Pasca Melahirkan

31 Agustus 2021

Moms Wajib Tahu, Ini Dia Tips Memilih Bra Menyusui

Jangan salah pilih, ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Air susu ibu (ASI) terbukti memiliki banyak manfaat untuk bayi. Oleh karena itu, demi kelancaran pemberian ASI, Moms memerlukan dukungan dalam bentuk apapun, salah satunya dengan menggunakan bra menyusui.

Moms yang baru saja melahirkan dan sedang menyusui bayi akan sangat memerlukan bra menyusui. Sebab, bagian cup-nya mudah dibuka dan ditutup tanpa perlu membuka bra secara keseluruhan. Penyangga payudara yang juga disebut nursing bra ini memang khusus dirancang untuk ibu menyusui.

Menggunakan bra menyusui memang tidak berpengaruh pada kuantitas dan kualitas ASI, tetapi akan lebih memudahkan ibu menyusui, terutama ketika harus menyusui bayi di tempat umum. Bingung memilih bra menyusui yang bagus untuk menyusui? Ini panduannya!

Baca Juga: Kenali Kondisi Mastitis, Payudara Bengkak dan Sakit pada Ibu Menyusui

Mengapa Harus Membeli Bra Menyusui?

mengapa harus membeli bra menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa ibu menyusui memilih tetap menggunakan bra biasa karena merasa tidak mengganggu proses laktasi. Sebenarnya, Moms memang bisa saja menggunakan bra biasa dengan ukuran lebih besar.

Namun, untuk ibu menyusui, bra jenis ini tidak dapat menyangga payudara sebaik bra menyusui. Jadi, menggunakan bra menyusui sebaiknya Moms pertimbangkan karena memiliki kelebihan dibanding bra biasa.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Bra Menyusui?

kapan waktu yang tepat untuk membeli bra menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin bertanya-tanya, mengenai kapan waktu yang tepat untuk membeli bra menyusui. Jawabannya adalah sebulan sebelum kelahiran.

Sebab, saat itu ukuran payudara Moms paling mendekati dengan ukuran payudara saat menyusui nantinya. Paling cepat, Moms bisa membeli bra menyusui saat memasuki trimester ketiga kehamilan.

Jika Moms ingin menyusui bayi secara ekslusif selama 6 bulan sampai 1 tahun, 3-7 buah bra menyusui dengan kualitas bagus cukup untuk persediaan.

Baca Juga: Metode Amenore Laktasi, Kontrasepsi Alami Lewat Menyusui Bayi

Ukuran Bra Ibu Menyusui

ukuran bra

Foto: today

Penting bagi Moms untuk memastikan bahwa ukuran bra menyusui yang dibeli memang pas dan nyaman dipakai.

Hal ini karena ukuran bra yang terlalu ketat akan membuat payudara terasa sakit, bahkan bisa menghambat produksi ASI. Bra menyusui yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan risiko saluran tersumbat atau mastitis yang lebih besar.

Sedangkan bra yang terlalu kendur tidak dapat menopang payudara dengan baik.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih ukuran bra bagi ibu menyusui.

1. Pertambahan Ukuran Bra Saat Hamil dan Menyusui

Payudara wanita akan membesar saat hamil dan menyusui. Tambahkan satu nomor cup dan lingkar dada dari biasanya jika Moms membeli bra untuk dipakai saat hamil trimester ketiga.

Jika Moms ingin membeli bra menyusui, tambahkan satu nomor cup lagi dari ukuran bra saat hamil. Ukuran bra akan berubah lagi setelah 8 minggu menyusui, yakni lingkar dada kembali normal namun ukuran cup naik satu nomor dari ukuran sebelum hamil.

Jadi, misalnya sebelum hamil ukuran bra Moms adalah 36A, maka di akhir kehamilan ukuran bra dapat berubah ukuran menjadi 38B dan saat menyusui akan berubah lagi hingga 38C. Dan setelah 2 bulan setelah melahirkan, ukuran bra Moms menjadi 36B.

Baca Juga: Cara Menyusui Bayi yang Benar agar Tidak Muntah, Ibu Baru Wajib Tahu!

2. Cara Mengukur Bra Menyusui Secara Manual

Untuk berjaga-jaga jika Moms tak boleh mencoba bra saat membeli, ukur saja payudara secara manual di rumah. Ukurlah lingkar dada tepat di puncak payudara (overbust) dan tepat di bawah payudara (underbust) dalam keadaan dada dan perut rileks.

Cara menghitung ukuran underbust, yakni dengan mengukur lingkar rongga dada tepat di bawah payudara dalam inci, lalu tambahkan lima inci. Misalnya ukuran Moms 29 inci, ditambah lima, maka hasilnya 34. Inilah ukuran underbust Moms. Kalau hasilnya ganjil, misalnya 33 inci, berarti ukuran underbust Moms antara 32 dan 34.

Sementara untuk menghitung ukuran cup, ukurlah lingkar dada tepat di puncak payudara dalam satuan inci, lalu bandingkan dengan ukuran underbust. Setiap selisih 1 inci sama dengan 1 ukuran cup.

Jadi, apabila lingkar overbust Moms menunjukkan angka 35 sedangkan underbust 34 (selisih 1 inci), berarti ukuran cup Moms adalah A. Namun, jika ukuran overbust Moms 36 (selisih 2 inci), berarti cup yang pas untuk Moms adalah B.

Baca Juga: Cara Membersihkan Puting Payudara Saat Hamil dan Menyusui

Cara Memilih Bra Menyusui

Jika Moms ingin membeli bra menyusui, berikut tips memilih bra untuk menyusui yang tepat.

1. Ukuran yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penting bagi Moms untuk memilih ukuran bra yang tepat agar nyaman dikenakan. Moms bisa mencoba cara mengukur payudara yang telah dijelaskan di atas. Jadi, jangan sampai salah memilih, ya!

Pastikan bahwa cup bra menutupi sebagian besar payudara tanpa meluap di bagian atas, dan jahitan tengahnya menempel dengan nyaman di tulang dada Moms.

Memilih bra menyusui yang tepat dapat mencegah banyak masalah terkait payudara, seperti saluran susu yang tersumbat. Ukuran bra yang tepat juga akan memberi dukungan yang memadai dalam menopang payudara.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Begini Cara Mengetahui Ukuran Bra yang Tepat

2. Bahan Katun Lebih Baik

cara memilih bra menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Selain itu, pilihlah bahan bra yang sesuai. Para ahli merekomendasikan bahan alami untuk bra menyusui, seperti katun.

Kain katun akan memudahkan kulit payudara untuk bernapas daripada bahan sintetis. Kain katun alami juga lebih menyerap keringat atau air susu jika terjadi kebocoran.

Sementara itu, bahan sintetis dapat menjebak kelembapan untuk waktu yang lebih lama sehingga berpotensi menyebabkan iritasi.

Baca Juga: 6 Masalah Saat Menyusui yang Sering Dihadapi Ibu Baru dan Solusinya

3. Model Bra

Dalam memilih bra untuk menyusui, Moms juga harus memerhatikan modelnya. Tidak hanya dari segi warna yang menarik, pastikan bra menyusui memiliki bukaan depan untuk puting yang mudah dilepas sehingga bayi atau pompa payudara Moms dapat mengakses puting dengan mudah.

Melansir Clothing and Textiles Research Journal, bra yang memiliki desain dua lapis terbukti dapat menopang payudara dengan baik dan memberikan kenyamanan saat menyusui.

Bra juga harus memiliki pita belakang yang lebar dan harus memiliki 4 pengait agar dapat menyesuaikannya dengan tubuh Moms.

Selain itu, berhati-hatilah dengan bra yang memiliki underwire atau penopang kawat. Meski tidak ada bukti bahwa underwire tidak baik, tetapi konsultan laktasi menyarankan ibu menyusui untuk menunggu sehingga 6 minggu pascapersalinan jika ingin mengenakan bra yang memiliki underwire sehingga suplai ASI dapat menemukan ritmenya.

"Jika bra terlalu ketat, kawat di bawahnya tidak akan memungkinkan sirkulasi darah atau limfatik yang baik ke dan dari payudara," kata Attie Sandink, konsultan laktasi di Burlington, Ontario. Dan tekanan semacam itu dapat menyebabkan penyumbatan, rasa sakit, hingga infeksi.

Jadi, bra yang memiliki cup lembut lebih disarankan untuk ibu menyusui daripada bra dengan underwire.

Tips Menggunakan Bra Menyusui

cara menggunakan bra menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Untuk menghindari iritasi kulit, puting sakit, mastitis atau sariawan, kenakan bra yang bersih dan kering ya, Moms.

Perlu Moms ketahui bahwa bra untuk menyusui dapat dengan mudah menjadi kotor karena ASI bocor, berkeringat, atau gumoh dan air liur bayi.

Jadi, ganti bra jika sudah kotor atau basah karena kelembapan pada payudara untuk waktu yang lama dapat memberikan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan bakteri atau jamur.

Selain mengenakan bra, Moms mungkin juga perlu menggunakan bantalan menyusui, terutama untuk beberapa bulan pertama masa menyusui bayi.

Bantalan menyusui (breast pad) adalah bantalan penyerap kecil yang bisa Moms masukkan ke dalam bra di depan puting. Jika payudara Moms mengalami kebocoran ASI, bantalan menyusui ini akan menyerapnya sehingga membuat Moms lebih nyaman dan mengurangi jumlah cucian yang mungkin perlu lakukan.

Moms bisa membeli bantalan menyusui ini di toko perlengkapan ibu dan bayi, baik toko offline atau online.

Jika Moms kesulitan menemukan bra menyusui yang tepat, Moms bisa menghubungi spesialis laktasi. Mereka bisa membantu Moms dalam menemukan bra yang paling cocok, juga dapat membantu Moms jika memiliki masalah lain terkait menyusui.

Selesai periode menyusui, Moms tidak dapat menggunakan bra menyusui lagi karena ukuran dan bentuk payudara sudah berubah. Namun, simpanlah bra menyusui dengan baik agar Moms bisa menggunakannya lagi untuk kehamilan berikutnya.

  • https://www.verywellfamily.com/nursing-bras-431564
  • https://parenting.firstcry.com/articles/maternity-and-nursing-bras-be-informed-choose-the-right-one/
  • https://www.todaysparent.com/baby/breastfeeding/tips-on-how-to-find-the-right-nursing-bra-for-you/
  • https://www.kindredbravely.com/blogs/bravely/how-to-choose-the-right-nursing-bra
  • https://www.webmd.com/baby/how-to-choose-a-nursing-bra#1
  • https://www.babycenter.com/pregnancy/your-life/maternity-and-nursing-bras-101_10347729
  • https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0887302X17722858
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait