Program Hamil

14 Maret 2019

Bagaimana Cara Cepat Hamil Bagi Pasangan Baru?

Ada beberapa cara yang bisa Moms dan Dads lakukan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Langsung hamil setelah menikah tentu menjadi impian bagi banyak pasangan suami istri.

Sayangnya hal ini tak selalu mudah didapatkan, karena diperlukan beberapa upaya untuk mewujudkannya.

Bagi para pasangan baru, inilah cara agar cepat hamil setelah menikah!

1. Lakukan Pemeriksaan Prakonsepsi

cepat (4)

Menjelang pernikahan, sebaiknya tanyakan kepada dokter tentang vitamin prenatal yang memiliki asam folat, yang membantu melindungi risiko cacat lahir, seperti spina bifida.

Asam folat bekerja selama tahap awal kehamilan, jadi itu sebabnya penting untuk memastikan apakah tubuh mendapatkan asam folat yang cukup bahkan sebelum hamil.

"Lakukan prosedur ini sebelum berhubungan seksual," ujar Paula Hillard, MD, profesor kebidanan dan kandungan di Universitas Stanford. "Jika Anda memiliki masalah medis yang mendasarinya, maka sebaiknya segera selesaikan agar bisa hamil dengan aman."

Baca Juga: 6 'Selingan' Saat Berhubungan Intim yang Bisa Bikin Cepat Hamil

2. Kenali Siklus Menstruasi

cepat (3)

Ovulasi adalah waktu terbaik untuk hamil dan masa subur merupakan waktu yang paling tepat untuk berhubungan seksual.

Mengetahui siklus menstruasi dapat membantu Moms mengetahui saat yang paling tepat untuk melakukan hubungan seksual dan menjaga kondisi tubuh.

Hari pertama periode menstruasi dianggap sebagai hari pertama. "Mulailah pengujian pada hari ke sembilan dan teruskan sampai anda mendapatkan hasil yang positif," saran Joanne Piscitelli, MD, profesor ginekologi di Duke University Medical Center di Durham.

Perempuan dengan siklus 28 hari cenderung berovulasi pada hari 14. Tetapi banyak perempuan memiliki siklus yang lebih panjang atau lebih pendek, jadi memberikan jarak yang panjang dapat membantu untuk memastikannya.

3. Posisi Bercinta

cepat (2)

Tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa posisi misionaris lebih baik daripada perempuan yang berada di atas dalam hal memaksimalkan peluang untuk hamil.

Namun, memang beberapa posisi yang menentang gravitasi, seperti duduk atau berdiri selama hubungan intim, dapat mencegah sperma melakukan perjalanan ke hulu.

"Ini masalah gravitas dan Anda tentu tidak ingin semua sperma habis karena jumlahnya yang sedikit," kata Hillard.

4. Berbaringlah Sesaat Setelah Hubungan Intim

cepat (1)

Moms mungkin pernah mendengar yang satu ini, berbaring di tempat tidur dengan kaki di udara setelah berhubungan seks untuk meningkatkan peluang hamil. Mitos atau fakta? Jawabannya tidak sepenuhnya benar.

"Saran yang bagus untuk berbaring di tempat tidur selama 10 hingga 15 menit setelah hubungan intim, tetapi tidak perlu kaki menggantung di udara," kata Goldfarb.

"Jangan pergi ke kamar mandi juga selama ini, katanya. Jika Anda menunggu 10 hingga 15 menit, sperma yang akan masuk ke leher rahim akan berada di leher rahim," lanjutnya. 

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Sehat yang Meningkatkan Kesuburan dan Bikin Cepat Hamil, Mau Coba?

5. Tidak Perlu Berlebihan Berhubungan Seks 

cepat (1)

Berhubungan seks setiap hari bahkan selama ovulasi belum tentu meningkatkan peluang untuk hamil. "Secara umum, setiap malam sekitar waktu ovulasi membantu meningkatkan peluang Anda untuk hamil," ujar Goldfarb.

Sperma dapat hidup hingga 72 jam setelah hubungan intim. Saran terbaik adalah melakukan hubungan seks secara teratur, ketika sedang berovulasi, dan ketika tidak melakukan ovulasi.

"Mengenakan pakaian ketat dapat memengaruhi jumlah sperma secara negatif," kata Piscitelli. Begitu juga dengan menghabiskan waktu di bak mandi air panas.

Sebuah studi di jurnal Fertility and Sterility menunjukkan bahwa pria yang menggunakan ponsel dan menyimpan ponsel mereka dekat dengan testis mereka memiliki kualitas sperma yang lebih buruk.

Bagi para pasangan yang baru menikah, itulah tadi beberapa hal yang benar-benar harus diperhatikan. Satu lagi upaya yang tak boleh dilupakan adalah menjaga kesehatan dan pikiran agar terhindar dari stres.

(MDP)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait