Kehamilan

17 April 2020

4 Tips Mengatasi Rasa Cemas saat Hamil di Tengah Pandemi

Jangan panik ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Penyebaran virus corona (COVID-19) yang semakin meluas dan menginfeksi banyak orang, tidak dipungkiri semakin menambah kecemasan dan kekhawatiran kita, terutama mungkin para ibu hamil dan yang sebentar lagi akan melahirkan.

Pertimbangan akan berbagai hal untuk persiapan kehamilan pasti dirasa. Seperti haruskah melewati kontrol kandungan, apakah aman melahirkan di rumah sakit, berapa banyak orang yang boleh mendampingi, hingga alat yang digunakan aman atau tidak pasti akan muncul.

Akibatnya, rasa cemas makin meningkat seiring dengan semakin dekatnya Hari Perkiraan Lahir (HPL).

Untuk Moms yang memiliki berbagai kecemasan mengenai kehamilan selama masa pandemi ini, dr. Darrell Fernando, SpOG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, akan membagikan beberapa tips untuk mengatasi kecemasan para ibu hamil.

Baca Juga: 9 Istilah Selama Pandemi COVID-19, Moms Sudah Tahu Semuanya?

Tips Mengatasi Kecemasan saat Hamil

Beberapa hal di bawah ini bisa Moms lakukan, agar rasa cemas selama hamil di tengah pandemi bisa berkurang dan hilang.

1. Ibu Hamil Tidak Lebih Rentan Terinfeksi COVID-19

mengatasi kecemasan ibu hamil saat pandemi

Foto: Orami Photo Stock

“Agar ibu hamil tidak cemas saat pandemi, perlu dipahami bahwa sekarang sudah ada penelitian dan rekomendasinya yang bahwa perempuan hamil tidak lebih rentan terkena COVID-19 daripada populasi umum,” jelas dr. Darrell.

Hal ini berarti bahwa baik ibu hamil maupun masyarakat umum risikonya sama untuk terinfeksi COVID-19.

Penelitian Obstetrics & Gynaecology juga menyatakan bahwa dari penelitian terhadap beberapa ibu yang melahhirkan tidak ada kasus penularan vertikal yang dilaporkan.

Jadi Moms tidak perlu khawatir karena hamil makanya lebih berisiko terkena COVID-19. Maka dari itu tidak perlu cemas berlebihan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Drama Korea untuk Ditonton selama Pandemi COVID-19

2. Kurangi Jadwal Kontrol Kandungan

mengatasi kecemasan ibu hamil saat pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Kontrol kandungan selama kehamilan memang wajib untuk memeriksa perkembangan dan kesehatan janin kita. Lamanya hamil yang kurang lebih 40 minggu, dibagi ke dalam 3 trimester. Trimester pertama 1-13 minggu, trimester kedua 13-28 minggu, 28 hingga melahirkan adalah trimester 3.

Selama pandemi, ada baiknya jadwal kontrol kandungan memang dikurangi, namun tidak berarti tidak kontrol ya, Moms. Jadi yang 1 adalah kapan harus pertama kali kontrol?

“Di trimester pertama di antara 1-13 minggu harus kontrol dan USG, kedua di usia 20 minggu, ketiga usia 28 minggu, keempat 32 minggu, terakhir 36, dan menjelang perjalinan,” terang dr. Darell.

Ia juga mengatakan bahwa jika dirangkum akan menjadi 10, 20, 28, 32, 36, dan menjelang persalinan.

3. Tetap Menjaga Perilaku Hidup Bersih

mengatasi kecemasan ibu hamil saat pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Tips lainnya untuk mengatasi kecemasan saat hamil saat pandemi adalah tetap tenang dan berpikir dengan akal sehat.

Teruskan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mengurangi kontak, dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Tetap ikuti jadwal periksa ke dokter, jangan mengabaikan walaupun dikurangi tapi tidak dihilangkan.

Baca Juga: Strategi dari 5 Negara dalam Melawan Virus COVID-19

4. Konsultasikan dengan Dokter Mengenai Persiapan Kelahiran

mengatasi kecemasan ibu hamil saat pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Untuk Moms yang sebentar lagi akan melahirkan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai persiapan menjelang kelahiran. Rumah sakit mana yang cocok, ingin melahirkan secara normal atau c-section, dan tanyakan alternatif rumah sakit yang diberikan.

Dengan begitu, kecemasan Moms akan kehamilan selama masa pandemi ini akan berkurang karena berkonsultasi langsung dengan ahlinya.

Itu dia Moms beberapa tips yang dibagikan untuk mengurangi kecemasan saat hamil di saat pandemi ini. Tetap tenang dan jangan panik ya!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait