Kehamilan

KEHAMILAN
6 April 2020

Flu Perut Saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Moms, ketahui penyebab flu perut saat hamil serta penanganan secara tepat saat menderitanya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Kehamilan dapat membuat Moms sangat berhati-hati karena tidak hanya tentang diri sendiri tetapi juga Si Kecil dalam kandungan yang perlu dijaga.

Walaupun begitu, ada saja infeksi tertentu yang mungkin masih menyerang Moms, dan salah satunya adalah gastroenteritis virus, yang umumnya dikenal sebagai flu perut.

MenurutJournal of Clinic & Diagnostic Research, flu perut mungkin terjadi tidak sepenuhnya karena kelalaian Moms, tetapi kehamilan bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh lebih rentan terhadap infeksi dan komplikasinya.

Penyebab Flu Perut Saat Hamil

Flu perut saat hamil sendiri adalah fenomena yang sangat umum terjadi. Flu perut adalah infeksi pada lapisan usus, lalu apa penyebab flu perut saat hamil?

Moms, flu perut biasanya disebabkan berbagai jenis virus yang ditransfer dari makanan yang disiapkan di bawah kondisi tidak higienis atau tidak dimasak dengan benar.

Berdasarkan National Center for Biotechnology Information, Moms pun dapat terkena flu perut ini melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau jika makan tanpa mencuci tangan setelah menyentuh permukaan yang terkontaminasi.

Sementara itu, artikel dari Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan flu perut biasanya disebabkan oleh virus norovirus yang hampir 50% dari wabah infeksi bawaan makanan.

Meskipun ini adalah penyakit bawaan makanan yang sembuh sendiri, disarankan untuk mencari perhatian medis jika Moms tengah hamil.

Baca Juga:Terlihat Sama, Flu Perut dan Keracunan Makanan Ternyata Berbeda!

Penanganan Flu Perut Saat Hamil

Flu perut bisa lebih sulit diidentifikasi selama tahap awal kehamilan ketika sebagian besar Moms menderita mual di pagi hari.

Namun, jika muntah dan mual disertai dengan kurang nafsu makan, kram, demam, atau diare, Moms mungkin menderita flu perut.

Apalagi flu perut hanya akan berlangsung selama beberapa hari, sementara American College of Obstetricians and Gynecologists menerangkan mual di pagi hari tetap sampai trimester kedua. Kemudian, bagaimana penanganan flu perut saat hamil?

1. Minumlah Cukup Cairan

Ibu hamil minum air putih

Foto: Orami Photo Stocks

Cairan sangat penting ketika Moms menderita flu perut saat hamil.

Tubuh kehilangan cairan melalui keringat, muntah, dan diare.

Moms pun berisiko mengalami dehidrasi, terutama jika sering buang air kecil atau buang air kecil.

Artikel keluaran Cornell University menjelaskan kurangnya cairan dapat menyebabkan penurunan volume darah, yang kemudian dapat mengganggu pasokan oksigen dan nutrisi untuk janin yang sedang tumbuh .

Gejala seperti rasa haus yang konstan, mulut dan kulit kering, urin berwarna gelap, inkonsistensi urin, kurangnya urin, kelelahan, atau pusing menunjukkan dehidrasi.

Sementara itu, Moms harus menghindari minuman berkafein seperti teh hitam, kopi, dan cokelat atau minuman manis yang bisa meningkatkan diare.

2 .Istirahat

Ibu Hamil Beristirahat

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, flu perut saat hamil yang menyebabkan diare bisa membuat lelah dan lemah karena tubuh berjuang untuk melawan infeksi juga bekerja untuk merawat Si Kecil dalam kandungan.

Karena itu, sangat penting untuk beristirahat sebanyak mungkin. Beristirahatlah sampai Moms merasa telah pulih sepenuhnya.

Baca Juga: 3 Penanganan Pertama Flu Perut Pada Anak

3. Makan-Makanan yang tepat

Ilustrasi makanan sehat

Foto: Orami Photo Stocks

Saat gejala flu perut saat hamil mulai membaik, Moms dapat secara bertahap memperkenalkan makanan yang hambar dan semi padat.

Mereka lebih mudah dicerna. Makanan padat sulit untuk dicerna. Lalu, Moms pun diminta untuk

Diet BRAT (Banana, Rice, Applesauce, and Toast) Ini adalah pilihan diet terbaik untuk meredakan masalah perut.

Ini terdiri dari pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang, yang mengandung banyak karbohidrat.

Mereka memberikan energi dan mengisi kembali tubuh Anda dengan nutrisi yang hilang melalui diare dan muntah.

  • Pisang mendukung pencernaan dan mengganti kalium yang hilang.
  • Nasi putih mudah dicerna dan memberikan energi. Jangan mengambil beras merah karena mengandung serat tinggi, yang bisa jadi keras pada perut.
  • Saus apel menawarkan peningkatan energi melalui karbohidrat dan gula yang ada di dalamnya. Ini juga mengandung pektin, yang memudahkan diare.
  • Roti panggang seperti roti putih adalah pilihan yang baik dan mudah dicerna. Roti gandum mengandung serat berlebih, yang lagi-lagi tidak baik untuk sistem pencernaan.

Baca Juga:5 Fakta Terbaru Tentang Flu Perut Pada Balita

- Jahe

Jahe

Foto: Orami Photo Stocks

Food Science & Nutrition mengungkapkan jahe adalah bantuan pencernaan alami dan obat yang efektif untuk mual. Jahe dapat membantu meringankan gejala mual dan muntah.

- Daun Mint

Peppermint

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut Buku Makanan Kesehatan Oxford, yang ditulis oleh J.G Vaughn, seorang profesor ilmu makanan di London's King's College, dan Dr. P.A. Judd, Dosen Utama di University of Central Lancashire, peppermint juga bisa membantu memerangi sakit perut.

Itu dapat meringankan gejala gastroenteritis akut. Moms bisa menyiapkan teh peppermint dengan cara yang sama seperti teh jahe.

Baca Juga: Mengenal FODMAP Diet untuk Penderita Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS)

- Probiotik

Mengkonsumsi probiotik dapat membantu dalam manajemen gastroenteritis akut.

Moms dapat terus meminumnya selama sakit dan juga setidaknya dua minggu kemudian.

Hal ini diperkuat lewat artikel yang ditulis oleh ESPGHAN Working Group for Pribiotics and Prebiotics.

Baca Juga:Ini Gejala Flu Perut Pada Bayi, Wajib Tahu!

Flu perut adalah infeksi virus, dan mungkin tidak membahayakan janin Moms.

Ini karena mekanisme pertahanan tubuh sangat kuat dalam melindungi bayi dari infeksi virus tersebut.

Karena itu, sangat penting bagi Moms untuk tetap sehat dan bugar selama kehamilan karena walaupun terinfeksi, tubuh akan melawannya dan menyelamatkan bayi juga.

Namun, jika tubuh tidak cukup kuat atau Moms menderita penyakit lain, maka flu perut atau gastroenteritis selama kehamilan dapat menjadi penyebab kekhawatiran.

Sehingga, ada baiknya segera mendatangi dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait