Kesehatan

28 November 2019

7 Langkah Mencegah Diabetes, Jangan Sampat Terlambat!

Jangan abaikan diabetes, ikuti langkah berikut untuk cegah penyakit ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Diabetes merupakan penyakit yang bermasalah dengan gula darah. Orang yang menderita diabetes biasanya memiliki gula darah yang terlalu tinggi di atas rata-rata, hal ini terjadi karena berbagai faktor.

Jenis diabetes sendiri ada banyak macamnya, namun yang paling umum adalah diabetes tipe 2.

Orang yang menderita diabetes dapat menyebabkan banyak masalah, salah satunya meningkatkan risiko penyakit jantung, kebutaan,hingga amputasi. Meskipun begitu, diabetes tipe 2 ini dapat dicegah dengan langkah-langkah yang tepat.

Cara Mencegah Diabetes

Ingin tahu bagaimana mencegah diabetes? Ikuti langkah-langkah berikut Moms.

1. Jaga Berat Badan

mencegah diabetes (2).jpg

Orang yang obesitas memiliki risiko tinggi terkena diabetes. Maka dari itu, untuk mencegah diabetes Moms perlu mengurangi berat badan.

Ada banyak pilihan sehat untuk menurunkan berat badan, termasuk diet rendah karbohidrat, ketogenik, mayo, dan vegetarian.

Penderita diabetes yang menjalani diet kadar insulinnya cenderung akan menurun dan gula darahnya lebih stabil. Di samping diet, mengatur pola makan dan makan secara teratur juga dapat menjaga berat badan.

2. Olahraga Secara Teratur

mencegah diabetes (3).jpg

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mencegah diabetes. Para ahli merekomendasikan bahwa orang yang berisiko terkena diabetes tipe 2 harus berolahraga setiap minggu dengan intensitas sedang selama 150 menit atau dengan kata lain selama 30 menit dalam 5x seminggu.

Banyak jenis aktivitas fisik yang terbukti mengurangi kadar insulin dan gula darah pada orang dewasa yang kelebihan berat badan, obesitas, dan pradiabetes. Ini termasuk latihan aerobik, latihan interval intensitas tinggi dan latihan kekuatan.

“Diet dan olahraga dapat mencegah diabetes tipe 2. Anda kemungkinan besar akan berhasil menurunkan berat badan, jika Anda dapat menemukan beberapa aktivitas fisik yang Anda sukai dan dapat Anda lakukan setiap hari,” ungkap Barbara Linder, seorang ahli diabetes seperti dikutip dari News in Health.

Baca Juga: 4 Jenis Diabetes yang Perlu Moms Ketahui

3. Makanlah Makanan yang Seimbang dan Sehat

mencegah diabetes (7).jpg

Kurangi jumlah lemak setiap makan, terutama lemak jenuh dan lemak trans. Makan lebih banyak buah, sayuran, dan makanan berserat tinggi serta kurangi garam.

Jika kita meminimalkan asupan karbohidrat, kadar gula darah tidak akan naik banyak setelah makan. Karena itu, tubuh kita membutuhkan lebih sedikit insulin untuk menjaga kadar gula darah dalam tingkat yang sehat. Terlebih lagi, diet rendah karbohidrat atau diet ketogenik juga dapat mengurangi gula darah puasa.

Dalam sebuah penelitian terhadap pria gemuk dengan prediabetes yang mengikuti diet ketogenik, gula darah rata-rata menurun dari 118 menjadi 92 mg / dl, yang berada dalam kisaran normal. Penderita juga kehilangan berat badan dan meningkatkan beberapa penanda kesehatan lainnya.

4. Kurangi Junk Food dan Makanan Olahan

mencegah diabetes (4).jpg

Satu langkah jelas yang bisa mencegah diabetes adalah mengurangi konsumsi junk food atau makanan olahan.

Seperti dijelaskan pada penelitian Food Security Research Center, mengonsumsi makanan kemasan dan tinggi lemak akan meningkatkan risiko diabetes sebanyak 30%.

Baca Juga: Kenali 7 Tanda Diabetes, Jangan Sampai Telat Ditangani!

5. Batasi Asupan Alkohol

mencegah diabetes (5).jpg

Terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan berat badan dan dapat meningkatkan tekanan darah serta kadar trigliserida.

Pria seharusnya tidak minum alkohol lebih dari dua gelas sehari dan wanita seharusnya tidak lebih dari satu gelas.

6. Berhenti Merokok

mencegah diabetes (6).jpg

Merokok telah terbukti menyebabkan banyak kondisi kesehatan yang serius, termasuk diabetes.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Lausanne, Swiss, merokok ditemukan meningkatkan risiko diabetes sebesar 61% pada orang yang merokok lebih dari 20 batang setiap hari.

Para peneliti menyatakan bahwa meskipun banyak dari pria tersebut mengalami kenaikan berat badan setelah berhenti, setelah beberapa tahun bebas asap rokok, risiko diabetes mereka lebih rendah daripada jika mereka terus merokok.

Baca Juga: Hamil dengan Diabetes, Ini 4 Mitos dan Faktanya

7. Kontrol Tekanan Darah

mencegah diabetes (1).jpg

Kebanyakan orang dapat melakukan ini dengan olahraga teratur, diet seimbang, dan dengan menjaga berat badan yang sehat.

Namun, dalam beberapa kasus, Moms mungkin perlu obat yang diresepkan oleh dokter jika ingin mengontrol tekanan darah.

Dengan mengikuti langkah-langkah mencegah diabetes di atas, penderita memiliki kemungkinan lebih besar untuk sembuh, dan juga dapat meminimalisir seseorang untuk tidak terkena diabetes. Ikuti gaya hidup sehat ini, dan dapatkan tubuh yang sehat bebas dari penyakit!

(DH)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait