Pasca Melahirkan

15 Buah Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui, Dijamin Makin Deras!

Jeruk dan avokad bisa bikin ASI deras lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, tahukah ternyata ada beberapa buah pelancar ASI untuk ibu menyusui? Simak ulasannya di bawah ini.

Saat menyusui, Moms membutuhkan sekitar 450 hingga 500 kalori ekstra per hari menurut National Institute of Health. Bila Moms yang ingin menurunkan berat badan setelah hamil mungkin tidak perlu menambah asupan kalori saat menyusui, tetapi hal ini harus membicarakannya dengan dokter.

Nutrisi khusus, seperti zat besi, kalsium, kalium, dan vitamin A dan D, sangat bermanfaat saat menyusui. Makan berbagai macam makanan juga penting, karena hal ini akan membuat bayi terpapar rasa yang berbeda dan dapat membuatnya lebih mudah menerima makanan padat di kemudian hari.

Moms mungkin tahu pepatah, "sebutir apel sehari membuat sehat?" Nah dalam kasus ibu menyusui, ini bukan sembarang apel tua. Atau buah tua lainnya.

Semua buah tidak diciptakan sama. Kebutuhan Moms sebagai ibu menyusui berbeda dari sebelumnya. Jadi, ada beberapa buah pelancar ASI.

Baca Juga: Patut Tahu, Ini 9 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui

Buah Pelancar ASI

Buah adalah bagian penting dari makanan Moms. Mereka menyediakan antioksidan, mineral esensial, dan serat makanan bagi tubuh. Jika Moms sedang menyusui, maka penting untuk mengonsumsi buah-buahan segar untuk memberi nutrisi dan energi.

Nah, berikut ini buah pelancar ASI yang bisa Moms coba.

1. Jeruk

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI yang pertama adalah jeruk. "Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik yang sangat dibutuhkan ibu menyusui, bahkan lebih dari saat Anda hamil," kata Brigitte Zeitlin, Sebagai ahli gizi dan ahli gizi, pendiri BZ Nutrition.

Seperti yang dilaporkan Kid's Health, vitamin C memainkan peran penting dalam menumbuhkan gigi dan otot yang sehat pada semua anak, termasuk bayi baru lahir.

Zeitlin mengatakan itu juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menyusui. Dia juga menambahkan bahwa ibu baru harus mengonsumsi sekitar 120 miligram vitamin C per hari, yang berarti sekitar dua jeruk kecil.

2. Pepaya Hijau

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah pepaya hijau. Pepaya hijau adalah varietas muda hijau dari pepaya kuning keemasan. Pepaya hijau merupakan salah satu galactagogue terbaik, artinya merupakan agen yang menginduksi laktasi.

Enzim dalam pepaya hijau meningkatkan produksi ASI dan juga memberi Anda vitamin penting seperti Vitamin A, B, C, dan E.

3. Aprikot

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI lainnya adalah apricot yang manis namun mengemas beberapa fitoestrogen serius, yang meniru aktivitas estrogen dalam tubuh. Fitoestrogen membantu mengatur hormon penghasil susu dalam tubuh dan dapat meningkatkan laktasi.

Aprikot juga kaya akan kalsium, kalium, dan vitamin C dan A, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan yang optimal untuk Moms dan Si Kecil. Aprikot kering adalah camilan yang mudah disimpan di tas Anda untuk santap cepat

4. Avokad

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah avokad. Avokad merupakan sumber asam lemak esensial yang kaya seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9. Asam amino ini penting untuk banyak fungsi tubuh dan membantu Moms menghasilkan ASI yang kaya.

Avokad sangat bagus untuk menjaga gula darah dan kadar kolesterol. Pertimbangkan untuk memasukkan beberapa avokad ke dalam salad Moms atau memakannya sebagai camilan cepat.

Baca Juga: Patut Tahu, Ini 9 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui

5. Blueberry

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah blueberry. Manfaat blueberry yang menonjol adalah sifat antioksidannya. Blueberry memiliki potensi antioksidan tertinggi dari buah apa pun.

Meskipun jumlah yang melewati ASI sebagian besar tidak diketahui, telah dipastikan bahwa antioksidan memang masuk ke bayi, yang dapat membantu mencegah penyakit pada masa bayi menurut sebuah penelitian di Journal of Health, Population and Nutrition.

6. Stroberi

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah stroberi. Stroberi sangat lezat. Sebagai ibu menyusui, Moms harus memasukkan buah-buahan luar biasa ini ke dalam menu makanan harian. Mereka penuh dengan zat besi dan membanggakan berbagai vitamin seperti Vitamin C, kalsium, kalium, dan magnesium.

Jika Moms alergi terhadap stroberi, atau seseorang dalam keluarga memiliki riwayat alergi stroberi, konsultasikan dengan dokter sebelum Moms memakannya. Alergen juga dapat memengaruhi Si Kecil melalui ASI.

7. Pisang

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Kalium sangat penting bagi wanita hamil, tetapi mempertahankan kadar kalium yang tinggi tetap penting saat menyusui. Buah pelancar ASI berikutnya adalah pisang.

Dan sebenarnya, Moms membutuhkan lebih banyak sebagai ibu menyusui, karena akan membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Sesuai Baby Center, jumlah potasium yang disarankan adalah 5.100 miligram.

Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 450 miligram potassium. Tapi, tak berarti Moms harus mengonsumsi dalam jumlah banyak karena mineral penting ditemukan di beberapa makanan, termasuk kentang, yang merupakan pengemas super kalium.

8. Honeydew Melon

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah honeydew melon. Saat Moms sedang menyusui, tubuh akan membutuhkan aliran vitamin dan mineral penting yang stabil.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi, pertimbangkan untuk mengonsumsi melon kuning. Moms bisa mengemil buah-buahan ini atau menambahkannya ke makanan penutup di salad buah.

Baca Juga: 7 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

9. Buah Ara

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah buah ara. Buah ara kaya akan banyak mineral seperti mangan, magnesium, tembaga, kalsium, zat besi dan kalium. Mereka juga merupakan sumber serat, Vitamin K, dan Vitamin B6 yang bagus.

Ini pada dasarnya adalah alasan mengapa sejumlah masakan menggunakan buah ara dalam salad mereka dan banyak perusahaan makanan bayi memasukkan buah ara ke dalam makanan bayi.

10. Mangga

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Mangga kaya akan antioksidan dan vitamin K. Buah pelancar ASI ini memiliki kandungan serat dan kalium juga membantu Moms mengisi kembali nutrisinya. Dan tentu saja, mangga matang benar-benar enak serta manis.

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan di Pagi Hari Ini Bisa Diatasi dengan Makan Buah-buahan

11. Blewah

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah blewah. Blewah kaya akan vitamin K, vitamin B, serat, kalium, magnesium, niacin, thiamin dan folat. Makan buah ini bisa membantu Moms tetap terhidrasi.

Karena kandungan airnya yang tinggi, buah ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh selama menyusui dan bahkan sebaliknya.

Di bulan puasa seperti sekarang ini tentu sangat mudah untuk mendapatkan blewah.

12. Sawo

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah sawo. Ini adalah persembahan yang lebih eksotis, tetapi sawo tidak akan mengecewakan dalam hal rasa. Sawo adalah buah berkalori lebih tinggi, menurut perhitungan nutrisi Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), yang baik untuk ibu baru dan ibu menyusui yang perlu mengisi kalori yang mereka bakar melalui menyusui (sekitar 500 kalori dibakar per hari melalui menyusui.)

Buahnya juga serat super tinggi, yang akan membantu ibu merasa kenyang dan membantu mencegah sembelit.

Baca Juga: 8 Superfood untuk Meningkatkan Mood, Ayo Konsumsi!

13. Kismis

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah kismis. Faktanya adalah bahwa untuk mendapatkan cukup ASI, tubuh seorang ibu menyusui membutuhkan banyak karbohidrat yang berguna.

Itulah mengapa sebagian besar wanita dalam masa menyusui sangat tertarik pada makanan manis dan berkalori tinggi, di antara produk favorit seperti manisan, gula, kue, dan berbagai kue kering yang enak.

Ini bukan kebetulan, karena diketahui bahwa permen termasuk dalam kelompok karbohidrat cepat. Karbohidrat jenis ini memiliki kemampuan untuk membelah perut manusia dengan cepat.

Mereka juga meningkatkan kadar glukosa dalam darah wanita. Ini membantu meningkatkan mood emosional, dan produksi energi dalam tubuh ibu menyusui.

Namun, sayangnya, karbohidrat cepat tidak dapat dianggap sebagai produk yang bermanfaat, dan konsumsinya harus dibatasi. Dalam hal ini, dokter menyarankan untuk mengganti permen biasa dengan buah-buahan kering yang bermanfaat.

Di antara yang paling bermanfaat, diperkaya dengan vitamin, buah kering, bisa dibedakan kismis.

Diketahui bahwa anggur kering terdiri dari gula alami. Manfaat kismis mendukung aktivitas sistem saraf, yang sangat diperlukan bagi wanita setelah melahirkan.

14. Kurma

Buah yang bagus untuk ibu menyusui, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah kurma. Kurma mengandung triptofan. Triptofan adalah salah satu dari 10 asam amino esensial yang digunakan tubuh untuk membuat protein yang dibutuhkannya.

Secara khusus, triptofan berfungsi sebagai prekursor serotonin (neurotransmitter perasaan baik kita). Seratonin mendukung kimiawi laktasi.

Stanfordhealth.org mengungkap buah yang bagus untuk ibu memnyusui yaitu kurma dengan manfaat membantu tubuh menciptakan hormone prolactin.

Prolaktin merupakan hormon yang memberitahu tubuh Moms untuk memproduksi ASI berlebih. Manfaat Kurma untuk ibu menyusui juga kaya kalsium, tinggi serat, dan manis alami.

15. Jeruk Bali

7 Manfaat Jeruk Bali Merah (Pomelo) Untuk Anak 1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah jeruk bali. Moms, sama seperti jeruk dan buah citrus lainnya, jeruk bali juga mengandung banyak sekali vitamin C. Seperti sudah banyak diketahui, vitamin C punya peranan penting untuk tubuh Moms dan Si Kecil. Vitamin C disebut-sebut penting untuk pertumbuhan gigi dan otot Si Kecil.

Di sisi lain, vitamin C juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menyusui.

Nah, Moms bisa menjadikan jeruk bali ini sebagai kudapan atau dimakan setelah makanan utama sebagai pencuci mulut.

Baca Juga: Avokad, Buah dengan Berjuta Manfaat

Tips Konsumsi Buah Pelancar ASI

Mengenal Relaktasi, Menyusui Kembali setelah Sempat Berhenti

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui apa saja buah pelancar ASI, kini saatnya Moms mencari tahu tips konsumsi buah pelancar ASI. Yuk simak tips konsumsi buah pelancar ASI di bawah ini seperti dirangkum dari Medical News Today.

Minggu-minggu pertama menyusui bisa jadi sangat berat. Orang harus berjuang dengan pemulihan sejak lahir, kurang tidur, dan tuntutan emosional untuk merawat bayi yang baru lahir. Moms juga akan merasa sangat kelelahan dan tidak punya waktu bahkan untuk makan. Di sisi lain, sebagai ibu menyusui, Moms tentu membutuhkan asupan nutrisi yang baik untuk bisa menghasilkan ASI yang berkualitas.

Bagi banyak orang, bagian paling menantang dari makan makanan sehat adalah menemukan waktu dan energi untuk menyiapkan makanan. Jangankan untuk menyiapkan makanan, untuk makan saja waktu yang Moms miliki sangat sedikit. Nah, jika sudah begini, saatnya meminta bantuan dari Dads.

Meminta bantuan dari pasangan adalah cara yang bagus untuk berbagi beban. Salah satu pasangan dapat memompa atau menyusui sementara yang lain menyiapkan makanan.

Jika pasangan tidak tersedia, beberapa makanan yang mudah disiapkan dapat memastikan nutrisi yang cukup. Strategi makan berikut dapat membantu:

  • Mengkonsumsi smoothies pagi untuk menambah buah dan sayuran. Cobalah mencampurkan buah beri beku, pisang, dan avokad. Tambahkan lebih banyak protein dengan menambahkan satu wadah Greek yogurt.
  • Mempersiapkan oatmeal instan sebagai camilan kaya serat yang mengenyangkan yang dapat mendukung suplai susu yang sehat. Untuk menambah lebih banyak kalori dan meningkatkan kandungan protein, gunakan susu atau yogurt sebagai pengganti air.
  • Ngemil kacang di siang hari. Coba letakkan sekaleng kacang di tempat menyusui favorit.
  • Membeli keju yang sudah dipotong sebelumnya. Camilan ini tinggi protein dan sangat mengenyangkan.
  • Mempertimbangkan untuk mendaftar ke layanan katering atau meminta orang untuk membawa makanan beberapa kali seminggu. Bekukan sisa makanan untuk dicairkan untuk camilan cepat. Pilihlah cara yang paling praktis menurut Moms.

Nah, itulah beberapa buah pelancar ASI. Buah dan ASI Moms saling terkait erat, jadi apa yang dimasukkan ke dalam tubuh setiap hari dapat memengaruhi ASI untuk Moms dan Si Kecil yang tengah menyusui.

Dan sekarang setelahMoms tidak sabar untuk mulai makan semua makanan super ini, jangan lupa satu lagi tambahan non-makanan yang sama pentingnya ke menu harian ibu menyusui.

Tak lupa, agar Moms tetap terhidrasi untuk mendukung energi, dan kesehatan. Jadi pastikan Moms menyimpan botol air di ruang perawatan atau di sekitar rumah yang mudah dijangkau, dan ingatkan diri untuk minum sepanjang hari.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait