Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati, Coba Yuk!
Bagaimana cara aktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati? Beberapa langkah berikut ini bisa membantu, Moms.
Artikel mengenai cara aktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati bisa membantu Moms mengatasi kepanikan saat kondisi ini terjadi.
Beruntung, ada beberapa langkah yang dapat Moms lakukan untuk mengaktifkannya kembali tanpa harus membeli kartu baru.
Jadi, Moms tetap bisa menggunakan kartu Telkomsel untuk komunikasi.
Baca Juga: 7 Cara Cek Pulsa Simpati dengan Mudah, Bisa Lewat Aplikasi!
Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati dengan Kode Dial
Salah satu cara untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati adalah dengan menggunakan kode dial.
Berikut ini cara aktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati dengan kode dial.
- Siapkan KTP dan KK yang terdaftar pada nomor Moms beserta kartu SIM fisik yang akan diaktifkan.
- Hubungi *888*89# dari nomor yang hangus.
- Pilih "Reaktivasi kartu".
- Pilih “Setuju” kalau Moms setuju dengan ketentuannya.
- Masukkan nomor KTP dan KK.
- Moms nantinya akan mendapat SMS pemberitahuan mengenai aktivasi nomor apakah bisa diaktifkan kembali atau tidak.
Baca Juga: 23 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Alami dan Medis
Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Melalui Telkomsel E-Care
Moms juga dapat mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati melalui layanan Telkomsel E-Care.
Berikut cara aktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati melalui Telkomsel E-Care.
- Siapkan KTP dan KK yang didaftarkan pada nomor kamu beserta kartu SIM fisik yang mau diaktifkan kembali.
- Hubungi customer service Telkomsel melalui DM (Direct Message) dengan mengetik “Reaktivasi Prepaid”.
- Moms nantinya akan mendapatkan link untuk upload foto KTP, nomor KK, dan foto SIM card fisik yang akan direaktivasi.
- Lalu, Moms akan masuk ke antrian video call untuk melakukan validasi data sehingga bisa mengaktifkan kembali kartu yang hangus.
Baca Juga: 8 Cara Melihat Kata Sandi Google di HP dan Laptop, Mudah!
Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati di GraPARI
Jika beberapa cara aktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati tak juga berhasil, Moms bisa coba mendatangi GraPARI untuk meminta bantuan.
Berikut langkah-langkah mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati di GraPARI.
1. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan
Pastikan untuk membawa dokumen yang diperlukan, seperti kartu identitas (KTP) dan kartu keluarga (KK) yang terdaftar pada nomor Telkomsel Moms, serta kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan kembali.
2. Kunjungi GraPARI Terdekat
Cari GraPARI terdekat dengan lokasi Moms.
GraPARI biasanya tersedia di berbagai lokasi seperti pusat perbelanjaan atau agen resmi Telkomsel lainnya.
3. Berkonsultasi dengan Petugas
Setibanya di GraPARI, temui petugas layanan pelanggan Telkomsel dan beritahu mereka bahwa Moms ingin mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati.
Berikan juga dokumen-dokumen yang diperlukan kepada petugas.
4. Ikuti Petunjuk dari Petugas
Ikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas GraPARI.
Mereka akan membantu Moms melalui proses aktivasi kembali kartu Telkomsel dengan memberikan informasi yang diperlukan dan mengurus proses administrasi.
5. Tunggu Proses Aktivasi
Setelah menyerahkan semua dokumen dan mengikuti prosedur yang diberikan oleh petugas GraPARI, tunggulah beberapa saat untuk proses aktivasi kembali kartu Telkomsel.
Nantinya, petugas akan memberikan konfirmasi kepada Moms ketika proses pengaktifan kartu telah selesai dilakukan.
Baca Juga: 5 Resep Kerak Telor, Kuliner Khas Jakarta yang Legendaris
Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Tidak Ada Jaringan
Jika Moms mengalami masalah dengan kartu Telkomsel yang tidak menangkap sinyal atau tidak ada jaringan, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencoba mengaktifkannya kembali:
1. Restart Ponsel
Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah merestart ponsel Moms.
Terkadang, masalah sinyal dapat diselesaikan dengan melakukan restart pada perangkat.
2. Reset Jaringan
Setelah merestart ponsel, coba lakukan reset jaringan melalui pengaturan ponsel Moms.
Caranya bisa berbeda-beda tergantung pada jenis dan merek ponsel.
Biasanya, Moms dapat menemukan opsi untuk reset jaringan di bagian pengaturan atau setelan ponsel.
3. Cek Pengaturan Kartu SIM
Buka pengaturan ponsel dan cari opsi untuk kartu SIM dan jaringan seluler.
Pastikan kartu Telkomsel yang digunakan terpasang dengan benar di slot yang tepat dan tidak ada masalah fisik pada kartu SIM.
4. Pilih Mode Jaringan Secara Otomatis
Dalam pengaturan jaringan seluler, pilih opsi untuk mencari jaringan secara otomatis.
Ini akan memungkinkan ponsel Moms untuk mencari dan terhubung dengan jaringan Telkomsel secara otomatis.
5. Periksa Ponsel Lain
Jika masalah masih terjadi, cobalah memasang kartu Telkomsel ke ponsel lain untuk melihat apakah masalahnya terletak pada ponsel atau kartu SIM.
Jika kartu Telkomsel berfungsi normal di ponsel lain, masalahnya mungkin terletak pada ponsel Moms.
6. Kunjungi GraPARI
Jika masih tidak bisa mendapatkan jaringan setelah mencoba langkah-langkah di atas, kunjungi pusat layanan pelanggan Telkomsel, GraPARI, untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
Petugas di sana dapat membantu Moms menyelesaikan masalah dengan kartu Telkomsel sehingga bisa digunakan kembali.
Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Baru
Ketika kartu dalam masa tenggang atau hangus tidak bisa direaktivasi, membeli kartu Telkomsel baru merupakan opsi terakhir yang bisa dilakukan.
Nah, sebelum digunakan, kartu Telkomsel yang baru harus diaktifkan.
Berikut ini cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang baru, Moms.
1. Registrasi Kartu
Sebelum menggunakan kartu Telkomsel baru, Moms perlu mendaftarkannya.
Caranya adalah dengan mengirimkan SMS dengan format REG [Spasi] NIK#Nomor Kartu Keluarga# ke nomor 4444.
Pastikan untuk mengirimkan informasi yang benar sesuai dengan dokumen identitas Moms, ya.
2. Tunggu Konfirmasi
Setelah mengirimkan SMS registrasi, tunggu beberapa saat hingga Moms menerima konfirmasi melalui SMS dari Telkomsel.
Konfirmasi ini biasanya berisi informasi bahwa proses registrasi telah berhasil dan kartu telah siap digunakan.
3. Aktifkan Kartu
Setelah registrasi berhasil, Moms dapat mulai menggunakan kartu Telkomsel baru.
Tempatkan kartu SIM ke dalam ponsel, nyalakan ponsel, dan ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses aktivasi.
4. Isi Pulsa atau Aktifkan Paket
Setelah kartu Telkomsel aktif, pastikan untuk mengisi pulsa atau mengaktifkan paket sesuai dengan kebutuhan.
Moms dapat melakukan pengisian pulsa melalui berbagai metode seperti menggunakan voucher fisik, transfer bank, atau melalui layanan e-wallet.
Baca Juga: 12 Contoh Hukuman yang Mendidik untuk Anak, Tanpa Kekerasan!
Cara Menjaga Kartu Telkomsel Tetap Aktif dan Tidak Mati
Untuk menjaga agar kartu Telkomsel tetap aktif pastikan untuk melakukan pengisian pulsa secara berkala sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Masa aktif akan selalu bertambah ketika dilakukan pengisian pulsa.
Perhatikan sampai kapan masa aktif kartu Telkomsel yang Moms punya. Selalu isi pulsa atau paket data sebelum masa aktif kartu berakhir.
Masa aktif kartu bisa dicek di aplikasi MyTelkomsel.
Melansir laman Telkomsel, jika pelanggan lupa mengisi pulsa dan sudah lewat masa aktif, maka akan masuk masa tenggang.
Masa tenggang yang diberikan Telkomsel yaitu selama 30 hari.
Jika sampai 30 hari masa tenggang pelanggan belum mengisi pulsa, maka nomor akan masuk ke masa blokir.
Pada masa blokir, pelanggan tidak dapat mengakses layanan internet, panggilan telepon, dan SMS.
Telkomsel memberikan jangka waktu masa blokir selama 60 hari. Pelanggan dapat melakukan buka blokir melalui *888*89#.
Jika dalam jangka waktu tersebut pelanggan tidak melakukan buka blokir, maka kartu PraBayar pelanggan akan masuk ke masa hangus.
Ketika kartu masuk ke masa hangus, kartu pelanggan sudah tidak bisa digunakan lagi.
Namun kartu Telkomsel yang sudah hangus masih dapat diaktifkan kembali.
Jika Moms memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait masa kartu Telkomsel Moms, silakan langsung hubungi layanan pelanggan Telkomsel untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terkini, ya!
- https://www.telkomsel.com/jelajah/jelajah-lifestyle/kartu-telkomsel-hangus-aktifkan-dengan-3-cara-berikut
- https://www.telkomsel.com/support/prepaid-reactivation-selfcare-mytelkomsel
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.