2-3 tahun

4 Februari 2020

Penting! Ini Cara Merawat Rambut Anak yang Tipis

Catat langkah-langkahnya berikut ini, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Sayangnya, tidak semua anak-anak memiliki rambut yang tebal. Beberapa anak punya rambut tipis. Tetapi, baik itu rambut yang tebal atau tipis perlu dirawat dengan baik.

Mengutip Indian Journal of Dermatology, rambut yang sehat terlihat bersih, lembut, berkilau, tidak kusut, bergoyang ketika menggelengkan kepala. Semua rambut tetap indah, terutama rambut-rambut yang terawat dengan baik.

Baca Juga: 4 Kriteria Sampo Terbaik untuk Bayi, Jangan Salah Pilih!

Merawat Rambut Anak Tipis

Ada beberapa langkah mudah yang bisa Moms lakukan untuk merawat rambut anak yang tipis. Berikut ini perawatan rambut tips Si Kecil.

1. Rutin Melakukan Trimming

rambut anak tipis-potong rambut

Foto: Orami Stock Photos

Kiat penting untuk merawat rambut anak yang tipis dan halus adalah menjaga ujungnya dipangkas secara rutin, atau melakukan trimming. Untuk anak perempuan, potong rambut Si Kecil sebahu atau lebih pendek.

Cara ini akan membuat penampilan rambut anak tampak tebal, juga mencegah dari rambut mudah kusut.

Pertimbangkan melakukan trim setiap 6-8 minggu untuk menjaga rambut lebih sehat dan tampak lebih penuh.

2. Menggunakan Sampo dan Kondisioner

rambut bayi tipis-sampo.jpg

Foto: shampoority.com

Richard Mannah, penata rambut dan direktur artistik internasional di label.m, mengatakan, "Rambut tipis perlu 'berteman' baik dengan sampo, karena rambut bisa terlihat lebih tipis ketika berminyak," dikutip dari Reader's Digest.

Jika Si Kecil memiliki rambut tipis, Moms tidak perlu memakai kondisioner ke seluruh rambut di kepala. Mannah merekomendasikan penggunaan kondisioner hanya pada ujungnya rambut yang cenderung kering.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Keramas untuk Bayi Tanpa Bikin Moms Cemas!

3. Sisir Rambut Agar Tidak Kusut

rambut bayi tipis-sisir-2.jpg

Foto: philipkingsley.co.uk

Masalah lain dengan rambut halus dan tipis pada anak adalah sangat mudah kusut. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan menjaga rambut Si Kecil tidak tidur dengan rambut basah.

Karena itu, sebaiknya usai keramas, keringkan rambut bayi dengan handuk untuk mendapatkan kelembapan yang alami. Lalu, biarkan sekitar 10 menit agar kering sendiri dengan udara.

Jangan mengikat rambut ketika masih basah, karena rambut basah lebih rentan rusak.

Jika rambut anak yang tipis ini sudah kering dengan sempurna, Moms dapat menguncirnya tetapi jangan sampai terlalu kencang.

4. Konsumsi Makanan yang Sehatkan Rambut

rambut anak tipis-makan makanan tinggi protein

Foto: Orami Stock Photos

Protein adalah nutrisi utama untuk menjaga rambut sehat. Tanpa mendapatkan asupan protein yang cukup, tubuh tidak dapat mengganti helaian rambut yang rontok secara alami setiap harinya.

"Direkomendasikan untuk mendapatkan protein dari ayam organik, salmon, dan yogurt Yunani, serta sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian," jelas ahli gizi dan ahli diet terdaftar Brooke Alpert, RD.

Pada studi yang dilakukan oleh International Journal of Trichology, disebutkan bahwa masalah rambut pada anak mungkin disebabkan oleh kekurangan nutrisi penting seperti zat besi dan seng.

Baca Juga: Apakah Bayi Perlu Kondisioner Rambut?

Itu dia Moms, beberapa perawatan rambut anak tipis yang bisa dilakukan pada Si Kecil. Selamat mencoba!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait