Home & Living

2 Maret 2021

Sebelum Memelihara, Ketahui 18 Cara Merawat Kelinci dengan Baik

Kelinci memang sangat lucu dan relatif mudah dibiakkan, apakah merawatnya sulit?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Adeline Wahyu

Selain kucing dan anjing, kelinci juga menjadi salah satu hewan peliharaan yang populer.

Meskipun terlihat mudah, namun kelinci juga membutuhkan perawatan agar sehat dan panjang umur.

Buat Moms dan Dads yang ingin memelihara hewan menggemaskan satu ini, simak dulu yuk tips cara merawat kelinci berikut ini!

Cara Merawat Kelinci

Kelinci adalah hewan yang cukup sensitif

Foto: Unsplash.com

Bagi sebagian orang, memelihara hewan di rumah merupakan hobi yang bermanfaat.

Menurut hasil penelitian yang dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwaqa memiliki hewan peliharaan dapat meningkatkan kesehatan, menurunkan stres, dan membawa kebahagiaan bagi pemiliknya.

Beberapa manfaat kesehatan karena memiliki hewan peliharaan diantaranya adalah menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan kadar trigliserida atau lemak darah.

Banyak hewan yang bisa dijadikan hewan peliharaan seperti burung, ikan, kucing, anjing hingga hewan reptil seperti ular dan lain sebagainya.

Salah satu hewan yang juga populer untuk dijadikan hewan peliharaan adalah kelinci.

Banyak orang yang memilih kelinci untuk dijadikan hewan peliharaan karena lucu dan menggemaskan.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara merawat kelinci dengan baik dan benar agar kelinci sehat dan berumur panjang.

Sebelum memutuskan untuk mengadopsi kelinci di rumah, ada beberapa cara merawat kelinci yang harus dipertimbangkan seperti dikutip dari laman House of Rabbit Society, seperti memutuskan siapa yang akan menjadi pengasuh utama kelinci, komitmen hingga 10 tahun untuk kelinci, hingga siap atau tidaknya memberikan perawatan dan menjamin kesehatan kelinci.

Jika Moms dan Dads ingin memelihara si gemas berbulu halus ini di rumah, berikut ini beberapa tips cara merawat kelinci yang baik dan benar.

Baca Juga: 4 Kebaikan Memelihara Binatang Peliharaan Untuk Kesehatan Mental Anak

1. Menjaga Kebersihan Kandang

Sama seperti manusia yang perlu lingkungan bersih, salah satu cara merawat kelinci yang penting adalah memastikan kebersihan kandang kelinci secara berkala.

Penelitian menyatakan bahwa kelinci yang dipelihara di kandang yang tidak memadai, tidak dirawat dengan baik, dan tidak diberi pakan yang sesuai membuat kelinci mengalami penurunan harapan hidup.

Jika Moms dan Dads menginginkan kelinci yang sehat, maka pastikan untuk membersihkan kandang kelinci setidaknya seminggu sekali serta bersihkan jerami dari kotoran kelinci setiap hari.

2. Menyediakan Makanan yang Bergizi

Di habitat aslinya, kelinci memakan rerumputan, sayuran, dan juga biji-bijian.

Jika memelihara kelinci di rumah, dalam cara merawat kelinci yang benar, ada beberapa jenis makanan yang bisa Moms dan Dads variasikan agar kelinci tidak mudah bosan dengan makanannya tetapi juga mendapatkan manfaat gizinya.

Contoh makanan yang baik untuk kelinci adalah pelet khusus kelinci, sayuran dengan daun hijau, dan beberapa jenis buah-buahan.

3. Menyediakan Air Bersih Untuk Minum

Semua makhluk hidup tentu perlu minum air untuk menjaga kelangsungan hidupnya, begitu juga dengan kelinci.

Cara merawat kelinci yang juga tidak kalah penting adalah memastikan persediaan air minum yang bersih dan mengganti air minumnya setiap hari.

Bersihkan juga wadah air secara berkala agar mencegah bakteri berkembang biak yang dapat membahayakan kesehatan kelinci.

4. Sterilisasi

Tidak hanya kucing dan anjing saja yang perlu untuk disteril, sterilisasi memiliki manfaat yang sama untuk kelinci.

Cara merawat kelinci ini adalah salah pertimbangan penting, karena sterilisasi pada kelinci dapat mencegah kanker ganas yang sering menyerang kelinci yaitu Uterine Adenocarcinoma.

Kanker ini menyerang kurang lebih sebanyak 80% kelinci betina yang belum di steril.

Jenis kanker ini dapat menyebar dengan cepat ke organ tubuh lain sehingga menyebabkan kematian. Kelinci sudah bisa di steril pada usia 4 - 6 bulan.

Baca Juga: Ketahui Ciri Fisik, Harga, dan Cara Merawat Kucing Anggora

Cara Merawat Anakan Kelinci

Anakan kelinci memiliki cara perawatan khusus

Foto: Unsplash.com

Jika Moms dan Dads memiliki kelinci yang baru melahirkan dan ingin merawat anakan kelincinya, ada beberapa cara merawat anakan kelinci yang harus diperhatikan seperti dikutip dari Raising-Rabbits.com berikut ini:

5. Asupan Makan dan Minum Induk

Cara merawat anakan kelinci yang berusia 0-2 bulan sebetulnya tidak membutuhkan perawatan yang ekstra dari manusia, apalagi jika ada induknya.

Pastikan saja induk kelinci mendapatkan asupan makanan dan minum yang cukup.

Lalu jangan biarkan tempat makannya kosong karena induk kelinci membutuhkan asupan energi dari makanan dan air untuk memberi makan semua bayi kelincinya.

6. Periksa Kelinci Setiap Hari

Periksa kondisi kelinci Moms dan Dads di rumah setiap hari berguna untuk mengetahui kondisi kelinci setiap hari, dari mulai kondisi pakannya, kesehatan, dan lain-lain.

Untuk cara merawat anakan kelinci, pastikan kondisi kandang tetap hangat agar kelinci tidak kedinginan karena hewan satu ini cukup rentan terhadap cuaca dingin.

7. Menjaga Kebersihan Sarang

Tidak seperti kucing atau anjing, kelinci membutuhkan sarang yang terbuat dari rumput atau jerami. Anakan kelinci yang masih belum tumbuh bulu tentu harus diberikan perhatian ekstra untuk menjaga tubuhnya agar tetap hangat.

Namun sarang kelinci ini rentan kotor akibat kotoran dari induk bayi kelinci, untuk itu sarang kelinci harus dibersihkan setiap hari agar bakteri dari kotoran induk kelinci tidak menumpuk dan masuk ke dalam tubuh anakan kelinci.

8. Cek Berkala Kondisi Tubuhnya

Cara merawat anakan kelinci selanjutnya adalah biasakan untuk mengecek kondisi tubuh bayi kelinci setiap hari.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah apakah anakan kelinci sudah minum susu induknya atau makan. Hal ini juga berguna untuk membiasakan anakan kelinci kontak dengan manusia.

Baca Juga: 6 Artis yang Hobi Pelihara Binatang, Mulai dari Kucing Hingga Harimau!

Tips di atas adalah beberapa cara merawat anakan kelinci jika ada induknya. Tetapi jika Moms dan Dads menemukan anakan kelinci tanpa induk dan ingin merawatnya di rumah, beberapa tips cara merawat anakan kelinci ini mungkin bisa membantu.

9. Siapkan Kotak Sarang

Sebagai awal, cara merawat anakan kelinci yang tidak memiliki induk adalah siapkan kotak sarang.

Bisanya kotak sarang dibuat oleh induknya, berfungsi untuk menjaga anakan kelinci tetap hangat. Jika tidak berinduk, kotak sarang bisa dibuat oleh manusia dengan menggunakan tumpukan rumput atau jerami.

10. Kenalkan Pada Makanan

Anakan kelinci sudah bisa mulai mengunyah makanan dalam bentuk pelet sejak berusia 2 minggu setelah dilahirkan.

Jika berinduk, anakan kelinci akan menyusu pada induknya selama 8 minggu dan mengurangi intensitasnya secara perlahan.

Jangan berikan makanan hijau pada anakan kelinci karena dapat menimbulkan masalah pencernaan.

11. Jangan Memberi Makan Terlalu Banyak

Meskipun anakan kelinci sudah bisa makan sendiri pada usia 2 minggu setelah kelahiran, namun Moms dan Dads perlu memperhatikan jumlah makanannya.

Sebab, anakan kelinci yang makan terlalu banyak dapat menyebabkan kelinci sakit bahkan berujung kematian. Adapun anjuran pemberian makan pada anak kelinci yaitu:

  • Usia 0-1 minggu: 2-2.5 cc/ml (2 kali sehari)
  • Usia 1-2 minggu: 5-7 cc/ml (2 kali sehari)
  • Usia 2-3 minggu: 7-13 cc/ml (2 kali sehari)
  • Usia 3-6 minggu: 13-15 cc/ml (2 kali sehari)

12. Rangsang Kelinci Untuk Buang Air

Induk kelinci biasanya melakukan jilatan pada anak kelinci yang bertujuan untuk merangsang anakan kelinci agar buang air.

Jika tidak berinduk, maka tugas Moms dan Dads adalah merangsang anakan kelinci untuk buang air kecil dan besar dengan cara mengelus lembut alat kelamin kelinci dan juga area dubur dengan menggunakan kain lap bersih, kapas, atau cotton bud yang dicelup ke air hangat (kurang lebih 40°C).

13. Biarkan Kelinci Bermain Di Luar

Ketika anakan kelinci sudah mulai bisa berjalan, keluarkan anakan kelinci dari dalam kandang untuk membiarkannya bermain di luar agar tidak stress, menjaga kelinci agar tetap sehat, dan agar tumbuh kembangnya dengan baik.

Tapi pastikan Moms dan Dads tetap mengawasi, supaya kelinci tetap aman dari pemangsa dan bahaya lainnya.

Baca Juga: Manfaat Sehat Memiliki Hewan Peliharaan

Cara Merawat Kelinci Agar Cepat Besar

Merawat kelinci agar cepat besar

Foto: Unsplash.com

Kelinci merupakan hewan mamalia terpopuler ketiga untuk dipelihara setelah kucing dan anjing. Bentuknya yang lucu dan menggemaskan membuat anak-anak maupun orang dewasa senang untuk bermain dengan kelinci.

Cara merawat kelinci agar cepat besar adalah dengan memberinya makanan yang bergizi dan cocok untuk kelinci.

Jika Moms dan Dads ingin mengatahui cara merawat kelinci agar cepat besar, sehat dan gemuk, ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat kelinci cepat besar, yaitu:

14. Rumput Hijau atau Rumput Kering

Di habitat aslinya, kelinci memakan rumput sebagai makanan pokoknya.

Jika ingin memeliharanya di rumah, banyak jenis rumput yang bisa diberikan untuk kelinci seperti rumput teki, rumput gajah, dan lain sebagainya.

Cara merawat kelinci agar cepat besar juga bisa dengan memberikan hay, yaitu jerami atau rumput yang telah dikeringkan.

15. Sayuran

Selain bermanfaat untuk manusia, nutrisi penting pada sayuran juga bermanfaat untuk membuat kelinci cepat besar.

Beberapa jenis sayuran yang bisa diberikan untuk kelinci di rumah adalah wortel, kubis, kangkung, selada, brokoli, dan lain-lain.

Jika memungkinkan, pilih sayur yang bebas pestisida, namun jika tidak, Moms dan Dads cukup mencuci sayur dengan air yang dicampur baking soda untuk menghilangkan residu pestisida. Setelah dicuci, bilas kembali dengan air bersih.

16. Buah-Buahan

Cara merawat kelinci agar cepat besar selanjutnya adalah dengan memberi makan buah-buahan.

Buah-buahan kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan kelinci.

Buah yang paling bagus diberikan untuk kelinci adalah buah yang mengandung banyak serat, seperti pepaya, anggur, pisang, pir, stroberi, dan lain sebagainya.

Moms dan Dads juga bisa memberikan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka.

17. Biji-bijian

Selain rumput, kelinci juga memakan biji-bijian di habitat aslinya.

Agar kelinci cepat besar, beri makan biji-bijian yang mengandung nutrisi yang bagus untuk kelinci seperti biji bunga matahari, padi, kacang-kacangan, dan jagung.

18. Pelet Khusus Kelinci

Cara merawat kelinci agar cepat besar selanjutnya adalah dengan memberikan pelet khusus untuk kelinci. Pelet bermanfaat untuk menambah berat badan kelinci dan mencegah kelinci mengalami kerusakan gigi.

Baca Juga: Terapkan 4 Tips Ini Saat Si Kecil Memiliki Binatang Peliharaan

Nah, seperti itulah kira-kira cara merawat kelinci. Ternyata tidak terlalu mudah seperti kelihatannya, ya.

Tentu saja jerih payah ini akan terbayarkan jika melihat si kelinci sehat dan lucu. Tertarik Moms?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait