Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
26 Februari 2021

Ini Doa Nabi Yunus untuk Mendapatkan Kekuatan Menghadapi Cobaan, Yuk Amalkan!

Saat mengalami kesulitan, bacalah doa Nabi Yunus ini sepenuh hati
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak sekali doa-doa dari para nabi yang akan membantu kita untuk menjalani hidup yang lebih baik. Salah satunya doa Nabi Yunus. Seperti apa doa Nabi Yunus? Berikut ulasannya.

Manusia tentunya diuji dengan berbagai permasalahan. Menurut Psychology Today, ada banyak tantangan yang akan menguji keberanian emosional seseorang, misalnya penyakit, rasa sakit, pekerjaan, kesedihan, rasa takut, perceraian, bahkan kematian.

Dibutuhkan banyak keberanian untuk dapat melaluinya dengan baik. Namun, jika masih berada dalam keterbatasan akal, pikiran buntu, hati yang gundah, maka sudah saatnya untuk memanjatkan doa yang penuh harap kepada Allah SWT.

Ternyata, masalah besar pernah dihadapi juga oleh seorang Nabi, yaitu oleh Nabi Yunus. Saat Nabi Yunus ditelan ikan besar, beliau merasakan kesulitan yang sangat berat, yakni merasakan gelapnya dalam perut ikan dan kesulitan bernafas, serta gelapnya di dalam lautan dan tidak mampu melihat apa-apa.

Saat itu, Nabi Yunus berdoa dengan sangat khusyuk kepada Allah. Selain itu, beliau juga banyak berdzikir selama berada di dalam perut ikan. Beliau berpasrah diri bahwa ini semua adalah ujian dalam jalan dakwahnya yang harus dihadapi.

Baca Juga: Doa untuk Ibu Hamil, Yuk Amalkan untuk Kebaikan Moms dan Janin!

Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus -1.jpg

Foto: India.shafaqna.com/Shutterstock

Doa apa saja doa Nabi Yunus? Dikutip MINA, doa ini diawali dengan dzikir.

“Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin” artinya: “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (Ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya,”.

Bahkan, dzikir ini begitu penting hingga Allah SWT mengabadikannya dalam Alquran: “Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Nabi Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap:

‘Bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim’. Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan, dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS Al-Anbiya’: 87-88).

Rasululah SAW pun menyebutkan bahwa doa dzikir Nabi Yunus ini dapat membantu mengatasi berbagai kesulitan hidup atas izin Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: “Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: “Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin.”

(Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya,” (HR At-Tirmidzi).

Doa Nabi Yunus disebut-sebut sangat mustajab karena berisi pengakuan pada ketauhidan Allah SWT, pengakuan akan ke-Mahasuci-an Allah, serta pengakuan terhadap setiap dosa, kesalahan dan kedzaliman yang diperbuat oleh diri sendiri.

Manusia adalah makhluk uang lemah di hadapan Allah SWT dan hanya Dia-lah memiliki kuasa untuk mengampuni dosa dan mengabulkan doa. Allah SWT berfirman: “Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati-(Nya).” (QS An-Naml: 62).

Baca Juga: 5+ Doa untuk Suami yang Sedang Sakit, Yuk Amalkan!

Keutamaan Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus

Foto: Orami Photo Stock

Seperti banyak doa lainnya, akan ada banyak manfaat yang dimiliki jika rutin membaca doa ini. Apalagi jika seseorang sedang berada dalam kesulitan dan tidak berdaya untuk mendapatkan pertolongan. Beberapa keutamaan doa Nabi Yunus di antaranya:

  • Pujian kepada Allah SWT. Tujuan utama dari doa adalah pernyataan tentang kekuatan Allah SWT, tidak ada kekuasaan yang bisa dibandingkan dengan kekuasaan Allah SWT. Oleh karena itu, Allah SWT adalah sang maha pencipta yang berhak mendapatkan puja dan pujian umat manusia sebagai bentuk penghambaan. Allah SWT menyukai makhluk-Nya yang selalu berdoa.
  • Mendapatkan ampunan Allah SWT. Selain untuk memuja Allah, doa Nabi Yunus berisi taubat dan permohonan ampunan atas semua dosa-dosa yang pernah diperbuat, serta berharap mendapatkan ampunan dari Allah.
  • Mendapat kekuatan dalam menghadapi cobaan. Hidup di dunia ini tidak akan terlepas dari cobaan, musibah dan ujian. Dan manusia memiliki batasan, dan tidak ada orang muslim yang mampu melewati berbagai macam cobaan tanpa bantuan Allah SWT.
  • Dikeluarkan dari kesulitan. Doa Nabi Yunus akan menjadi sumber kekuatan bagi manusia untuk mengatasi cobaan dan dapat keluar dari berbagai masalah dan kesulitan. Allah SWT tidak akan menguji umat-Nya di luar batas kemampuannya. Doa Nabi Yunus ini juga sering dipanjatkan sebagai doa keselamatan jika sedang menghadapi kesulitan.
  • Dikabulkan hajat atau permintaan. Selama berada dalam perut ikan, nabi Yunus berdoa kepada Allah untuk diselamatkan. Melihat penyesalan yang ditunjukkan oleh nabi Yunus, Allah SWT kemudian mengabulkan permintaannya. Itulah mengapa doa ini juga bisa digunakan ketika seseorang memiliki permintaan atau hajat kepada Allah SWT.

Baca Juga: Doa Berbuka Puasa dan Maknanya, Yuk Ajarkan pada Si Kecil!

Sama seperti doa-doa lainnya, saat memanjatkan doa Nabi Yunus ini, hendaknya dilakukan dengan menjalankan adab berdoa yang benar, penuh kkekhusukan dan juga berdoa di beberapa waktu mustajab.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait