Kesehatan

5 Juni 2021

10 Manfaat Daun Kucai untuk Kesehatan, Tak Disangka Khasiatnya!

Kucai, atau allium schoenoprasum, mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms pernah mendengar daun kucai? Ya, jenis sayuran yang kerap ditemukan pada kuliner chinese ini memiliki aroma dan rasa yang khas.

Kucai merupakan sayuran hijau dengan rasa dan bentuk yang mirip seperti daun bawang. Daun kucai termasuk dalam genus allium sama halnya seperti bawang putih, bawang merah, dan daun bawang.

Orang-orang zaman dulu telah membudidayakan aneka jenis sayuran allium selama berabad-abad silam karena karakteristik rasanya yang khas dan khasiatnya untuk tubuh.

Kucai, atau allium schoenoprasum, mengandung nutrisi yang penting untuk kualitas tidur yang baik serta kesehatan tulang. Beberapa penelitian juga mengaitkan bahan kimia dalam daun kucai dan sayuran allium lainnya dengan efek antikanker.

Baca Juga: Manfaat Daun Stevia, Pemanis Alami yang Rendah Kalori dan Aman Dikonsumsi

Manfaat Daun Kucai

Selain digunakan dalam berbagai olahan makanan, daun kucai memiliki berbagai manfaat lain untuk kesehatan lho, Moms. Berikut ini manfaat daun kucai yang perlu Moms ketahui.

1. Mencegah dan Mengobati Kanker

Daun kucai

Foto: instagram.com/kebunbatupahat

Penelitian menemukan bahwa diet kaya nabati dapat menurunkan berbagai penurunan risiko berbagai jenis kanker. Beberapa penelitian secara khusus menunjukkan bahwa sayuran allium, termasuk daun kucai dan daun bawang memiliki efek antikanker.

Tinjauan studi Cancer Prevention Research tahun 2015 melaporkan bahwa makan daun kucai dapat mengurangi risiko kanker, terutama kanker saluran cerna. Hal ini karena senyawa dalam daun kucai mengandung sulfur dan efek antimikroba.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

2. Mencegah Osteoporosis

Daun kucai memiliki banyak kandungan vitamin K yang merupakan komponen penting untuk kepadatan tulang.

Meskipun umumnya digunakan sebagai pengobatan osteoporosis di beberapa bagian Asia, namun saat ini para ilmuwan saat ini sedang mempelajari apakah suplemen vitamin K efektif dalam mengobati osteoporosis.

Asupan vitamin K ini direkomendasikan dikonsumsi oleh anak-anak untuk meningkatkan kepadatan tulang ketika ia tumbuh dewasa.

3. Meningkatkan Memori

daun kucai

Foto: instagram.com/sayurexpress.id

Melansir dari Web MD, daun kucai mengandung kolin dan folat yang mampu meningkatkan fungsi memori.

Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang makan makanan mengandung kolin tinggi melaksanakan tes kognitif lebih baik dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan rendah kolin.

Sementara itu, folat, atau asam folat, telah diteliti pada gangguan kognitif dan gangguan suasana hati.

Kombinasi kolin dan folat dalam daun kucai dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mencegah perkembangan kondisi seperti demensia dan Alzheimer.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Kanker Payudara

4. Meningkatkan Kualitas Tidur dan Mood

Selain meningkatkan memori, kolin juga dapat berfungsi sebagai nutrisi penting yang dapat membantu menjaga struktur membran sel. Selain itu, kolin juga dapat meningkatkan suasana hati, ingatan, kontrol otot, fungsi otak serta sistem saraf.

Menurut Office of Dietary Supplements (ODS), asupan kolin (AI) yang cukup adalah 550 mg per hari untuk pria dewasa dan 425 mg per hari untuk wanita dewasa. Sementara itu, daun kucai mengandung 0,16 mg kolin per satu sendok makan.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

daun kucai

Foto: Orami Photo Stocks

Mengutip jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity, daun kucai juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Kandungan allicin di dalamnya bertugas untuk melepaskan oksida nitrat dalam aliran darah sekaligus menormalkan pembuluh darah yang kaku dan mengurangi penumpukkan plak pad arteri.

Allicin tidak hanya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (kolesterol LDL) tetapi juga meningkatkan kadar kolesterol baik (kolesterol HDL) yang baik untuk jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Bidara, Baik untuk Lambung

6. Meningkatkan Imun Tubuh

Senyawa fitokimia dalam daun kucai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, daun kucai juga mengandung selenium dalam jumlah kecil yang merupakan mineral penting lainnya yang memperkuat imun tubuh.

Sel imun yang kekurangan selenium dapat mengalami kesulitan dalam memproduksi protein dan mengangkut kalsium. Menyantap daun kucai secara teratur juga dapat meningkatkan sel-T sehingga melindungi tubuh dari penyakit flu dan pilek.

7. Meningkatkan Penglihatan

daun kucai

Foto: Orami Photo Stocks

Daun kucai mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin yang ampuh untuk mengurangi stres oksidatif di mata dan meningkatkan kesehatan penglihatan.

Selain itu, kandungan ini juga dapat memperlambat perkembangan katarak.

Baca Juga: 5 Gejala Katarak yang Tidak Disadari, Catat!

8. Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Kucai adalah salah satu sayuran yang kaya dengan sumber folat yang tak hanya baik untuk kesehatan tapi juga selama proses kehamilan. Folat dapat perkembangan otak janin juga membantu pembelahan sel dan sintesis DNA.

Tak hanya itu, asam folat juga membantu mencegah cacat lahir, terutama pada otak dan sumsum tulang belakang bayi.

9. Memiliki Sifat Antimikroba yang Baik

daun kucai

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, daun kucai memiliki sifat antimikroba, antivirus, antijamur, dan antibiotik yang sangat baik.

Sifat antibiotik kucai, bersama dengan vitamin C, dapat menghancurkan mikroba berbahaya. Kombinasi ini bekerja dengan baik dalam mengobati infeksi jamur.

Baca Juga: Infeksi Jamur pada Puting saat Menyusui, Bagaimana Mengatasinya?

10. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan beta-karoten dalam daun kucai sangat baik untuk antioksidan dan meningkatkan kecerahan serta kesehatan kulit. Beta-karoten juga bisa mengobati jerawat sekaligus penuaan dini.

Mengonsumsi daun kucai dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan, beberapa tanda penuaan yang paling menonjol.

Itulah 10 manfaat daun kucai untuk kesehatan tubuh hingga kecantikan. Apakah Moms tertarik untuk mencobanya?

  • https://www.webmd.com/diet/health-benefits-chives#2
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/275009#health-benefits
  • https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-chives-for-skin-hair-and-health/
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/chives.html
  • https://cancerpreventionresearch.aacrjournals.org/
  • https://ods.od.nih.gov/factsheets/Choline-HealthProfessional/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5136635/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11170575/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait