01 Maret 2022

Stalin Jadi "Penemu" Photoshop, Ini 10+ Fakta Sejarah Lain yang Mengejutkan!

Einstein juga pernah ditawarkan menjadi calon presiden?

Einstein dikenal sebagai ilmuan masyhur, Stalin merupakan revolusioner Rusia, dan Tutankhamun lebih dikenal sebagai Raja Firaun yang mati muda. Ternyata, ketiga sosok tersebut menyimpan fakta sejarah penting yang tak pernah dicantumkan dalam buku.

Setiap fakta sejarah tentu memiliki keunikan dan maknanya masing-masing. Menceritakan fakta sejarah kepada anak juga bisa memberikan pengetahuan baru Moms.

Beberapa sejarah memang terdengar aneh, tapi kebanyakan punya efek penting bagi dunia. Inilah beberapa fakta sejarah penting yang tak ada di buku pelajaran sejarah Moms.

Baca Juga: Sejarah, Makna, dan Aneka Resep Kue Keranjang

Fakta Sejarah Unik

Berikut ini beberapa fakta sejarah yang unik dan tidak tercatat dalam buku pelajaran. Yuk, simak ceritanya berikut ini ya Moms!

1. Einstein Calon Presiden

albert-einstein-1933340_1280
Foto: albert-einstein-1933340_1280 (Pexels)

Foto: pixabay.com

Fakta sejarah yang tak dicantumkan di buku pelajaran sejarah tentang Einstein yaitu tentang pencalonannya jadi presiden. Bukan calon presiden Amerika, melainkan Israel.

Dilansir dari History Daily, kejadian tersebut terjadi tahun 1952 saat PM Israel waktu itu menawarkan Einstein untuk jadi presiden. Einstein menolak karena mengganggap dirinya tak jago dalam berurusan dengan orang lain.

2. Orang Tua Raja Tutankhamun

raja tutankhamun
Foto: raja tutankhamun

Foto: shutterstock.com

Sebuah studi terbaru menjelaskan kalau Raja Tutankhamun meninggal karena malaria. Masalah lain yang mengganggu kesehatan yaitu kelainan tulang.

Hal yang mencengangkan dari studi ini, kelainan tulang bisa jadi disebabkan karena orang tua Tutankhamun adalah saudara kandung, kakak adik!

3. Pakaian dari Kantong Tepung

kantung tepung
Foto: kantung tepung

Foto: shutterstock.com

Ketika terjadi depresi besar (Great Depression) tahun 1930 di Amerika, dunia terkena imbasnya. Karena tidak mampu membeli sepotong baju, wanita disana lalu berinovasi.

Kantong bekas tepung disulap jadi pakaian untuk keluarga. Ketika pabrik kantong tepung tahu akan tren ini, mereka berubah haluan dengan membuat kain tepung dengan beragam motif.

4. Alasan Pemakaian Sidik Jari

alasan ada fingerprint
Foto: alasan ada fingerprint

Foto: brightside.me

Sejarah bermula ketika ada dua orang dengan wajah yang sama persis berada dalam satu penjara.

Hal lain yang juga aneh, keduanya punya nama sama meski bukan saudara dan juga tak pernah saling bertemu sebelumnya. Opsir yang kebingungan lalu mencari cara untuk membedakan keduanya, yaitu melalui sidik jari.

Baca Juga: Yuk, Ajak Anak Kenali Sejarah Pramuka!

5. Panggilan Bangun

knocker
Foto: knocker

Foto: brightside.me

Sebelum alarm digital dan manual eksis, ada sebuah profesi khusus untuk membangunkan orang.

Mula-mula, mereka akan membangunkan orang dengan cara mengetuk jendela rumah satu persatu dengan tongkat, atau menembakkan kacang polong kering ke jendela.

Tak lagi dirasa efektif, caranya pun diganti dengan meniupkan peluit di tengah jalan.

6. Stalin "Penemu" Photoshop

stalin
Foto: stalin

Foto: brightside.me

Sebagi revolusioner Rusia, Stalin pasti punya banyak koleksi gambar pribadi dengan tentara dan orang sekitarnya.

Anehnya, tiap ada tentara yang tewas, Stalin mengubah foto seolah tak pernah ada orang tersebut. Dari kondisi inilah lalu lahir photo retouching atau olah foto.

7. Sirup dari Obat Terlarang

sirup
Foto: sirup (Pexels)

Foto: pexels.com

Sejarah yang juga mencengangkan yaitu pemakaian obat terlarang seperti heroin dan morphine untuk mengobati batuk.

Obat ini diproduksi oleh merek dagang Bayer tahun 1980 hingga 1910. Hal yang mengherankan, sirup obat batuk ini justru ditujukan untuk anak kecil.

8. Napoleon Pernah Diserang Kelinci

napoleon
Foto: napoleon (inc.com)

Foto: inc.com

Napoleon Bonaparte adalah sosok terkenal dalam sejarah. Ia dikenal karena kisah penaklukannya yang mengagumkan. Tapi, siapa sangka dibalik keberaniannya, justru Ia pernah diserang segerombolan kelinci.

Dilansir dari Best Life, kepala staff kerajaan pernah meminta orang-orang mengumpulkan 3.000 ekor kelinci untuk acara perburuan. Ketika kelinci dilepaskan, mereka justru menyerang Napoleon.

Ternyata, hewan menggemaskan yang satu ini juga bisa membuat kerusuhan nih, Moms.

Baca Juga: Sejarah Perang Jamal dan Perkembangan Sejarah Islam, Yuk Ceritakan pada Si Kecil!

9. The Avengers adalah Sekelompok Pembunuh!

nazi
Foto: nazi (Istock)

Foto: istockphoto.com

Mendengar nama Avengers pastinya Moms akan langsung tertuju ke sekelompok pahlawan super fiksi yang sangat terkenal dan filmnya disukai oleh banyak orang.

Tenyata, kelompok Avengers ini sudah ada sejak masa Peran Dunia II Moms.

Menurut Parade, The Avengers merupakan sekelompok pembunuh Yahudi yang memburu penjahat perang Nazi pasca PD II. Mereka bahkan meracuni 2.283 tawanan perang Jerman.

10. Bajak Laut Paling Sukses adalah Seorang Wanita

pirates
Foto: pirates (Pexels)

Foto: pexels.com

Kisah tentang bajak laut terkenal pastinya sering Moms dan Dads dengar. Apalagi, ada juga film terkenal tentang bajak laut yang sangat menarik untuk ditonton.

Dibaliknya garangnya sosok bajak laut, ternyata bajak laut tersukses adalah seorang wanita!

Dilansir dari The Fact Site, bajak laut tersukses itu bernama Ching Shih. Ia adalah seorang pekerja seks asal China. Suatu hari, seorang komandan armada bajak laut menikahinya.

Sang Suami kemudian menjadikannya sebagai komandan bajak laut di sebuah armada besar. Ia mendapatkan rasa hormat dari bajak laut lain, bahkan setelah kematian suaminya Ia dipilih menjadi kapten seluruh armada.

Ia memimpin armada besar dengan lebih dari 300 kapal perang. Armada yang Ia pimpin sangat ditakuti di perairan China.

11. Colosseum Awalnya Dilapisi Marmer

sejarah1
Foto: sejarah1 (pexels)

Foto: pexels.com

Moms dan Dads pastinya sudah pernah mendengar sebuah bangunan kuno bernama Colosseum. Bangunan bersejarah yang satu ini sangat mudah dikenali dari bentuknya yang unik.

Tahukah Moms dan Dads bahwa Colosseum yang sekarang kita lihat ternyata dulunya dilapisi oleh marmer. Bagian luar bangunan ini ditutup oleh marmer, namun faktor usia membuat marmer ini menjadi rusak.

Sebagian besar marmer juga dicuri ketika jatuhnya kekaisaran Roma. Alhasil, yang terlihat saat ini adalah permukaan kasar dari Colosseum.

Itu dia Moms, beragam fakta sejarah menarik yang mungkin Moms belum ketahui. Satu hal yang pasti, sejarah tak akan bisa ubah, tak peduli bagaimana kelamnya.

Hal yang terbaik adalah berdamai dengan sejarah dan belajar dari apa yang telah berlalu. Beragam sejarah di atas bisa menjadi tambahan pengetahuan penting yang tak pernah diajarkan di sekolah.

Sumber

  • https://historydaily.org/weird-historical-facts
  • https://parade.com/1099930/marynliles/history-facts/
  • https://www.thefactsite.com/100-history-facts/
  • https://bestlifeonline.com/historical-facts/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb