Fashion & Beauty

30 April 2021

5 Cara Merawat Wajah Agar Putih, Bye-bye Kulit Kusam!

Siapa sangka salah satunya adalah dengan berolahraga!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Cara merawat wajah agar putih mungkin menjadi hal yang banyak dicari. Terlebih jika Moms baru pulang dari liburan dan membuat wajah menjadi gosong. Pastinya cara merawat wajah agar putih perlu dilakukan agar warna kulit bisa kembali seperti semula.

Bagai kanvas yang siap menerima warna, kulit yang cerah tentunya bisa memberikan tampilan yang sama. Well, memang banyak anjuran untuk mencintai warna kulit apa adanya, namun bukan berarti Moms ‘menelantarkan’ perawatannya hingga terlihat kusam.

Tak bisa dipungkiri bahwa memiliki kulit yang cerah adalah dambaan hampir sebagian besar perempuan. Bagaimana tidak, rasanya menyenangkan melihat diri sendiri memiliki kulit wajah cerah dan sehat. Jadi tak heran cara merawat wajah agar putih menjadi hal yang patut Moms ketahui.

Jangan biarkan wajah jadi kusam Moms, berikut cara merawat wajah agar putih! Namun sebelumnya, yuk simak alasan kulit wajah bisa terlihat kusam dan tidak bercahaya!

Alasan Kulit Wajah Jadi Kusam

cara merawat wajah agar putih

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms, jika epidermis atau lapisan terluar kulit itu memiliki layer yang cukup banyak? Nah, tiap-tiap layer ini akan terus memperbarui diri dengan cara mendorong layer di atasnya. Jika proses ini berjalan lancar, maka lapisan epidermis teratas akan terbuang dan digantikan dengan lapisan baru.

Namun sebaliknya, jika terhambat, maka kulit mati pada lapisan atas akan menumpuk, sementara lapisan di bawahnya terus mendorong ke luar. Akibatnya akan muncul banyak masalah seperti kulit yang terasa kering dan tebal, mengelupas atau tersumbat pori-porinya.

Jika masih terus mengabaikan fakta ini, jangankan kulit yang lebih terlihat putih, namun warna kulit rata saja belum tentu akan dimiliki.

Sebuah studi dengan judul The Role of Moisturizers in Addressing Various Kinds of Dermatitis: A Review menjelaskan bahwa melembapkan kulit dua kali dalam sehar dengan produk yang sesuai bisa membantu kulit agar tidak terlihat kusam.

Nah, jika Moms terus dirundung masalah kecantikan kulit kusam lain dan ingin segera mengatasinya, berikut Orami berikan beberapa langkah yang lebih lengkap. Tapi ingat, kuncinya hanya tiga kata: rutin merawat kulit ya, Moms!

Tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak sekali jenis perawatan kulit wajah. Namun Moms harus fokus dengan melakukan cara merawat wajah agar putih. Jangan sampai terlihat kusam dan malah bikin sebel sendiri Moms.

Wajah yang kusam sendiri bisa disebabkan oleh kulit yang dehidrasi. Jadi berikut beberapa langkah yang bisa Moms lakukan sebagai cara merawat wajah agar putih!

Baca Juga: Perhatikan, Ini 5 Bahan Skincare yang Berbahaya Bagi Kulit Sensitif

Cara Merawat Wajah Agar Putih

cara merawat wajah agar putih

Foto: Orami Photo Stock

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah cara terbaik untuk mendapatkan sel kulit yang terus baru, sehingga bisa terlihat cerah. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Chemical peel

Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Exfoliative Skin-peeling, Benefits from This Procedure and Our Experience, prosedur ini menggunakan acid untuk eksfoliasi kulit adalah metode paling efektif unttuk membasmi kulit mati jika dilakukan secara rutin. Namun jangan salah pilih acid karena sifatnya bisa membakar kulit.

Pilihan terbaik adalah glycolic acid atau lactic acid. Selain itu, meskipun agak sulit ditemui, namun mandelic acid dan trichloroacetic acid juga bisa dijadikan opsi. Meskipun bisa dilakukan di rumah, namun akan lebih aman jika Moms berkonsultasi dengan dermatology terlebih dahulu sebelumnya untuk mengetahui konsentrasi cairan yang dibutuhkan kulit Moms.

Prosedur ini sangat berguna untuk kulit yang mulai mengalami penuaan, bekas jerawat yang tak bisa hilang dan melasma.

Persiapan kulit sebelum mengelupas sangat penting untuk mempersiapkan kulit mengikuti prosedur ini. Tak hanya persiapan, perawatan kulit setelah prosedur juga sangat penting agar perawatannya bisa berhasil.

Kasus yang sama mungkin memiliki komplikasi tetapi menanganinya juga merupakan tantangan bagi dokter kulit.

Baca Juga: Yuk Kenali Fungsi Facial Scrub, Bisa Bikin Kulit Halus!

  • Facial brush

Ini adalah ritual yang belum terlalu banyak dilakukan, karena beberapa perempuan terbiasa mencuci wajah dengan tangan. Namun ternyata dengan menggunakan facial brush, selain wajah bersih, kulit mati juga akan terangkat. Pintar-pintarlah dalam memilih facial brush, pilih yang bulunya halus dan mudah dibersihkan.

  • Facial scrub

Banyak yang menyarankan untuk melakukan scrub secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lebih berseri. Memang, cara ini adalah yang paling umum dan mudah dilakukan.

Jelilah dalam memilih produk yang tepat, jangan mudah tergiur. Dan perhatikan pula butirannya, makin halus butirannya, maka Moms bisa makin sering memakainya. Begitu pula sebaliknya.

Baca Juga: Berikut 5 Tips Perawatan Kulit Wajah Selama Puasa yang Patut Dilakukan

2. Moisturize

cara merawat wajah agar putih

Foto: Orami Photo Stock

Tak cuma memerlukan produk pemutih kulit, kulit yang terlihat putih dan cerah membutuhkan kandungan lain agar terlihat lebih flawless.

  • Retin A

Terbukti bisa meningkatkan ketebalan kulit karena membantu produksi kolagen, Retin A bisa membuat kulit lebih terlihat cerah.

  • Vitamin C

Ini adalah form yang paling umum terdapat dalam produk pemutih. Selain mmepercerah kulit, vitamin C juga mengandung antioksidan untuk memperlambat proses penuaan. Jenis produknya beragam, namun konon bentuk serumlah yang paling efektif karena kandungan vitamin C-nya paling tinggi.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak, Bikin Kulit Bersih!

3. Cuci Muka dengan Rutin

Moms, ketika wajah kusam, jangan lupa untuk mencuci wajah setiap hari, ya! Cucilah wajah sebelum menggunakan make up dan setelah melakukan aktivitas seharian.

Setelah melakukan aktivitas seharian, debu dan kotoran pastinya akan menempel di wajah dan membuatnya jadi kusam. Jadi, mencucui waja bisa menjadi salah satu cara merawat wajah agar putih karena terlihat cerah.

Jangan hanya mencuci dengan menggunakan sabun khusus cuci muka, Moms. Gunakanlah cleanser dan toner untuk membantu menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada wajah jadi lebih maksimal.

Usai membicarakan cara merawat wajah agar putih dari luar, sekarang saatnya cara merawat wajah agar putih dari dalam nih, Moms! Apa saja yang bisa dilakukan? Ini dia!

Baca Juga: Ini 4 Jenis Olahraga yang Tidak Disarankan untuk Penderita Penyakit Jantung

4. Olahraga

Salah satu cara merawat wajah agar putih dan cerah ternyata bisa dilakukan dengan olahraga loh, Moms! Selain punya segudang manfaat untuk kesehatan, olahraga ternyata bisa mengeluarkan kotoran yang mengendap dan terkunci pori-pori melalui keringat.

Selain itu, dengan Moms melakukan olahraga, tubuh pun bisa menjadi lebih sehat dan juga bugar. Tak perlu olahraga yang berat, Moms bisa mencoba bersepeda, jalan santai atau mungki lari keliling komplek.

Olahraga pun bisa membantu tubuh agar terhindar dari stres lho, Moms! Nah, stres sendiri bisa menjadi salah satu pemicu kulit jadi kusam.

Ketika seseorang sedang stres, aliran darah menuju wajah akan berkurang dan hal tersebut bisa memicu kulit wajah yang kusam.

Nah, siapa sangka olahraga bisa jadi cara merawat wajah agar putih kan, Moms?

Baca Juga: Cari Tahu Manfaat Gandum untuk Kesehatan Tubuh, Cocok untuk Menu Diet

5. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat untuk kulit ternyata bisa menjadi salah satu cara merawat wajah agar putih lho, Moms! Lho? Kok bisa? Ya, dengan mengonsumsi sayur, buah-buahan, protein dan lemak yang sehat, hal tersebut bisa membuat kulit menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, tubuh pun bisa mendapatkan asupan makanan yang bergizi.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Di dalam makanan yang memiliki antioksidan, biasanya akan terdapat vitamin C dan juga vitamin E yang berguna menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C bertugas untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari langsung sementara vitamin E adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk mebantu regenerasi sel dan memperkuat imunitas tubuh.

Nah, ada banyak cara merawat wajah agar putih yang bisa Moms lakukan. Jangan sampai wajah terlihat kusam karena tidak terhidrasi dengan baik ya, Moms!

Jangan sampai lupa untuk membersihkan wajah dan melakukan perawatan agar terindar dari wajah yang tidak bersinar ya, Moms! Yuk lakukan serangkaian cara merawat wajah agar putih secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4720453/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5849435/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait