Pasca Melahirkan

1 Desember 2019

6 Tips Perawatan Pascamelahirkan dari Putri Titian

Putri Titian menggunakan pendekatan yang lebih tradisional
placeholder

Foto: instagram.com/vaniova

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Sebagai publik figur sekaligus ibu dari dua orang putra, Putri Titian kerap membagikan momen bersama keluarganya melalui Instagram Story-nya.

Selain itu, Putri Titian juga kerap membagikan tips seputar kehamilan, bayi, dan cara pengasuhan anak berdasarkan dari pengalamannya tersebut. Ia juga aktif membuat Q&A untuk para pengikutnya.

Baru-baru ini, Putri Titian membagikan tips perawatan pascamelahirkan melalui Instagram Story-nya pada Minggu (25/11/2019) kemarin.

Berikut ini tips perawatan pascamelahirkan dari Putri Titian yang bisa Moms coba.

Perawatan Pascamelahirkan ala Putri Titian

1. Dibengkung Sepanjang Hari

perawatan pasca melahirkan Putri Titian-1

Foto: instagram.com/putrititian

Istri Junior Liem ini mengungkapkan dirinya menggunakan bengkung sebagai perawatn pascamelahirkan ala Putri Titian. Hal ini lantaran berat badannya hanya turun 7 kg setelah melahirkan.

Menurutnya, penggunaan bengkung juga efektif dalam mengembalikan bentuk tubuhnya ke semula.

"Alhamdulillah setelah 14 hari pakai bengkung itu lumayan mengecil perutnya. Tapi abis itu Momom lanjut pakai korset, jadi enggak langsung lepas bebas merdeka gitu," terang Putri.

Baca Juga: 6 Gaya Asyik Fashion Iori, Putra Cilik Putri Titian dan Junior Liem

2. Puasa Keramas Selama Sebulan

perawatan pasca melahirkan Putri Titian-2

Foto: instagram.com/putrititian

Putri Titian mengakui menggunakan perawatan pascamelahirkan dengan pendekatan yang lebih tradisional. Tetapi, tetap disesuaikan dengan keadaan sekarang. Salah satunya dengan tidak keramas selama 30 hari.

"Momom cuma ikut tradisi yang menurut Momom ada benarnya. Kalau enggak boleh keramas 40 hari karena alasannya habis lahiran 'kan badan kita ibarat baterai tinggal 3% jadi gampang banget sakit. Kalau keramas bisa gampang masuk angin. Kalau masuk angin kasihan yang urus bayi siapa ya kan?" jelasnya.

Namun, Putri mengaku kepalanya gatal setelah seminggu tidak keramas. Sehingga, ia mengakali dengan tetap keramas dan sesegera mungkin untuk mengeringkan rambutnya.

"Jadi pas seminggu Momom langsung keramas, lalu buru-buru keringin pakai hairdryer. Abis itu Momom lanjut lagi puasa keramasnya," lanjut Putri.

3. Memakai Korset Usai Melahirkan

perawatan pasca melahirkan Putri Titian-3

Foto: instagram.com/putrititian

Usai dibengkung, Putri Titian mengungkapkan bahwa dirinya rutin memakai korset sebagai perawatan pascamelahirkan ala dirinya. Putri juga menunjukkan potret dirinya yang sedang memakai korset di depan kaca.

"Selesai bengkung harus rajin pakai korset! Wajib hukumnya kecuali kamu kaum bangsawan tinggal book slimming treatment di beauty clinic yang qualified aja beres," tulis Putri.

4. Mengoleskan Krim Khusus Sebelum Memakai Korset

WhatsApp Image 2019-11-25 at 11.39.10 (1).jpeg

Foto: instagram.com/putrititian

Selanjutnya, rangkaian dari perawatan pascamelahirkan Putri Titian yaitu ia menjelaskan untuk mengoleskan krim khusus sebelum memakai korset. Lewat Instagram Story, ditunjukkan beberapa krim yang perlu ia oleskan ke perutnya.

"Nah, sebelum pakai korset biasanya Momom oles-oles krim ini di perut. Jadi, kerja korsetnya lebih maksimal," terang Putri.

Baca Juga: Seperti Kakak Adik! Ini 5 Gaya Gemas Putri Titian dan Iori

5. Makan Cia Po Selama 14 Hari

perawatan pasca melahirkan Putri Titian-4

Foto: instagram.com/putrititian

Penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat memulihkan tubuh usai melahirkan. Tidak terkecuali Putri Titian. Baginya, Putri mengonsumsi masakan cia po.

Mengutip Kompas.com, istilah "cia po" berasal dari bahasa Hokkian di mana merupakan jamu yang dikonsumsi sebagai lauk.

"Bahasa Mandarinnya, 'chi fu'. 'Chi' berarti makan, 'fu' itu kuat. Jadi, kurang lebih artinya 'makanan yang menguatkan',” sebut Orin, putri pemilik toko obat Ban Seng di kawasan Glodok, Jakarta Barat.

Salah satu jenis cia po yang paling umum sekaligus mudah ditemui adalah tim ayam obat.

"Tim ayam obat ibaratnya pukul rata, bisa buat hampir semua orang. Ini untuk mengembalikan kebugaran saja. Untuk ibu habis melahirkan juga bisa," tambah Orin.

6. Minum Jamu Kunyit Asam dan Beras Kencur

perawatan pasca melahirkan Putri Titian-5

Foto: instagram.com/putrititian

Karena perawatan pascamelahirkan Putri Titian dilakukan dengan cara tradisional, tentunya Putri Titian juga minum jamu. Ia mengatakan jenis jamu yang sering dikonsumsi adalah jamu kunyit asam dan beras kencur.

"Sehari Momom minum kurang lebih 100 ml, jamunya gonta-ganti aja kunyit asam dan beras kencur. Padahal harusnya minum paitan juga, tapi kayaknya Momom tak sanggup," tulis Putri.

Terlepas kontroversi tentang beberapa dokter yang tidak menyarankan minum jamu usai melahirkan, tetapi Putri menjelaskan bahwa dirinya minum jamu untuk memperlancar masa nifas dan membuat berat badan turun.

Baca Juga: Putri Titian dan Yuyun Gunakan Detox Foot Pads, Apakah Benar-benar Efektif?

7. Duduk di Kursi Alas Keras

perawatan pasca melahirkan Putri Titian-6

Foto: instagram.com/putrititian

Bagi Moms yang mendapatkan jahitan perineum, Putri mengungkapkan pentingnya untuk duduk di kursi dengan alas yang keras.

"Biar cepat sembuh dan enggak nyut-nyutan lagi, itu ternyata kita harus duduk di kursi yang keras. Bukan yang empuk," jelasnya.

Ia melanjutkan, "Sementara, Momom waktu itu parnoan jadi maunya duduk manja. Padahal, harusnya dilatih di kursi yang keras. Memang awalnya bakal enggak nyaman tapi lama-lama rasa ngilunya berkurang dan hilang. Jangan lupa juga sering-sering ganti pembalut biar tetap kering dan cepat sembuh," saran Putri Titian.

Nah, itu dia Moms beberapa tips perawatan pascamelahirkan ala Putri Titian yang bisa dicoba.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait