18 Januari 2022

Amalan Malaikat Muqorrobin sesuai Sunnah, Yuk Amalkan!

Pernah mengetahui tentang amalan malaikat muqorrobin? Cari tahu jawabannya di sini!

Semua makhluk berzikir dengan caranya tersendiri, termasuk malaikat. Sehingga ada terdapat pula amalan malaikat Muqorrobin yang terkait dengan zikir. Pernah mengetahuinya?

Mengetahui tentang amalan malaikat Muqorrobin tersebut, akan erat kaitannya dengan keimanan. Karena termasuk kepada Rukun Iman, keimanan kepada malaikat harus ditanamkan sejak dini.

Sebab, salah satu hikmahnya adalah mempengaruhi anak dalam segi pendidikannya. Dalam penelitian Diglib UIN Sunan Kalijaga, menyimpulkan adanya hubungan dan pengaruh antara pendidikan dan keimanan.

Sehingga ditemukan nilai-nilai pendidikan yang mampu ditulis dari aspek iman ke metafisika, dalam hal ini iman kepada malaikat.

Aspek ini memberikan pengaruh jiwa dan pengalaman intuitif untuk siswa dan hal ini konsep nilai dapat diterapkan dalam Islam dunia pendidikan.

Baca Juga: Malaikat Raqib dan Atid, Malaikat Pencatat Amal Perbuatan Manusia di Dunia

Mengenal Malaikat Muqorrabin

Malaikat Pencatat Amal -3.jpg
Foto: Malaikat Pencatat Amal -3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui amalan Malaikat Muqorrobin, dalam Islam sendiri terdapat sepuluh nama malaikat yang wajib diimani karena diterangkan oleh Alquran dan juga hadis.

Namun sepertinya nama malaikat Muqorrobin sedikit asing di telinga masyarakat. Padahal, itu adalah nama-nama malaikat yang telah disebutkan dalam Alquran. Yaitu Jibril, Mikail dan Israfil.

Muqarrabin sendiri adalah sebuah gelar yang memiliki arti dekat. Maksudnya adalah malaikat yang dekat dengan Allah SWT. Ketiganya memiliki tugas yang istimewa, hingga diberi gelar tersebut.

Sementara itu, dalam kitab tafsir Al-Bahowy disebutkan bahwa Malaikat Muqorraoin adalah malaikat hamalatil arsy yang artinya penyangga arsy yang tidak tidak pernah berhenti beribadah dan bertasbih kepada Allah SWT. Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

اَلَّذِيْنَ يَحْمِلُوْنَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهٗ يُسَبِّحُوْنَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُوْنَ بِهٖ وَيَسْتَغْفِرُوْنَ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْاۚ رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَّعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِيْنَ تَابُوْا وَاتَّبَعُوْا سَبِيْلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيْمِ

رَبَّنَا وَاَدْخِلْهُمْ جَنّٰتِ عَدْنِ ِۨالَّتِيْ وَعَدْتَّهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ اٰبَاۤىِٕهِمْ وَاَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيّٰتِهِمْ ۗاِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُۙ

وَقِهِمُ السَّيِّاٰتِۗ وَمَنْ تَقِ السَّيِّاٰتِ يَوْمَىِٕذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهٗ ۗوَذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ

(Allażīna yaḥmilụnal-'arsya wa man ḥaulahụ yusabbiḥụna biḥamdi rabbihim wa yu`minụna bihī wa yastagfirụna lillażīna āmanụ, rabbanā wasi'ta kulla syai`ir raḥmataw wa 'ilman fagfir lillażīna tābụ wattaba'ụ sabīlaka wa qihim 'ażābal-jaḥīm

Rabbanā wa adkhil-hum jannāti 'adninillatī wa'attahum wa man ṣalaḥa min ābā`ihim wa azwājihim wa żurriyyātihim, innaka antal-'azīzul-ḥakīm

Wa qihimus-sayyi`āt, wa man taqis-sayyi`āti yauma`iżin fa qad raḥimtah, wa żālika huwal-fauzul-'aẓīm)

Artinya: “(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata), ‘Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka yang menyala-nyala.

Ya Tuhan kami, masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka, dan orang yang saleh di antara nenek moyang mereka, istri-istri, dan keturunan mereka. Sungguh, Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana,

dan peliharalah mereka dari (bencana) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (bencana) kejahatan pada hari itu, maka sungguh, Engkau telah menganugerahkan rahmat kepadanya dan demikian itulah kemenangan yang agung.” (QS Ghafir: 7-9)

Baca Juga: 5 Ciri Rumah yang Tidak Dimasuki Malaikat, Salah Satunya Rumah yang Dihuni Orang Pelit!

Allah juga berfirman dalam Surah Al-Anbiya:

يُسَبِّحُونَ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ

(Yusabbiḥụnal-laila wan-nahāra lā yafturụn)

Artinya: "Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya." (QS Al-Anbiya: 20)

Dalam firman Allah yang lainnya, dijelaskan juga tentang amalan malaikat Muqorrobin yang tidak pernah berhenti bertasbih, yaitu:

لَا يَسْبِقُونَهُۥ بِٱلْقَوْلِ وَهُم بِأَمْرِهِۦ يَعْمَلُونَ

(Lā yasbiqụnahụ bil-qauli wa hum bi`amrihī ya'malụn)

Artinya: “Mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.” (QS Al Anbiya: 27)

Namun sebagian ulama berbeda pendapat mengenao cara bertasbih dari para malaikat tersebut. Ibnu Mas'ud dan Ibnu Abbas berkata: "Tasbih mereka adalah salat".

Qotadah berkata: "Tasbih malaikat adalah kata subhanallah sebagaimana dipahami dari bahasa, Al-Qurthubi mendukung pendapat ini. Dalilnya adalah hadits riwayat Abu Dzar RA.

Rasulullah bersabda: "Ucapan yang paling afdhal adalah kata-kata yang telah dipilihkan oleh Allah Ta’ala untuk malaikat, ialah سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِه " (HR Muslim)

Baca Juga: Malaikat Israfil, Peniup Sangkakala sebagai Tanda Hari Kiamat

Zikir untuk Para Malaikat

Macam Macam Dzikir -1.jpg
Foto: Macam Macam Dzikir -1.jpg (Orami Photo Stocks)

Foto: Orami Photo Stock

Imam Nawawi dalam Al-Azkar menyebutkan bahwa terdapat salah satu zikir yang paling Allah SWT sukai yang telah Ia pilihkan untuk para malaikat-Nya.

Zikir tersebut seperti telah tertulis sebuah hadis di kitab Sunan Tirmidzi yang diriwayatkan oleh Abu Dzar RA. Dia berkata:

قلت يا رسول الله أي الكلام أحب إلى الله تعالى؟ قال: ما اصطفى الله تعالى لملائكته: سبحان ربي وبحمده سبحان ربي وبحمده

Artinya: “Aku bertanya: ‘Wahai Rasulullah, ucapan apa yang paling disukai oleh Allah?’ Beliau menjawab: ‘Ucapan yang telah dipilihkan oleh Allah SWT untuk para malaikat-Nya, ‘Subhanallah rabbii wa bihamdihi subhana rabbii wa bihamdihi’ (Maha Suci Rabb-ku dan dengan memuji kepada-Nya, Maha Suci Rabb-ku dan dengan memuji kepada-Nya).” (HR Tirmidzi)

Baca Juga: Yajuj Majuj, Makhluk Allah SWT yang Menjadi Pertanda Kiamat

Imam Tirmidzi mengatakan, ini termasuk dalam hadis hasan shahih, yang menunjukkan bahwa tidak ada cacat ataupun kesalahan di dalamnya.

Al-Mubarakfury dalam Tuhfatul Ahwadzi menjelaskan bahwa Allah SWT memilihkan kalimat tasbih tersebut untuk para malaikat-Nya, sebab kalimat tersebut disukai oleh Allah SWT.

Sehingga, Allah SWT menyuruh malaikat untuk selalu melafalkannya setiap waktu. Sebab ketika bertasbih, berarti seseorang tengah memuji kesucian-Nya sekaligus mengingkari kebalikkannya.

Sehingga menurut Imam Nawawi, memperbanyak membaca kalimat tasbih setiap waktu dan keadaan sangat disunnahkan untuk semua makhluk-Nya.

Baca Juga: Malaikat Izrail, Malaikat yang Bertugas Mencabut Nyawa

Amalan Malaikat Muqorrobin Sesuai Sunnah

Malaikat Raqib dan Atid, Malaikat Pencatat Amal Perbuatan Manusia di Dunia
Foto: Malaikat Raqib dan Atid, Malaikat Pencatat Amal Perbuatan Manusia di Dunia

Foto: Orami Photo Stock

Karena disebutkan bahwa malaikat selalu bertasbih, ada sebagian masyarakat yang juga turut mengirimkan zikir kepada malaikat.

Diharapkan, para malaikat juga akan mendorong doa-doa yang dipanjatkan agar segera sampa ke Allah SWT hingga dapat cepat terkabul. Apalagi jika disampaikan oleh malaikat yang dekat dengan Allah SWT.

Oleh karena itu, amalan malaikat Muqorrobin yang bisa dilakukan adalah mengucpakan zikir, salah satunya adalah sebagai berikut:

صلوات ملا ئكة مقر بين

سم الله الر حمت الر حيم

ﺍﻟﻠﻬﻢ صلي علی ملا ئكةالمقربين وعلی رسولك المرسلين وعلی انبيا ئك المطﻬر ين وعلی عر شك وعلی جبر يل وميكا ئيل واسرافل وملك الموت ورضوان خا زن بجنتك وصلي علیالكرام اكاتبين وصلي علی اهل طاعتك اَجْمَعِيْن

(Allahumma shalli ‘ala malaikamal muqorrobin. Wa ‘alaa rosuulikal mursalin wa ‘alaa anbiyaaikal muthohhiriin wa ‘alaa arsyika wa ‘alaa jibriila wa mikaaila wa isroofiila wa malaikat mauti wa ridhwaana khozina bijannatika wa sholli 'alal kiroomil katibiin, wa sholli 'alaa ahli tho'atika ajma'in)

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Ya Allah ya Tuhan kami, Iimpahkanlah rahmat kepada malaikat-malaikat yang selalu mendekat pada-Mu dan pada RasuI-Mu yang telah engkau perintah dan pada nabi-Mu yang suci atas arsy-Mu dan atas malaikat Jibril, Mikail, Isrofil, Izrail sang pencabut anyawa dan malaikat Ridwan yang menjaga sorga-Mu, dan limpahkanlah rahmat atas pencatat amal yang mulia dan atas semua orang-orang yang ahli taat pada-Mu.”

Inilah penjelasan mengenai amalan malaikat Muqorrobin. Semoga zikir yang seering dipanjatkan oleh para malaikat tersebut diikuti oleh kaum Muslimin, sehingga termasuk dalam amalan saleh.

  • https://blog-pusakaindonesia.blogspot.com/2020/01/sholawat-malaikat-muqorrobin-allahumma.html?m=0
  • https://umma.id/post/mengenal-malaikat-muqarrabin-yang-sangat-diistimewakan-allah-2262694?lang=id
  • https://bincangsyariah.com/zikir-dan-doa/zikir-yang-dipilihkan-allah-untuk-para-malaikat-nya/
  • http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8554/1/AFIFUDDIN%20HARISAH%20KEBERIMANAN%20KEPADA%20MALAIKAT%20DALAM%20PERSPEKTIFPENDIDIKAN%20ISLAM.pdf
  • https://bincangsyariah.com/zikir-dan-doa/zikir-yang-dipilihkan-allah-untuk-para-malaikat-nya/
  • https://worldquran.com/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb