19 Mei 2022

3+ Doa Agar Tidak Mual Muntah Saat Hamil, Yuk Panjatkan!

Berikut ini contoh zikir dan doa agar tidak mual muntah saat hamil yang disarankan oleh sebagian ulama
3+ Doa Agar Tidak Mual Muntah Saat Hamil, Yuk Panjatkan!

Foto: Orami Photo Stocks

Dalam Islam, doa juga dapat dimaksudkan untuk menjaga diri dari hal yang berbahaya, termasuk juga doa agar tidak mual muntah saat hamil.

Meski mual muntah saat hamil adalah hal yang umum dialami oleh ibu hamil, namun dengan doa itu diharapkan bayi dalam kandungan beserta ibunya selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Doa dari Ayat Alquran Tentang Kehamilan

berdoa saat hamil-1.jpg
Foto: berdoa saat hamil-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, tidak ada doa agar tidak mual muntah saat hamil yang khusus. Bahkan, Syaikh Ibnu al-Utsaimin tidak mengetahui adanya hadis tentang ayat/doa yang dapat dibaca untuk memudahkan saat melahirkan.

Namun, bisa saja doa di bawah ini dilakukan oleh orang yang berada di samping ibu hamil yang sedang merasakan kontraksi. Yakni dengan membacakan ayat yang maknanya menunjukkan janji kemudahan, misalnya:

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

Artinya: “Allah menghendaki kemudahan bagi kalian dan Allah tidak menghendaki kesulitan untuk kalian.” (QS Al-Baqarah: 185)

Atau ayat lain yang bercerita tentang kehamilan atau melahirkan, seperti:

وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنْثَى وَلا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِه

Artinya: “Tidak ada seorang perempuan pun mengandung dan tidak (pula) melahirkan kecuali dengan sepengetahuan-Nya.” (QS Fathir: 11)

Karena semua ayat Alquran dapat menjadi obat, ayat-ayat tersebut diharapkan dapat memperkuat ibu hamil yang akan melahirkan atau bahkan masih dalam tahap awal kehamilan.

Jika ada orang yang membaca doa dan yang doakan beriman, dengan pengaruh dan dampak baik Alquran, ini akan memberikan hasil yang baik. Sebab dalam Alquran Allah SWT berfirman:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلاَّ خَسَاراً

Artinya: “Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS Al-Isra: 82)

Selain itu, ibu hamil juga sangat disarankan untuk untuk banyak berdoa dan meminta kebaikan bagi janin yang sedang dikandungnya. Sebab doa baik orang tua bagi anaknya termasuk doa yang mustajab.

Baca Juga: Apa Itu Perdarahan Subkorionik Selama Kehamilan?

Doa Agar Tidak Mual Muntah Saat Hamil Menurut Islam

Ingin Punya Anak Saleh dan Salihah Lakukan 8 Cara Ini Sejak Hamil-1.jpeg
Foto: Ingin Punya Anak Saleh dan Salihah Lakukan 8 Cara Ini Sejak Hamil-1.jpeg (Foto: Shutterstock)

Foto: Orami Photo Stock

Selama kehamilan, ibu hamil sangan disarankan untuk memperbanyak zikir. Hasil penelitian Jurnal Unismuh Makassar misalnya, menunjukkan bahwa terapi zikir sangat berpengaruh terhadap tingkat kecemasan ibu hamil.

Ini karena tahapan–tahapan terapi zikir dapat membantu ibu hamil membentuk persepsi dan keyakinan bahwa semua hal dapat dihadapi dengan baik dengan bantuan Allah SWT.

Selain itu, terdapat doa agar tidak mual muntah saat hamil yang bis dicoba. Beberap di antaranya yakni:

1. Do’a Agar Janin Diberikan Kesehatan

Ini juga termasuk dalam doa agar tidak mual muntah saat hamil. Sebab saat merasakan mual muntah, ada kekhawatiran tentang kesehatan janin yang terganggu.

Allahummah fazh waladii ma daama fii bathnii. Wasyfihi ma’ii. Anta asy-syaafii laa syifaa’an illa syifaa ‘uka syifaa‘an laa yughaadiru saqamaa

Artinya: “Ya Robb, aku memohon kepada-Mu untuk selalu melindungi bayi dalam kandunganku ini. Berikanlah kesehatan kepada bayiku dan juga denganku.

Sesungguhnya Engkau Maha Penyembuh dari segala penyakit pada hamba-Mu. Tidak ada kesehatan untuk badan bagi kami selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lainnya.”

2. Do’a Menghadapi Kepayahan Selama Kehamilan

Kondisi ibu hamil tidak semua sama. Ada yang biasa saja, namun ada pula yang harus melewatinya dengan rintangan yang berat.

Untuk menghindarinya, ibu hamil dapat membaca doa agar tidak mual muntag saat hamil berikut ini:

Allaahumma ‘aafini fii badanii wa ‘aafinii fii sami’ii wa ‘aafini fii basharii

Artinya:Ya Tuhan kami, berikanlah kesehatan bagi tubuhku, berikan kesehatan bagi pendengaranku, serta berikanlah kesehatan bagi penglihatanku.”

3. Do’a Agar Janin Dikuatkan

Selain memperhatikan kondisi diri, ibu hamil juga harus mendoakan kesehatan dan kekuatan janin yang berada dalam rahimnya. Misalnya dengan membaca do’a berikut:

Bismillahilladziilaailaaha illaa huwal haliimul kariimu rabbil ‘arsyil ‘adzimhiim. La illaaha illallaahu wabbus samaawaati wa rabbul ‘ arsyil ‘adziim

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang tidak ada Tuhan selain Engkau, Yang Maha Penyabar, Maha Mulia, Tuhan yang Agung. Tiada Tuhan selain Allah SWT, Tuhan semesta langit dan bumi dan Tuhan yang Maha Agung.”

4. Do’a Agar Diberi Anak yang Saleh

Setiap orang tua pasti berharap untuk mendapatkan anak yang saleh dan salihah. Do’a berikut ini dapat dibacakan selama kehamilan:

Rabbi hab lii minash shaalihii

Artinya: “Ya Rabb, anugerahkan kepadaku keturunan yang termasuk dalam golongan orang-orang saleh.”

Baca Juga: 4 Cara Menjaga Mood Selama Kehamilan

Tips Agar Tidak Mual Muntah Saat Hamil Secara Islami

resep thai tea jahe
Foto: resep thai tea jahe (Orami Photo Stocks)

Foto: Orami Photo Stock

Hamil merupakan anugerah dari Allah SWT untuk kaum hawa. Namun, da juga ibu hamil yang harus bersusah payah melewatinya, misalnya karena mengalami mual dan muntah atau morning sickness.

Selain memanjatkan doa agar tidak mual muntah saat hamil, dr. Zaidul Akbar membagikan cara mengatasinya menurut Islam.

Sebagai praktisi thibun nabawi atau pengobatan ala nabi, melalui Instagram pribadinya @zaidulakbar memberikan tipsnya.

Yakni menggunakan jahe, sereh dan daun mint. Caranya adalah dengan memasukkan jahe dan sereh yang telah digeprek ke dalam air panas, yang dimasukkan juga beberapa lembar daun mint.

Ramuan ini sebenarnya tidak perlu dicampur dengan madu. "Misal habis minum ramuannya terus minum madu 1-2 sdm gitu," katanya dalam caption.

Namun jika tidak menemukan sereh dan daun mint, jahe yang digeprek dan diseduh dengan air panas tetap dapat meredakan mual muntah saat hamil.

Ramuan ini dapat diminum 1 sampai 3 kali sehari, terutama menjelang munculnya mual-mual. Misalnya saat sebelum subuh atau sebelum tidur.

dr Zaidul Akbar juga memberi tips lain jika ibu hamil merasakan mual-mual, yakni sering makan dengan porsi yang sedikit-sedikit dengan makanan-makanan sehat.

Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk memperbanyak salat sunnah. Menurutnya, salat dapat menjadi senam bagi ibu hamil.

Ini dilakukan dengan melamakan waktu rukuk dan sujud. “Jangan lupa ketemu matahari kalo ada, biar janinnya sehat, lawan magernya ya," tulisnya.

dr. Zaidul Akbar juga menganjurkan agar memperbanyak zikir dan membaca Alquran serta menjauhi hal-hal yang tidak bermanfaat. “Biar qalbu sehat, raga sehat," tambahnya.

Mengamalkan doa agar tidak mual muntah saat hamil diharapkan dapat menjadi cara agar menjalani kehamilan dengan aura positif, baik jiwa maupun raga.

  • https://tabbayun.com/cara-menghilangkan-mual-saat-hamil/
  • https://narmadi.com/id/doa-penghilang-mual-saat-hamil/
  • https://jurnal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/3346
  • https://www.instagram.com/zaidulakbar/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb