Bayi

19 Maret 2020

3 Cara Cepat Atasi Hidung Bayi Tersumbat, Simak Yuk!

Dengan mengatasi hidung tersumbat pada bayi, kualitas tidurnya pun akan lebih baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat hidung tersumbat, bayi rentan menjadi rewel karena merasa tidak nyaman.

Hal ini juga dapat mengganggu kualitas tidurnya dan akan semakin sulit untuk ditenangkan jika tidak segera mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Cara Mengatasi Hidung Bayi Tersumbat

Untuk memastikan bayi dapat kembali bernapas lega dan terbebas dari hidung tersumbat, Moms bisa melakukan beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi berikut ini.

1. Larutan Saline

1 Larutan Saline.jpg

Foto: grabrightnews.com

Sebagian besar bayi belum dapat mendenguskan hidungnya sendiri guna mengeluarkan ingus yang menyumbat hidung.

Untuk membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan memudahkan bayi mengeluarkan ingusnya, Moms dapat mengencerkan ingusnya dengan bantuan larutan saline.

Larutan saline ini dapat Moms temui dengan mudah di apotik dan mengaplikasikannya pada hidung bayi sekitar satu hingga dua tetes pada tiap lubang hidung bayi.

Namun larutan saline juga sebenarnya dapat dibuat sendiri di rumah, Moms.

“Campurkan seperempat sendok teh garam dan 8 ounces (kurang lebih 236,5 cc) air kemasan,” ungkap juru bicara American Academy of Pediatrics dan pendiri Calabasas Pediatrics di California, Tanya Altmann, MD, seperti dikutip dari thebump.com.

Penggunaan air yang belum matang atau tidak terjamin kebersihannya saat membuat larutan saline, rentan menyebabkan infeksi, terutama pada bayi yang baru berusia beberapa bulan.

Setelah larutan saline buatan Moms sendiri di rumah telah siap, aplikasikan dengan cara yang sama, yaitu: satu hingga dua tetes pada tiap lubang hidung bayi.

Baca Juga: Begini 3 Langkah Membersihkan Hidung Bayi yang Aman Menurut Dokter Anak

2. Air Susu Ibu (ASI)

2 Air Susu Ibu (ASI).jpg

Foto: usatoday.com

Selain membuat larutan garam sendiri untuk membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi, ada cara alami dan lebih praktis lainnya yang bisa Moms aplikasikan pada hidung bayi, yaitu ASI.

“ASI mengandung sifat anti infeksi dan anti inflamasi yang tinggi, jadi mengapa tidak menggunakan cairan yang menakjubkan ini untuk hidung bayi? Karena ini sangat fantastis,” ungkap Leeder yang bekerja di Jack Newman’s International Breastfeeding Centre, Toronto, seperti dikutip dari todaysparent.com.

Tidak seperti garam, bayi juga lebih mengenali aroma dan rasa ASI. Sehingga mungkin akan lebih mudah bagi Moms meneteskannya pada hidung bayi, tanpa membuat bayi merasa khawatir dengan apa yang akan Moms lakukan padanya.

Untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, Moms bisa meneteskan satu hingga dua tetes ASI pada tiap hidung bayi untuk meringankan sumbatan di hidung bayi.

“Biarkan bayi mengendusnya, lalu biarkan bayi melakukan tummy time. Saat bayi mengangkat kepalanya, itu (ingus) akan mengalir keluar,” ungkap Dr. Tanya.

Cara lain agar ingus bayi terkuras keluar adalah dengan memposisikan bayi tegak, baik dengan Moms gendong atau membuat bayi dalam posisi duduk.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rhinitis Kehamilan yang Jadi Penyebab Hidung Tersumbat saat Hamil

3. Aspirator

3 Aspirator.jpg

Foto: momlovesbest.com

“Cara terbaik menghilangkannya (sumbatan ingus) adalah dengan alat hisap seperti aspirator hidung atau Swedish snot sucker,” ungkap Dokter anak, Amy Sniderman, MD, seperti dikutip dari health.clevelandclinic.org.

Bukan untuk mengencerkan hidung tersumbat, aspirator merupakan alat untuk menyedot sisa ingus yang masih ada di dalam hidung bayi.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini akan lebih maksimal jika Moms mengencerkan hidung bayi terlebih dahulu dengan menggunakan ASI atau larutan saline.

Salah satu aspirator hidung yang dapat Moms gunakan adalah yang berbentuk bulatan disertai corong.

Jika alat ini yang Moms gunakan, pastikan untuk menggantinya setiap bulan, karena bentuknya yang sulit untuk dibersihkan, dapat menjadi sarang kuman.

Itulah beberapa cara cepat mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Dengan segera mengatasi hidung tersumbat pada bayi, maka bayi akan lebih mudah bernapas dan tidak mengganggu kualitas tidurnya.

Baca Juga: Mengenal Rhinitis Alergi, Peradangan di Rongga Hidung Akibat Alergi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait