moms akan cenderung sakit dan sangat lelah setelah melahirkan, terutama jika mengalami persalinan yang sulit atau butuh melahirkan secara caesar.

Sementara, secara emosional, jangan heran bila Moms merasa khawatir tentang hubungan dengan Si Kecil yang kedua, atau cemas karena tidak bisa memberikan kasih sayang yang cukup untuk anak kedua.

Jika Moms mengalami baby blues usai melahirkan anak kedua, tidak usah merasa takut. Bicaralah dengan dokter jika memiliki perasaan depresi, meskipun ini menjadi hal yang pertama kali dialami.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait