05 Januari 2024

9 Contoh Cerita Liburan Sekolah, Ada Bahasa Inggris dan Jawa

Ada cerita liburan sekolah dalam beragam tema

Ini dia beberapa contoh cerita liburan sekolah anak yang dapat dijadikan referensi dalam mengerjakan tugas Si Kecil.

Ketika anak-anak kembali lagi bersekolah, biasanya mereka diminta oleh guru untuk menceritakan pengalamannya selama libur semester.

Tugas bercerita ini bisa dikerjakan secara tertulis dalam buku maupun lisan untuk diberitahukan pada teman-temannya di kelas.

Yuk, simak contoh cerita liburan sekolah menarik yang bisa Si Kecil gunakan sebagai inspirasi.

Baca Juga: 11+ Film Korea Sedih tentang Keluarga yang Bikin Banjir Air Mata

Traveling Bersama Keluarga
Foto: Traveling Bersama Keluarga (Coolpicking.com)

Contoh cerita liburan sekolah berikut bisa dijadikan referensi bagi anak-anak sehingga mereka lebih mudah dalam mengerjakan tugasnya.

Contoh Cerita Liburan Sekolah ke Pantai

Pada liburan sekolah semester ini, saya dan keluarga pergi ke pantai. Ayah dan ibu tahu bahwa saya menyukai laut sehingga memutuskan untuk menghabiskan waktu di Pantai Anyer, Banten.

Kebetulan, rumah keluarga saya masih terletak di kawasan Banten sehingga menuju pantai Anyer tidak membutuhkan perjalanan yang jauh dan lama.

Kami pun berangkat saat Subuh sehingga bisa menikmati matahari terbit (sunrise), sekaligus menghirup udara segar nan sejuk.

Setelah matahari terbit semakin tinggi, saya bersama ayah dan ibu mencari tempat beristirahat sekaligus sarapan pagi.

Lalu, kembali ke pantai untuk bermain air hingga sore hari dan menginap di hotel sekitar pantai dengan pemandangan yang indah.

Terima kasih ya, ayah dan ibu sudah mengajakku pergi berlibur ke pantai yang sangat berkesan.

Contoh Cerita Liburan Sekolah ke Kebun Binatang

Selama liburan sekolah, ayah dan ibu mengajakku untuk berwisata. Kali ini, aku menikmati liburan dengan berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan.

Ayah, ibu, dan aku berangkat saat pagi hari sehingga sampai di kebun binatang cuacanya tidak terlalu panas. Berwisata sejak pagi juga dapat menghindari antrean pengunjung yang ramai.

Selain bersenang-senang, kunjungan ke kebun binatang juga sengaja dilakukan ayah dan ibu agar aku semakin mengenal aneka hewan.

Di Kebun Binatang Ragunan, ada banyak sekali jenis hewan yang dapat kita lihat. Mulai dari jerapah, gajah, kudanil, buaya, orangutan, aneka reptil, hingga burung.

Ada juga beragam tanaman yang bisa menambah pengetahuanku. Seru!

Ketika hari mulai panas, aku dan kedua orangtuaku memutuskan untuk mencari tempat istirahat. Karena tempat ini sangat luas, kami bisa piknik di beberapa area terbuka hijau yang ada.

Tak lupa kami mengisi kembali energi dengan makan siang agar bisa menjelajah area kebun binatang lainnya.

Sebelum pulang, ayah dan ibu mengajakku untuk pergi membeli beberapa cendera mata sebagai oleh-oleh. Aku senang sekali.

Baca Juga: Jakarta Fair 2023: Sejarah, HTM, Hingga Daya Tariknya

Contoh Cerita Liburan Sekolah ke Rumah Nenek

Liburan sekolah telah tiba. Aku pun meminta ayah dan bunda untuk pergi jalan-jalan ke rumah nenek karena sudah lama tidak berkunjung ke sana.

Rumahku dengan rumah nenek tidaklah terlalu jauh, bisa ditempuh menggunakan mobil selama satu jam perjalanan.

Sesampainya di sana, nenek menyambutku dengan senyum yang sumringah. Ia mengatakan sangat merindukan cucunya.

Setelah melepas rindu, nenek bergegas untuk menyiapkan hidangan kesukaanku. Ayah, bunda, aku, dan nenek pun makan bersama di ruang makan keluarga.

Nenek kemudian mengajakku untuk berkegiatan di sekitar rumah. Ia mengajak aku untuk merawat hewan ternak yang dimilikinya pada halaman belakang.

Ada beberapa ekor ayam dan bebek yang perlu diberi makan. Kami juga menyiram tanaman di taman rumah nenek.

Tak terasa, hari sudah mulai sore, aku dan keluarga pun memutuskan untuk menginap selama beberapa malam di rumah nenek.

Selama di sana, aku menghabiskan waktu dengan membantu nenek. Meskipun terasa melelahkan, tetapi berlibur di rumah nenek tetap terasa membahagiakan.

Sehat-sehat ya, Nek, aku pasti akan berkunjung lagi nanti.

Contoh Cerita Liburan Sekolah ke Bandung

Selama liburan sekolah, ayah dan ibu mengajakku pergi ke Bandung, salah satu kota di provinsi Jawa Barat.

Kami menuju Bandung menggunakan kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir, lalu turun di Stasiun Bandung.

Selama naik kereta api, aku sangat menikmati perjalanan karena pemandangannya sangat indah. Hingga tak terasa, aku pun tertidur di dalam kereta api hingga tujuan akhir perjalanan.

Sesampainya di Kota Bandung, aku, ayah, dan ibu pergi berkunjung ke beberapa tempat wisata.

Tentu saja, ayah dan ibu sudah menyiapkan penginapan yang bisa kami jadikan sebagai tempat beristirahat.

Beberapa tempat wisata yang aku dan keluarga kunjungi selama di Bandung yaitu alun-alun bandung, masjid raya Bandung, dan gedung sate.

Ayah dan ibu juga mengajakku untuk menikmati wisata kuliner khas Sunda yang menggugah selera.

Salah satu makanan yang paling aku sukai selama berkunjung ke Bandung yaitu mie kocok dan batagor.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Jakarta, Edukatif!

Liburan sekolah kali ini sangat berkesan karena kedua orang tuaku mengajak aku pergi ke luar negeri.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.

FOLLOW US

instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.