2-3 tahun

12 April 2021

Cara Membuat Origami Bintang, Dekorasi di Segala Suasana

Dengan membuat origami bintang, bisa dijadikan dekorasi sesuka hati
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Banyak bentuk yang bisa dibuat dengan origami. Salah satu bentuk favorit anak-anak adalah bintang. Yuk, pelajari cara membuat origami bintang untuk dilakukan bersama Si Kecil di rumah.

Semasa kecil, tentu Moms pernah diajarkan origami, atau seni melipat kertas. Dengan menggunakan kertas saja, Moms dapat membuat ragam bentuk menarik. Mulai dari binatang, atau benda lain di sekitar.

Kali ini, Moms bisa mengajarkan Si Kecil cara membuat origami bintang. Yuk, simak seperti apa cara-caranya berikuti ini.

Sejarah Munculnya Origami

sejarah munculnya origami

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui seperti apa cara membuat origami bintang, tidak ada salahnya mempelajari sejarah dari kemunculan origami.

Selain mempelajari ilmu pengetahuan, ada kegiatan yang dapat mengasah otak Si Kecil sekaligus menyenangkan, yaitu dengan membuat kerajinan tangan berupa origami.

Membuat origami merupakan salah satu kegiatan yang disukai anak-anak karena mengubah selembar kertas menjadi sesuatu yang berguna untuk mainan atau dekorasi yang cantik bagaikan keajaiban.

Mengutip sejarahnya, teknik melipat kertas awalnya hanya untuk keperluan seremonial atau bersifat religius pada zaman Jepang kuno. Lalu, pada zaman Edo (1603–1868), teknik melipat kertas di Jepang dianggap sebagai bentuk seni baru.

Berlatih origami dapat memberikan rangsangan mental dan fisik untuk segala usia. Origami juga dapat membantu mengembangkan koordinasi antara tangan dan mata, keterampilan motorik halus, dan konsentrasi mental.

Salah satu origami yang populer dan disukai Si Kecil adalah origami bintang. Ada beberapa cara membuat origami bintang, berikut ini adalah salah satunya. Coba buat bersama Si Kecil, yuk!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Terfavorit, Simak di Sini Moms!

Cara Membuat Origami Bintang Sederhana

Origami bintang sederhana

Foto: thesprucecraft.com

Cara membuat origami bintang ini sangat sederhana dan cocok dilakukan bersama Si Kecil yang belum bisa memahami instruksi yang terlalu rumit.

Origami bintang sederhana ini juga dapat mengajarkan Si Kecil cara melipat yang simetris.

Namun meskipun sederhana, cara membuat origami bintang berikut ini akan menggunakan gunting, sehingga Moms dan Dads dapat membantu atau mengawasi Si Kecil.

Bahan dan Alat:

  • Gunting
  • Kertas origami bentuk persegi

Langkah 1:

Cara membuat origami bintang untuk langkah pertama adalah dengan melipat kertas pada sisi putih dari bawah ke atas, buatlah bentuk kertas menjadi persegi panjang dan pastikan lipatan serapi mungkin.

Selanjutnya, pada sisi sebelah kiri kertas, lipat sudut kiri bawah ke sisi atas, tekan tengahnya untuk membuat bekas lipatan. Ulangi pada sudut kiri atas, lipat ke sisi bawah. Bekas lipatan akan membentuk huruf “X” yang samar.

Langkah 2:

Tahap kedua cara membuat origami bintang membuat lipatan dari bagian kanan. Ambil sudut kanan bawah dan pertemukan dengan titik tengah X sebelumnya, lipat rapi.

Selanjutnya, lipat tepi kiri bawah ke atas dan ke kanan, sejajarkan dengan tepi kiri bagian kanan.

Langkah 3:

Sekarang buatlah lipatan puncak bintang, lipat bagian kiri di belakang sepanjang tepi bagian kanan. Lalu ambil gunting dan potong sepanjang garis untuk membuat segi lima, potong di sepanjang bagian atas tutup paling depan dan buka kertasnya. Origami bintang selesai!

Tips:

  1. Untuk membuat bentuk bintang terlihat menjadi lebih tiga dimensi, lipat ujung-ujungnya menjadi satu. Buatlah lipatan di antara bekas lipatan, lalu lipat di sepanjang ujung lipatan puncak bintang.
  2. Moms dan Dads juga bisa mendapatkan bintang berbentuk berbeda dengan metode ini, caranya adalah dengan membuat perubahan pada potongan di bagian akhir. Moms bisa membuat origami bintang menjadi lebih runcing dengan melipatnya kembali dan memotongnya pada sudut yang lebih tajam atau membuat bentuk bintang lebih besar dengan memotong pada sudut yang tidak terlalu miring.

Baca Juga: Tips Memilih Mainan Edukasi untuk Balita 0-3 Tahun

Cara Membuat Origami Bintang Runcing

Origami bintang runcing

Foto: homemade-gifts-made-easy.com

Membuat origami bintang runcing cukup mudah. Origami ini sangat cocok untuk dijadikan dekorasi rumah atau hiasan pohon natal.

Moms dan Dads bersama Si Kecil bisa membuat origami bintang runcing dari kertas origami berwarna, majalah, memo dan kertas apapun yang ada di rumah.

Sebelum membuat origami bintang runcing, Moms perlu membuat bentuk kertasnya menjadi pentagon (segi lima), atau menggunakan hasil origami bintang sederhana sebelumnya.

Bahan dan Alat:

  • Gunting
  • Kertas origami segi lima.

Langkah 1:

  • Lipat kertas yang berbentuk segi lima menjadi dua melalui setiap titiknya dan buka kembali, sehingga terbentuk beberapa lipatan.
  • Lipat tepi bawah sehingga sudutnya bertemu dengan lipatan yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Buka lipatannya lagi, lalu buat lipatan yang sama untuk semua sisi segi lima yang lain, sehingga terbentuk sekumpulan lipatan.

Langkah 2:

  • Lipat tepi kiri di sepanjang salah satu lipatan yang Moms buat. Kemudian lipat tepi bawahnya, sekaligus tarik sudut segi lima ke kiri seperti ini. Remas lipatannya hingga rata.
  • Buka lipatan. Putar pentagon 1/5 putaran sehingga sisi selanjutnya berada paling bawah, kemudian ulangi lipatan. Lakukan hal yang sama untuk semua sisi segi lima lainnya. Setelah selesai, Moms akan memiliki rangkaian lipatan baru.

Langkah 3:

  • Mulailah dengan kertas yang tidak terlipat, cubit semua sudutnya dan tekan ke tengah. Dengan sedikit “memijat” kertas akan berbentuk bintang secara alami.

Langkah 4:

  • Putar balik bentuk bintangnya, lalu lipat tepi kanan ke garis tengah.
  • Lipat searah jarum jam, dan lakukan hal yang sama untuk semua sisinya.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Origami Kupu-kupu, Baik untuk Melatih Motorik Anak

Manfaat Mencari Tahu Cara Membuat Origami Bintang

Manfaat origami

Foto: freepik.com

Nah, Moms sudah tahu ragam cara membuat origami bintang. Tahukah Moms kalau dengan membuat origami ternyata bermanfaat untuk Si Kecil?

Origami sangat populer di kalangan anak-anak Jepang selama bertahun-tahun. Selain di Jepang, origami juga populer di berbagai belahan dunia.

Origami tidak hanya menyenangkan tetapi juga dapat memberikan berbagai manfaat, terutama bagi perkembangan anak.

Penggunaan tangan secara langsung merangsang area otak. Origami juga telah digunakan dalam berbagai terapi, termasuk terapi seni dan dalam rehabilitasi stroke dan cedera.

Adapun beberapa manfaat membuat origami seperti origami bintang, antara lain:

1. Meningkatkan Keterampilan Matematika

Banyak aspek matematika dalam seni origami. Di antaranya adalah:

  • Simetri (kebanyakan pola origami membutuhkan kerja simetris)
  • Pengukuran, Pecahan & Proporsi
  • Geometri
  • Pemahaman tiga dimensi
  • Pengurutan
  • Penyelesaian masalah

2. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Origami sering digunakan sebagai alat terapi. Dalam proses cara membuat origami bintang menuntut orang untuk belajar bersabar, meluangkan waktu dan jika perlu mencoba lagi. Hal ini tentu baik untuk pembelajaran kooperatif.

Anak-anak belajar untuk bekerja sama dan saling mendukung.

3. Sebagai Terapi

Dalam penelitian di India, origami dapat menghilangkan rasa kecemasan dan stres akibat dirawat di rumah sakit.

Selain itu, dengan melakukan cara membuat origami bintang juga dapat mengembangkan fungsi kognitif anak-anak yang dirawat di rumah sakit dengan mempelajari warna, angka, ukuran dan bentuk.

Baca Juga: 9 Mainan Edukasi Anak 7 Tahun dan Manfaatnya

4. Bermanfaat Untuk Kesehatan Otak dan Pikiran

Dalam Neurological Science Journal, salah satu keunggulan origami yaitu tidak banyak peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kesenian kertas ini. Dalam membuat origami, indera primer digunakan untuk membuat otak lebih aktif.

Origami dapat meningkatkan fungsi kognitif pada manusia, terkait dengan koordinasi yang dilakukan oleh tangan, mata dan otak. Manfaat koordinasi mata tangan sangat penting karena hal ini dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

5. Meningkatkan Pemahaman Geometri

Menurut Pusat Statistik Pendidikan Nasional tahun 2003, geometri adalah salah satu bidang kelemahan di kalangan siswa Amerika.

Origami ditemukan membantu memperkuat pemahaman tentang konsep, rumus, dan label geometris, membuatnya menjadi hidup. Termasuk dengan cara membuat origami bintang.

6. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Manfaat membuat origami juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan pemecahan masalah. Origami telah terbukti meningkatkan keterampilan visualisasi spasial menggunakan pembelajaran langsung.

Keterampilan semacam ini memungkinkan anak-anak untuk memahami, mencirikan, dan membangun bahasa mereka sendiri untuk dunia di sekitar mereka.

7. Mampu Menyelesaikan Konsep Pecahan

Origami dapat menunjukkan pecahan dengan cara yang lebih menyenangkan. Origami dapat digunakan untuk mengilustrasikan konsep 1½ , ⅓, atau ¼ dengan melipat kertas.

Tindakan melipat kertas menjadi dua dan dua lagi dan seterusnya juga dapat digunakan untuk mendemonstrasikan konsep tak terhingga.

Membuat origami tidak hanya bermanfaat untuk Si Kecil, tetapi juga ikut merangsang otak Moms dan Dads. Yuk, melipat bersama dan lakukan cara membuat origami bintang yang tadi sudah dijelaskan!

Apakah Si Kecil punya bentuk origami favoritnya?

  • https://www.imedpub.com/articles/application-of-expressive-origami-therapy-for-children.pdf
  • http://repository-tnmgrmu.ac.in/10071/1/300213717christy_susan_mathew.pdf
  • https://www.homemade-gifts-made-easy.com/5-pointed-origami-star.html
  • https://www.redtedart.com/educational-benefits-of-origami/
  • https://www.thesprucecrafts.com/easy-origami-star-tutorial-4115083
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait