Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
9 November 2020

Habis Menangis Semalaman? Ini 11 Cara Menghilangkan Mata Sembap

Cukup lakukan beberapa cara mudah ini jika mata jadi sembap sehabis menangis!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Apakah Moms sedang mengalami masa sulit yang membuat sangat sedih. Tak apa untuk meluapkan emosi dengan cara menangis, karena menangis akan memberikan kelegaan sehingga Moms akan merasa beban sedikit terangkat.

Menangis adalah bagian dari hidup dan ini adalah respons emosional yang unik bagi manusia. Bahkan mungkin menangis telah berkembang dan membantu kelangsungan hidup manusia.

Meski begitu, menangis yang terlalu lama bisa menyebabkan mata sembap, seperti mata merah dan bengkak.

Jika Moms harus segera bertemu orang lain dan tidak ingin mata sembap menjadi fokus orang lain, maka ada beberapa cara menghilangkan mata sembap yang bisa dilakukan berikut ini:

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Mata Sembap Habis Menangis

Cara Ampuh Menghilangkan Mata Sembap Habis Menangis

Foto: mylifeaftercoffee.com

Saat Moms menangis, cairan akan berkumpul di kelopak mata dan di sekitar area mata. Mengurangi pembengkakan perlu dilakukan dengan cara mendinginkan dan menjauhkan cairan dari mata. Cara menghilangkan mata sembap habis menangis antara lain:

1. Kompres Dingin

Mengutip artikel dari University of Rochester Medical Center, kompres dingin dapat membantu menghilangkan mata sembap dengan cara mengurangi pembengkakannya.

Cukup ambil kain lap bersih dan basahi dengan air dingin. Duduklah di tempat tidur atau di kursi yang nyaman.

Oleskan waslap basah ke kulit di bawah dan sekitar mata selama beberapa menit, dengan tekanan lembut.

2. Oleskan Irisan Mentimun atau Kantong Teh

Irisan mentimun juga dapat membantu menenangkan mata yang bengkak dan mengurangi pembengkakan, tetapi Moms harus menyiapkan mentimun yang sudah didinginkan.

Untuk melakukannya, cuci mentimun sebelum mengirisnya setipis 1/2 cm. Moms bisa menyimpan sisa mentimun untuk nanti. Biarkan irisan di kelopak mata sampai tidak dingin lagi.

Sementara itu, kantong teh juga bisa berguna berkat kandungan kafein di dalamnya. Mengutip Skin Pharmacology and Physiology sebagian besar jenis teh hitam mengandung kafein, dan ada beberapa bukti yang menyebutkan bahwa kafein ini dapat menembus kulit, meredakan bengkak, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Untuk mencoba metode ini, basahi dua kantong teh, dinginkan selama 20 menit, lalu letakkan di mata selama 15 hingga 30 menit.

3. Pijat Area Mata

Moms juga bisa memijat area mata guna meningkatkan aliran darah, sehingga dapat menghilangkan mata sembap. Untuk melakukannya, ikuti cara berikut ini:

  • Pijat titik-titik tekanan di alis selama beberapa detik sebelum menyapukan jari dari sudut dalam mata ke luar. Ini membantu mengeringkan area yang meradang.
  • Kemudian ketuk sinus menggunakan dua jari di masing-masing tangan, mulai dari kedua sisi hidung dan ke luar. Saat melakukannya, mungkin akan terasa ada cairan bergerak di area ini.
  • Metode ini juga menitikberatkan pada pemindahan cairan, jadi Moms mungkin juga ingin memijat kelenjar getah bening di leher dengan lembut. Lakukan gerakan ke bawah, menjauh dari wajah.
  • Lanjutkan selama sekitar 3 menit, dan ulangi sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 5 Manfaat Memijat Wajah yang Perlu Diketahui

4. Gunakan Roller Mata

Gel pendingin mata yang dioleskan menggunakan bola rol logam juga menjadi cara menghilangkan mata sembap.

Terapkan dengan memegang produk seperti Moms menggunakan pensil mata. Usap bolak-balik di area yang terkena untuk dipijat.

5. Oleskan Krim Wajah atau Serum Dingin

Sekali lagi, mendinginkan area mata dapat membantu mengurangi bengkak dengan menyempitkan pembuluh darah.

Coba dinginkan krim wajah favorit atau produk lain, seperti krim mata, sebelum mengaplikasikannya.

Cara Menghilangkan Mata Sembap saat Bangun Tidur

Cara Menghilangkan Mata Sembap saat Bangun Tidur

Foto: givemesight.org

Faktanya, mata sembap tak hanya terjadi usai menangis. Moms mungkin akan mendapatkan penampilan mata sembap ketika bangun tidur.

Ini terjadi karena kita tidak berkedip saat tertidur sehingga ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa mata bengkak terjadi saat baru bangun tidur. Namun, lingkaran hitam bisa terbentuk di bawah mata karena stres atau kurang tidur.

Berkedip untuk kelopak mata seperti kaki dan berjalan. Saat sedang tidak digunakan, beberapa orang mengalami pembengkakan, namun bisa segera hilang setelah mereka mulai berjalan dan otot di kaki mulai "memerah" cairan yang terperangkap dan kemudian diserap kembali ke sirkulasi. Hal semacam ini bisa terjadi di kelopak mata.

Kelopak mata yang tertutup dan tidak berkedip saat tidur berpotensi membengkak pada orang-orang tertentu yang rentan terhadap masalah ini.

Jadi di pagi hari, Moms bisa bangun dengan mata sembap. Saat Moms mulai bangun dan mulai berkedip, sebagian bengkak secara bertahap akan hilang.

Namun ada beberapa cara menghilangkan mata sembap saat bangun tidur yang juga bisa dilakukan. Berikut beberapa tips dan trik untuk mencoba menghilangkan mata sembap.

6. Tidur Cukup

Mendapatkan tidur malam yang nyenyak secara teratur akan membantu Moms mengurangi mata bengkak.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 7 hingga 9 jam tidur setiap malam. Untuk memastikan cukup tidur, buat rutinitas waktu tidur dan patuhi itu.

Penting untuk diingat bahwa rutinitas waktu tidur dimulai jauh sebelum berbaring.

Untuk mendapatkan istirahat malam yang nyenyak, Mayo Clinic menyarankan agar Moms melakukan beberapa hal seperti:

  • Patuhi jadwal tidur.
  • Berhenti minum kafein setidaknya 6 jam sebelum tidur.
  • Berhenti minum alkohol menjelang waktu tidur.
  • Selesaikan makan malam sekitar 3 jam sebelum tidur.
  • Selesaikan latihan beberapa jam sebelum tidur.
  • Matikan alat elektronik 1 hingga 2 jam sebelum waktu tidur.

7. Sangga Kepala saat Tidur

Tidur dengan beberapa bantal di bawah kepala mampu menghindarkan cairan mengendap di sekitar mata.

Jika Moms tidak dapat tidur miring di atas bantal atau tumpukan bantal, coba angkat kepala tempat tidur sedikit untuk efek yang sama.

Untuk melakukan ini, letakkan setumpuk buku atau benda lain di bawah sisi kasur tempat Moms mengistirahatkan kepala.

Bila Moms melihat perbedaan dalam seberapa sering atau parah mata mengembang, pertimbangkan solusi yang lebih stabil, seperti bed riser.

Baca Juga: 7 Penyebab Anak Susah Tidur di Malam Hari, Jangan Dianggap Sepele!

8. Obati Alergi

Bicarakan dengan dokter jika Moms memiliki alergi sepanjang tahun atau musiman.

Alergi dapat menyebabkan mata memerah dan membengkak. Ini kemudian akan mendorong Moms jadi lebih sering menggosok mata, sehingga mata semakin membengkak.

Dokter mungkin dapat membantu membuat rencana perawatan untuk meringankan gejala seperti misalnya memberikan obat tetes mata dan obat bebas atau resep.

9. Minum Air yang Cukup

Mata sembap juga bisa jadi akibat dehidrasi. Pastikan Moms minum banyak air setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit. Aturan umumnya adalah minum delapan gelas 8 air setiap hari.

Pertimbangkan untuk menyetel pengingat setiap jam di ponsel. Moms juga dapat menggunakan botol air isi ulang dengan tanda waktu tertentu untuk membantu minum cukup air sepanjang hari.

10. Batasi Asupan Garam

Makan terlalu banyak garam dapat menyebabkan retensi cairan tambahan di tubuh.

Itu juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti risiko lebih besar dari masalah jantung dan stroke.

Menurut U.S. Food and Drug Administration (FDA), nilai natrium harian saat ini adalah 2.300 miligram (mg). Namun, American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi natrium hingga 1.500 mg per hari.

Lebih dari 70 persen natrium yang ditemukan dalam makanan berasal dari makanan olahan atau restoran.

Untuk mengurangi asupan garam, hindari daging yang diawetkan, keju, roti, dan makanan olahan lainnya.

Makanan kemasan seperti sup instan dan mie instan sering kali mengandung natrium tinggi.

Membaca label dapat membantu mengidentifikasi jumlah garam yang berlebihan. Sebaliknya, makan lebih banyak makanan utuh seperti sayuran dan buah-buahan segar.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Eye Cream untuk Menghilangkan Mata Panda

11. Konsumsi Lebih Banyak Kalium

Kalium dapat membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh, jadi Moms mungkin perlu meningkatkan asupan kalium.

Moms dapat melakukannya dengan menambahkan pisang, kacang-kacangan, yogurt, dan sayuran hijau ke dalam menu makanan.

Itulah beberapa cara menghilangkan mata sembap entah akibat menangis atau karena alasan lainnya.

Namun, jika beberapa cara di atas tidak berhasil, mungkin Moms perlu mendiskusikannya dengan dokter untuk mendapatkan perawatan tepat.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait