Parenting Islami

24 November 2021

3+ Doa Panjang Umur, Insya Allah Usia Semakin Berkah!

Panjatkan doa panjang umur ini agar selalu sehat, murah rezeki dan husnul khotimah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak sekali keinginan yang ingin diwujudkan dalam setiap tahap kehidupan manusia, sehingga terkadang seseorang juga memanjatkan doa panjang umur agar bisa melewatinya dengan baik.

Saat sekolah, ingin merasakan bekerja. Setelah itu ingin menikah dan punya anak. Setelah punya, ingin melihat anak tumbuh besar. Tidak berhenti di situ, ingin rasanya menggendeong cucu, dan seterusnya.

Meski dalam studi UIN Alaudin Makassar menunjukkan bahwa sebenarnya saat panjang umur kondisi seseorang akan kembali menjadi lemah, kembali seperti kondisi saat kecil.

Sehingga yang diharapkan saat meminta doa panjang umur tersebut lebih kepada memberi manfaat, lebih sabar, gemar bertaubat, serta meningkatkan amal kebaikan di usia lanjut.

Baca Juga: 5+ Doa untuk Suami yang Sedang Sakit, Yuk Amalkan!

Doa Panjang Umur dan Artinya

3 Doa untuk Kedua Orang Tua Tercinta, Yuk Panjatkan!

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya dalam Islam, tidak ada doa panjang umur yang khusus. Sehingga apapun doa yang dipanjatkan asal berisi harapan yang baik, dikerjakan dengan khusyuk, bisa dikabulkan.

Doa panjang umur ini biasanya diucapkan ketika berulang tahun. Namun karena Islam tidak mengajarkan ulang tahun, seseorang bisa membaca doa ini setiap saat.

Karena doa panjang umur dan banyak rezeki bersifat ini juga umum, sehingga tidak perlu menunggu waktu khusus untuk membacanya.

Allah SWT adalah tuhan tempat meminta segala hal, asalkan tidak melanggar syariat hal tersebut bisa saja dikabulkan secepatnya atau menunggu waktu yang tepat.

Oleh karena itu, memanjatkan doa panjang umur dan doa meminta banyak rezeki bisa dibaca kapan pun agar kehidupan ini dipenuhi dengan kemakmuran.

Tidak salah jika seseorang meminta panjang umur dan banyak rezeki. Namun yang perlu diingat adalah selalu minta keberkahan di dalmnya, agar apa yang diinginkan bermanfaat dan tidak menggiring seseorang ke dalam dosa.

Ada beberapa rekomendasi doa panjang umur yang bisa diungkapkan kapan pun, agar saat diberi umur yang panjang tidak berjalan dengan sia-sia.

Baca Juga: 5+ Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Selamat dan Terhindar dari Kesulitan, Yuk Amalkan!

1. Doa Panjang Umur dan Mendapat Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

(Allahumma Thowwil ‘Umuurona, Wa Shohhih Ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa,

wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun)

Artinya: “Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami,

dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

2. Doa Panjang Umur dan Husnul Khotimah

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

(Alloohumma Innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal maut wa rohmatan ‘indal maut wa maghfirotan ba’dal maut)

Artinya: “Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

Baca Juga: Doa Agar Anak Sukses dan Berhasil, Moms dan Dads Wajib Mengamalkannya!

3. Doa Panjang Umur dan Diberi Rezeki yang Berkah

Doa ini pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika mendoakan anak Ummu Sulaim yaitu Anas bin Malik RA, saat istrinya mengandung dengan doa:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ

(Allahumma aktsir malahu wa waladahu wa barik fima a’thoithu)

Artinya: “Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya.” (HR Bukhari).

Doa ini bisa dibaca oleh suami atau calon bapak dari bayi yang dikandung istrinya. Namun jika doa ini ingin dibaca oleh ibu hamil, maka lafadz doanya bisa diubah menjadi berikut ini:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي

(Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii.)

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri.”

Doa ini juga bisa digabung dengan doa yang pernah dipanjatkan oleh Nabi Sulaiman AS, ketika meminta agar diberi rezeki yang banyak oleh Allah SWT.

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

(Qaala rabbigfir lii wa hab lii mulkal laa yambagii li`aḥadim mim ba’dii, innaka antal-wahhaab)

Artinya: “Ia berkata: ‘Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi’.”

4. Doa Panjang Umur dan Rezeki Berlimpah

Doa panjang umur dan doa meminta rezeki sebenarnya bisa digabungkan, dan akan menjadi satu doa yang bagus. Doa ini cukup simpel dan mudah diingat, sehingga bisa dibaca kapan pun.

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

(Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii)

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

Baca Juga: Kumpulan Doa Diberi Kesabaran, Agar Selalu Diberi Kekuatan oleh Allah SWT

Bolehkah Memanjatkan Doa Panjang Umur dan Banyak Rezeki?

5+ Doa Minta Rezeki untuk Mendapatkan Keberkahan, Yuk Panjatkan!

Foto: Orami Photo Stock

Dalam doa panjang umur yang telah dicontohkan Rasulullah SAW ini menunjukan bahwa dibolehkan untuk meminta banyak harta, umur panjang, serta banyak anak.

Meskipun seluruhnya sepertinya berkaitan dengan sifat keduniaan, namun mendoakan hal tersebut adalah sesuatu yang dibolehkan.

Yang terpenting dari doa panjang umur dan doa minta kekayaan adalah adanya keberkahan. Sepanjang apapun umurnya, sebanyak apapun hartanya tapi jika tidak berkah maka bisa menggiring seseorang ke dalam siksa akhirat.

Oleh karena itu, saat meminta kekayaan dan usia panjang sebaiknya diikuti juga dengan doa untuk meminta keberkahan di dalamnya.

Ini dimaksudkan agar umur yang panjang dan harta tersebut bisa bertambah kebaikan dan manfaatnya untuk orang banyak.

Dalil mengenai boleh tidaknya seseorang berdoa untuk meminta umur panjang dan rezeki banyak adalah dari hadits Rasulullah SAW.

Bahwa Abdurrahman bin Abi Bakroh dari ayahnya Abu Bakroh, pernah meriwayatkan bahwa ada seseorang yang bertanya pada Rasulullah SAW:

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ خَيْرٌ قَالَ

مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ

قَالَ فَأَىُّ النَّاسِ شَرٌّ قَالَ

مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ

Artinya: “Wahai Rasulullah, manusia mana yang dikatakan baik?” Beliau menjawab, “Yang panjang umurnya namun baik amalnya.” “Lalu manusia mana yang dikatakan jelek?”, tanya laki-laki tadi. Beliau menjawab, “Yang panjang umurnya namun jelek amalnya.” (HR Tirmidzi).

Oleh karena itu, saat memanjatkan doa panjang umur dan rezeki yang banyak selalu iringi dengan doa untuk meminta keberkahan di dalamnya. Agar umur yang panjang tersebut memberi menfaat untuk diri dan sekitar, sehingga berbuah pahala yang juga besar.

  • https://core.ac.uk/download/pdf/198228568.pdf
  • https://www.fathulghofur.com/doa-panjang-umur-sehat-murah-rezeki-dan-husnul-khotimah/
  • https://m.oase.id/read/WGLGjR-baca-doa-ini-saat-ulang-tahun-agar-panjang-umur-dan-mendapat-kesejahteraan
  • https://islamkita.co/doa-panjang-umur/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait