Kesehatan

18 September 2021

Tak Hanya Enak, Ini Dia 5 Manfaat Talas untuk Kesehatan

Moms cari tahu yuk, manfaat talas untuk kesehatan dan cara mengolahnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Talas merupakan tanaman akar yang banyak terdapat di Asia, termasuk Indonesia.

Buah yang memiliki kulit luar coklat dan daging putih dengan bintik-bintik ungu ini identik dengan kota Bogor yang ada di Jawa Barat.

Selain rasanya yang enak dan mudah diolah, manfaat talas juga sangat banyak untuk tubuh, karena, talas merupakan sumber serat dan nutrisi alami.

Bahkan, talas juga disebut sebagai makanan yang dapat mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan usus dan jantung.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Serat Si Kecil dengan Jenis Buah-buahan Ini

Apa saja manfaat talas lainnya? Yuk kita tengok.

Kaya akan Nutrisi Penting untuk Tubuh

kandungan dalam talas

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat talas sangat banyak untuk tubuh. Karena banyak sekali nutrisi penting, seperti karbohidrat, protein, serat dan lemak terdapat dalam buah yang satu ini.

Terdapat 187 kalori dalam satu cangkir talas atau setara 132 gram. Salah satu nutrisi yang banyak terkandung dalam talas adalah karbohidrat. Tak heran kalau di beberapa daerah, talas sering dijadikan makanan pengganti nasi.

Moms yang sedang menjalankan program penurunan berat badan bisa memanfaatkan manfaat talas sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi ya.

Manfaat talas juga dapat dirasakan oleh Moms yang mengalami kesulitan buang air besar. Karena dalam satu porsi talas mengandung 6,7 gram serat. Jumlah ini sangat baik untuk kebutuhan serat harian Moms.

Jurnal Advances in Nutrition manyebutkan manfaat talas sangat banyak untuk tubuh. Karena talas mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh seperti serat, kalium, magnesium, vitamin C dan vitamin B dengan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Moms.

Manfaat Talas untuk Kesehatan

manfaat talas

Foto: Orami Photo Stock

Karena kaya akan nutrisi penting, sehingga banyak sekali manfaat talas yang bisa rasakan untuk kesehatan.

Mulai dari mengontrol gula darah hingga kesehatan usus, berikut manfaat talas untuk kesehatan. Yuk simak Moms.

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Ada dua jenis karbohidrat yang ada di dalam talas yang bermanfaat untuk gula darah, serat dan pati resisten.

Serat adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh manusia. Karena tidak diserap, tidak berdampak pada kadar gula darah. Sehingga manfaat talas dapat dirasakan oleh penderita diabetes.

Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menyebutkan serat juga membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat lain, mencegah lonjakan gula darah yang besar setelah makan.

Sebuah studi menemukan bahwa diet tinggi serat, sekitar 42 gram per hari dapat menurunkan kadar gula darah sekitar 10 mg/dl pada penderita diabetes tipe 2.

Talas juga mengandung jenis pati khusus, yang dikenal sebagai pati resisten. Pati ini tidak dapat dicerna oleh manusia sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah.

Sekitar 12% pati dalam akar talas yang dimasak merupakan pati resisten, menjadikannya salah satu sumber nutrisi yang lebih baik.

Kombinasi pati dan serat yang resisten ini menjadikan talas sebagai pilihan karbohidrat yang baik, terutama bagi penderita diabetes.

Baca juga: 14 Makanan Penangkal Radikal Bebas untuk Anak

2. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantun

Manfaat talas lain adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini karena kandungan pati resisten dan serat yang ada di dalam talas.

Penelitian substansial telah menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak serat cenderung memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah.

Sebuah studi menemukan bahwa untuk setiap tambahan 10 gram serat yang dikonsumsi per hari, risiko kematian akibat penyakit jantung menurun sebesar 17 persen. Hal ini diyakini karena efek serat yang dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Dalam 132 gram talas juga mengandung 6 gram serat atau dua kali dari jumlah yang ditemukan dalam 138 gram. Sehingga talas sering disebut sebagai sumber yang sangat baik.

Talas juga menyediakan pati resisten, yang menurunkan kolesterol dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

3. Talas Mengandung Zat Antikanker

Talas mengandung senyawa nabati yang disebut polifenol yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk berpotensi menurunkan risiko kanker.

Jenis senyawa polifenol utama yang ditemukan dalam talas adalah quercetin.

Penelitian tabung reaksi dan hewan telah menemukan bahwa quercetin dapat memicu kematian sel kanker dan memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker.

Senyawa ini merupakan antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Seperti yang diketahui, paparan radikal bebas yang berlebihan sering dikaitkan dikaitkan dengan kanker

Sebuah penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak talas mampu menghentikan penyebaran beberapa jenis sel kanker payudara dan prostat. Sehingga manfaat talas dapat dirasakan oleh pasien kanker.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Talas merupakan sumber serat yang baik. Dalam 132 gram talas, mengandung 6,7 gram per cangkir. Tak heran kalau banyak orang percaya manfaat talas untuk penurunan berat badan.

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak serat cenderung memiliki berat badan lebih rendah dan lebih sedikit lemak tubuh.

Baca Juga: 20 Manfaat Buah Pisang untuk Kehamilan dan Kesehatan, Bisa jadi Menu Diet Sehat!

Hal ini mungkin karena serat memperlambat pengosongan perut, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Serat juga dapat mengurangi jumlah kalori yang ada di dalam makanan sepanjang hari. Seiring waktu, kandungan ini dapat menyebabkan penurunan berat badan.

5. Baik untuk Kesehatan Usus

Karena talas mengandung banyak serat dan pati resisten, sehingga bermanfaat untuk kesehatan usus.

Tubuh tidak dapat mencerna atau menyerap serat dan pati resisten, sehingga tetap berada di usus.

Ketika mereka mencapai usus besar, kandungan ini bisa menjadi makanan bagi mikroba di usus dan mendorong pertumbuhan bakteri baik.

Ketika bakteri usus memfermentasi serat-serat ini, mereka menciptakan asam lemak rantai pendek yang memberi makan sel-sel yang melapisi usus dan menjaganya tetap sehat dan kuat.

Sebuah studi pada babi menemukan bahwa makanan yang kaya pati resisten meningkatkan kesehatan usus besar dengan meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek dan mengurangi kerusakan sel usus besar.

Menariknya, penelitian pada manusia telah menemukan bahwa orang dengan gangguan inflamasi usus, seperti kolitis ulserativa, cenderung memiliki kadar asam lemak rantai pendek yang lebih rendah di usus.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi serat dan pati resisten dapat meningkatkan kadar serat dan membantu melindungi dari penyakit radang usus dan kanker usus besar.

Talas Mudah Diolah Menjadi Makanan

olahan talas

Foto: Orami Photo Stock

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, talas juga mudah untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Manfaat talas juga dapat Moms rasakan setelah diolah menjadi produk lain.

Talas memiliki tekstur yang mirip dengan ubi dan juga memiliki rasa agak manis. Sehingga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, baik manis ataupun gurih.

Baca juga: Resep Keripik Kulit Kentang yang Cocok untuk Camilan Keluarga

Yuk Moms simak olahan talas yang bisa Moms coba dirumah. Selain enak, manfaat talas juga bisa Moms rasakan untuk tubuh.

  • Keripik Talas, iris tipis talas dan panggang atau goreng menjadi keripik.
  • Hawaiian Poi atau Pure Talas, kukus dan haluskan talas menjadi puree berwarna ungu.
  • Teh Talas, selain makanan, Moms juga bisa mengolah talas menjadi minuman. Caranya, haluskan talas atau gunakan bubuk talas dalam teh boba untuk membuat minuman berwarna ungu yang indah.
  • Roti Talas, panggang pasta talas manis di dalam adonan kue mentega untuk hidangan penutup.
  • Kue Talas, campur talas matang dengan bumbu dan tumis hingga renyah.

Moms, demikian penjelasan mengenai manfaat talas dan juga cara mengolahnya. Semoga bermanfaat ya Moms.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24901089/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4863277/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait