Scroll untuk melanjutkan membaca

BAYI
10 April 2020

Hidung Bayi Tersumbat? Lakukan Ini, Moms

Tepukan di punggung pun dapat membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Hidung Bayi Tersumbat? Lakukan Ini, Moms

Hidung tersumbat pada bayi bisa terjadi karena beberapa alasan, salah satunya jika bayi sedang mengalami flu. Bahkan saluran pernapasan bayi baru lahir yang masih sangat kecil pun juga dapat memudahkan hidung bayi tersumbat.

Terutama jika ada sedikit saja lendir yang berasal dari iritasi karena udara atau gumoh ASI yang tidak sengaja masuk ke hidung, dapat menyebabkan hidung bayi tersumbat.

Kondisi hidung tersumbat tentulah tidak mudah bagi bayi, karena akan membuat mereka menjadi sesak.

“Jika pada bayi yang berusia beberapa bulan sudah dapat bernapas melalui mulut saat mengalami sesak, tidak bagi bayi di bawah tiga bulan yang perlu perjuangan untuk bernapas saat sesak,” ungkap pendidik keperawatan di Departemen Darurat, Rumah Sakit Anak Eastern Ontario, Debby Voskamp, seperti dikutip dari todaysparent.com.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Berikut ini beberapa cara yang dapat membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

1. Cairan Saline Untuk Hidung

1 Cairan Saline Untuk Hidung.jpg

Foto: 1 Cairan Saline Untuk Hidung.jpg

Foto: Brytny.com – Unsplash.com

Menggunakan cairan saline khusus hidung (nasal saline) merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Cairan ini dapat dibeli di apotik dan sangat mudah diaplikasikan pada bayi.

Caranya, baringkan bayi dan berikan beberapa tetes cairan saline pada masing-masing lubang hidung bayi yang tersumbat.

Lalu bantu bayi ke posisi duduk untuk memudahkan lendir hidung turun setelah penyumbatan berkurang. Kadang, lendir hidung bisa jadi mengeras yang menyebabkan penyumbatan.

Untuk itu, pastikan Moms mencoba membersihkannya terlebih dahulu sebelum meneteskan cairan saline agar hasilnya lebih maksimal.

2. Nasal Aspirator

2 Nasal Aspirator.jpg

Foto: 2 Nasal Aspirator.jpg

Foto: captainmums.com

Jika cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang menggunakan nasal saline belum berhasil, lanjutkan dengan menggunakan nasal aspirator yang dapat menyedot sisa lendir hidung.

Alat ini bekerja lebih baik pada bayi di bawah enam bulan. Karena pada bayi yang berusia di atas enam bulan sudah merasa tidak nyaman dan menjadi rewel saat penyedotan dilakukan. Nationwide Children’s merekomendasikan untuk melakukan penghisapan lendir bayi sebelum makan.

Cara ini akan membantu bayi untuk lebih mudah makan. Kombinasi cairan saline dan penghisapan yang dilakukan usai makan rentan membuat bayi muntah.

Baca Juga: 5 Cara Meredakan Hidung Tersumbat pada Bayi, Mudah!

3. Pasang Humidifier

3 Pasang Humidifier.jpg

Foto: 3 Pasang Humidifier.jpg

Foto: PublicDomainPictures – Pixabay.com

Membuat ruangan bagai di tempat sauna merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Moms bisa memasangkan humidifier untuk membantu membuat ruangan jadi lembap atau buat ruang sauna sendiri di kamar mandi.

“Panaskan kamar mandi dan dudukkan bayi di pangkuan Anda atau menyusuinya dalam ruangan tersebut selama 20 menit.

Kelembapannya akan meringankan penyumbatan kering dalam hidung agar lebih mengalir,” ungkap juru bicara American Academy of Pediatrics sekaligus pendiri Calabasas Pediatrics, California, Tanya Altmann, MD, seperti dikutip dari thebump.com.

4. Tepukan Punggung

4 Tepukan Punggung.jpg

Foto: 4 Tepukan Punggung.jpg

Foto: senivpetro - freepik.com

Dikutip dari webmd.com, untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, Moms dapat memberikan tepukan lembut di punggungnya.

Posisikan bayi tengkurap di atas paha Moms saat duduk, lalu tepuk punggung bayi secara perlahan menggunakan kepalan tangan Moms.

Cara lain, posisikan bayi duduk di pangkuan Moms dan condongkan badan bayi 30 derajat ke depan untuk memudahkan memberinya tepukan lembut di punggung.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini akan meringankan kelancaran lendir di bagian dada dan membuatnya lebih mudah mengeluarkannya saat batuk.

Baca Juga: 6 Obat Alami Hidung Tersumbat Ini Bisa Jadi Pilihan

5. Minuman Hangat

5 Minuman Hangat.jpg

Foto: 5 Minuman Hangat.jpg

Foto: Rainier Ridao – Unsplash.com

Untuk bayi berusia enam bulan ke atas, Moms dapat memberikannya minuman hangat. Misalnya susu formula, jus apel tanpa pemanis, atau air putih.

Cara ini akan membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan meringankan jalannya lendir yang terhambat di belakang tenggorokan bayi.

Moms hanya cukup memastikan tingkat kehangatannya tepat, agar bayi tidak merasa panas di mulut.

Dengan mengetahui beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini, Moms dapat mengaplikasikannya segera agar Si Kecil dapat kembali bernapas lega.

Copyright © 2023 Orami. All rights reserved.