Kesehatan

27 Februari 2021

Ini Dia 8 Cara Makan Buah Plum, Moms Harus Coba!

Coba cara makan buah plum yang beda yuk, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Buah bulat yang asam manis ini penuh nutrisi ini memang segar dimakan saat cuaca panas dan sebagai makanan penutup. Tetapi, Moms mungkin bingung seperti apa cara makan buah plum.

Bila Moms sudah mengetahuinya, mungkin rasanya akan bosan jika makan buah plum dengan cara begitu saja. Inilah beberapa ide cara makan buah plum lainnya.

Cara Makan Buah Plum

Buah plum menawarkan beberapa vitamin dan mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Vitamin C dan phenol yang terkandung dalam buah plum, bertindak sebagai antioksidan alami yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat efek buruk stres oksidatif, seperti yang tertulis dalam Journal of Medicinal Food.

Buah plum juga dikenal memiliki manfaat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Manfaat buah plum yang beragam ini membuat buah plum cukup terkenal dan dicari oleh mereka yang sedang berusaha menjaga kesehatan dan berat badan.

Ada beberapa cara makan buah plum agar tidak cepat bosan, coba yuk!

Baca Juga: Selain Tinggi Antioksidan, Ini 8 Khasiat Buah Plum Bagi Anak

1. Dimakan Langsung

Buah plum dapat dimakan langsung

Foto: Orami Photo Stocks

Cara makan buah plum yang paling sederhana, mudah, dan sehat adalah memakannya langsung tanpa diolah.

Buah plum yang sudah matang tinggal dicuci, dibelah, dan dibuang bijinya. Buah plum yang sudah matang rasanya manis dan segar, sehingga sangat cocok dijadikan makanan penutup setelah makanan utama.

Untuk Moms dan Dads yang sedang diet dan memperhatikan jumlah asupan kalori, buah plum yang segar juga cocok sekali ditambahkan dan dimakan bersama salad.

Rasanya yang asam manis akan melengkapi sayuran yang cenderung tawar, atau memberikan tambahan rasa pada gurihnya protein yang digunakan. Buah plum juga akan menambah rasa segar pada salad yang disajikan tanpa dressing.

Selain salad, Moms dan Dads juga bisa menambahkannya ke dalam oatmeal sebagai sarapan yang bergizi. Enak dan sehat!

2. Dijadikan Smoothies

Seperti beragam buah lainnya, cara makan buah plum juga bisa dengan menjadikannya smoothies yang nikmat dan praktis.

Selain itu, membuat smoothies buah plum juga memberikan Moms dan Dads kesempatan untuk menambahkan bahan-bahan lain sebagai tambahan nutrisi dalam minuman yang dapat dikonsumsi sekaligus.

Smoothies dibuat dengan menggunakan blender, sehingga sering menjadi solusi praktis dalam memenuhi kebutuhan asupan sayur dan buah harian.

Moms dan Dads juga dapat menambahkan buah lain atau bahan lain yang menambah nilai nutrisinya, seperti yogurt polos, pisang, jeruk, lemon, jahe, madu, dan lain-lain.

Baca Juga: Selain Puree, Pisang Bisa Jadi 5 Menu MPASI Ini

3. Diolah Menjadi Selai

Selai buah plum

Foto: Freepik.com

Cara makan buah plum tidak hanya dalam bentuk buah saja, tetapi juga lezat dijadikan selai pelengkap roti, pancake, kue, dan lain-lain.

Membuat selai buah plum juga tidak sulit, Moms hanya perlu memanaskan buah plum, gula, sedikit air lemon, beserta air secukupnya.

Setelah beberapa saat, buah plum akan melembut dan lama-kelamaan mengental menjadi selai.

Buah plum mengandung pektin, sejenis pati yang alami terdapat dalam beberapa jenis buah dan sayuran. Ketika dimasak dalam suhu tinggi, kemudian dicampur gula dan zat asam, zat pektin akan membentuk tekstur gel.

Karena itu, ketika membuat selai buah plum perlu ditambahkan gula dan air lemon untuk memicu pengentalan tekstur cairan.

Sebagai variasi, selai buah plum juga cocok ditambahkan ekstrak vanila, ekstrak bunga lawang (pekak), atau kayu manis.

4. Saus Plum

Saus buah plum juga dapat menjadi salah satu cara makan buah plum yang unik dan lezat.

Sekilas, tekstur dan cara membuatnya memang serupa dengan selai buah plum, namun saus buah plum biasanya ditambahkan bumbu lain, misalnya rempah-rempah, untuk menjadikannya kondimen sebuah sajian.

Saus plum biasanya digunakan dalam kuliner Asia, seperti bebek panggang, daging panggang, lumpia, dimsum, dan lain-lain.

Membuat saus plum juga tidak sulit, sama dengan cara membuat selai plum, buah plum dipanaskan bersama bahan-bahan lain seperti cuka, jahe, kayu manis, bubuk cabe kering, bawang putih, lima rempah cina, atau lainnya, tergantung dengan kebutuhan dan masakannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Blueberry untuk Bayi, Enak dan Berkhasiat!

5. Dibuat Menjadi Sorbet

Buah plum nikmat dijadikan sorbet

Foto: tasteofhome.com

Dengan iklim tropis Indonesia, cara makan buah plum satu ini pasti akan jadi favorit di saat cuaca sedang panas. Jika Moms punya alat pembuat es krim dan blender atau food processor, sorbet buah plum bisa dibuat dengan mudah.

Haluskan buah plum bersama gula, sejumput garam, dan sedikit air lemon, kemudian saring. Setelah itu, Moms tinggal mengolahnya dengan ice cream maker sesuai petunjuk pemakaian.

Jika tidak punya ice cream maker, tidak perlu kecewa. Moms juga bisa langsung membekukan campuran buah plum tadi di freezer selama beberapa jam.

6. Tambahkan Dalam Dessert

Cara makan buah plum yang tidak kalah menggiurkan adalah dengan menambahkannya ke dalam dessert kesukaan. Memasukkan buah ke dalam dessert bukanlah hal baru, namun buah plum dalam dessert masih kalah populer dari strawberry, ceri, raspberry, atau lemon.

Hasil penelitian The British Medical Journal menyatakan kandungan flavonoid dalam plum dapat mencegah resistensi insulin dan menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2.

Hasil penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa buah plum mampu membantu menurunkan gula darah dan level trigliserida dalam darah.

Buah plum yang terasa asam manis akan sangat cocok dinikmati bersama makanan penutup yang umumnya bercita rasa manis.

Cara makan buah plum dalam dessert cocok ditambahkan begitu saja sebagai topping es krim, kue muffin, kue tart, bolu, dan lain-lain. Atau, Moms juga bisa mengolahnya menjadi isian puding, kue pie, maupun roti.

Baca Juga: 11+ Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

7. Acar Buah Plum

Buah plum juga dapat dijadikan acar

Foto: Saga.co.uk

Cara makan buah plum dengan dijadikan acar mungkin jarang didengar di Indonesia. Acar buah plum yang mungkin paling terkenal adalah umeboshi alias acar buah plum Jepang.

Umeboshi dibuat dari buah plum Jepang yang sering dimakan dengan nasi putih. Namun, tidak hanya Jepang yang membuat plum menjadi acar, ada juga acar plum khas China dan Italia.

Acar buah plum dapat dinikmati sebagai makanan pendamping atau dimakan bersama nasi seperti umeboshi.

Sebagai makanan pendamping, acar buah plum cocok disantap dengan ikan kukus, daging panggang, hingga sup. Tapi sah-sah saja jika Moms dan Dads suka menjadikannya sebagai camilan.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Plum, Bikin Moms Semakin Sehat!

8. Tambahkan Dalam Masakan

Tidak hanya bisa dimakan langsung, cara makan buah plum lainnya juga tidak kalah lezat dengan menjadikannya salah satu bahan dalam sebuah masakan.

Walaupun jarang digunakan dalam masakan Indonesia, beberapa kuliner internasional menggunakan plum dengan beberapa cara untuk ditambahkan dalam sajian.

Rasa plum yang manis dan sedikit asam, dapat memberikan cita rasa yang unik dan berbeda untuk berbagai macam daging. Selain itu, plum juga mudah dipadukan dengan berbagai macam bumbu dan rempah, sehingga membuat masakan semakin lezat.

Cara makan buah plum ini tidak selalu harus diolah menjadi selai atau saus terlebih dahulu. Moms dan Dads bisa memasak buah plum bersama daging ikan, sapi, babi, bebek, maupun berbagai sayuran dengan cara dipanggang, tumis, atau dibakar.

Ternyata ada banyak juga cara makan buah plum. Moms dan Dads tidak perlu bingung dan bisa bereksperimen dengan berbagai resep yang menggunakan buah plum. Selamat mencoba!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait