Parenting Islami

9 Juni 2021

3 Doa Selamat untuk Keluarga dari Segala Mara Bahaya, Yuk Panjatkan!

Mengetahui doa selamat untuk keluarga agar selalu ada dalam lindungan Allah SWT
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Doa selamat untuk keluarga patut untuk diketahui demi agar seluruh anggota keluarga mendapat perlindungan dari Allah SWT. Ya, kita sebagai manusia, pastilah menginginkan perlindungan dari Allah SWT senantiasa hadir untuk diri dan keluarga.

Pemaknaan doa selamat untuk keluarga memang sangatlah luas. Namun, ketika kita melirik pada pengertian secara khusus, terdapat amalan doa yang menjadi salah satu sunnah dari nabi Muhammad SAW agar senantiasa diamalkan oleh setiap umatnya.

Imam Ghozali pernah berkata apakah faedah doa sementara ketentuan Allah tiada bisa ditolak? Ketahuilah sesungguhnya sebagian dari ketentuan Allah dapat tertolak petakanya akibat doa, maka berarti doa sebagai sebab atas tertolaknya petaka di samping bisa menumbuhkan kasih sayang atau ketegaran selama benih yang jadi sebab timbuhnya di bumi dan sebagaimana perisai bisa mencegah tembusnya anak panah.

Untuk menjelaskan dan juga memaknai arti dari ucapan yang dilontarkan oleh Imam Al-Ghozali adalah agar kita semua tetap menjaga nilai-nilai syariat yang sudah dijalankan dengan tujuan untuk sampai pada hakikatnya.

Terdapat sebuah doa selamat dunia akhirat yang bisa menjadi doa selamat untuk keluarga yang dibaca setiap saat.

Baca Juga: 10 Doa Agar Bayi Sungsang Bisa Kembali ke Posisi Normal, Yuk Amalkan!

1. Doa Selamat untuk Keluarga di Dunia dan Akhirat

doa selamat untuk keluarga

Foto: Orami Photo Stock

Terdapat sebuah doa selamat untuk keluarga di dunia dan akhirat. Dalam doa ini berartikan keinginan kita pada Allah SWT untuik senantiasa menyelamatkan kita dari sakit serta memohon agar selalu diberikan kesehatan dan limpahan ilmu.

"Allahumma inna nas aluka salamatan fiddiini wa 'aafiyatan fil jasadi waziaadatan fil'ilmi wabarakatan firrizqi wataubatan qablal maut warahmatan 'indal maut wamaghfiratan ba'dal maut allahumma hawwin'alainaa fii sakaraatil maut wa najjata minanaari wal'afwa indal hisaab."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut."

"Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab"

Dalam doa lainnya, terdapat pula doa agar kita terhindar dari bala atau malapetaka dan selalu meminta perlindungan dari Allah SWT.

Baca Juga: Yuk Ajarkan Doa Buka Puasa dan Maknanya pada Si Kecil, Intip di Sini!

2. Doa Selamat untuk Keluarga dan Menolak Bala atau Malapetaka

doa selamat untuk keluarga

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Islam NU, lafal doa berikut ini diberi judul dengan "Doa Selamat Lawan Tolak Bala". Dalam lafal doa ini berisikan permohonan kepada Allah SWT dari segala macam bencana dan ujian di dunia serta siksaan di akhirat.

Doa ini pun sering didengar dan diucapkan dari orang tua setelah mereka melakukan shalat di mushala ataupun di masjid serta pembacaan tahlil.

"Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni‘mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn."

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,”

Baca Juga: Bacaan Doa Menerima Zakat, Sebagai Adab Menerima Zakat dari Muzakki

3. Doa Memohon Kebaikan dan Keselamatan Keluarga

Doa selamat untuk keluarga ini dikutip dalam buku "Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki" yang ditulis oleh KH. Sulaeman Bin Muhammad Bahri.

Rezeki sendiri bisa menjadi salah satu jalan keselamatan. Dan untuk memperolehnya, selain berusaha, maka hal yang tidak boleh diabaikan dan dilupakana dalah mendirikan shalat.

"Robbij’alnii muqiimash-sholaati wa min dzurriyyatii, robbanaa wa taqobbal du’aa’."

Artinya: Ya Allah ya Tuhanku, semoga Engkau menjadikan kami dan anak-cucu kami menjadi orang-orang yang tetap mendirikan sholat. Ya Allah, semoga Engkau mengabulkan permintaan kami." (QS. Ibrahim: 40).

Nah itu dia Moms 3 doa selamat untuk keluarga yang bisa Moms amalkan di rumah bersama dengan keluarga. Semoga dengan doa selamat untuk keluarga, kita semua diberikan keselamatan dunia dan juga akhirat oleh Allah SWT. Aamiin.

  • https://islam.nu.or.id/post/read/108028/doa-selamat-dan-tolak-bala
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait