Kesehatan

KESEHATAN
13 April 2020

Cari Tahu Gaya Hidup yang Sesuai dengan Gen Tubuh Kita

Semuanya harus disesuaikan dengan gen ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Gaya hidup sehat memang harus dilakukan oleh siapa saja, tentunya untuk mendapatkan tubuh sehat yang terhindar dari berbagai macam penyakit.

Untuk menjalani gaya hidup sehat, banyak orang mencoba berbagai diet ketat, seperti diet mayo, diet keto, ikut yoga, zumba, pound fit, lari maraton, dan kegiatan fisik lain. Namun apakah diet dan aktivitas fisik yang dilakukan efektif?

Setiap manusia memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik itu fisik, sifat, juga kebutuhan nutrisi, jenis olahraga, serta risiko penyakit yang dimiliki. Yang paling memengaruhi perbedaan tersebut adalah gen dalam tubuh.

Gen berpengaruh pada sifat, fisik, kesehatan, dan respon tubuh terhadap nutrisi, jenis olahraga dan risiko penyakit yang ditimbulkan.

Baca Juga: 5 Langkah Sederhana untuk Menjalani Gaya Hidup Sehat

Mengetahui Nutrisi dan Olahraga yang Tepat

Prodia Nutrigenomics

Foto: dok. Prodia

Tidak hanya kebutuhan nutrisi yang berbeda, akan tetapi jenis serta jumlah olahraga setiap orang juga berbeda.

Nutrisi dan latihan fisik dengan porsi yang sama, belum tentu memberikan efek yang sama bagi setiap orang.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kebutuhan nutrisi dan jenis olahraga yang tepat untuk tubuh kita agar kesehatan dapat tetap terjaga dan terlindungi dari beragam risiko penyakit.

Untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan pemeriksaan genomik pertama di Indonesia yakni Prodia Nutrigenomics, salah satu rangkaian dari pemeriksaan Prodia Genomics.

Prodia Nutrigenomics akan menganalisis lebih dari 50 jenis gen dan 75 variasi genetik (SNP) yang berkaitan dengan nutrisi dan olahraga.

Pada nutrisi, dapat mengetahui kecenderungan setiap individu terhadap presepsi rasa, respon terhadap makanan, metabolisme nutrisi serta pengelolaan berat badan dan komposisi tubuh berdasarkan tipe gennya.

Sedangkan pada olahraga dapat mengetahui manfaat berolahraga, olahraga yang cocok apakah yang mengandalkan kekuatan atau daya tahan sesuai dengan tipe gen.

Baca Juga: Tips Menjaga Pola Makan Sehat Saat WFH Agar Tidak Berlebihan

Mendapatkan Gaya Hidup Sehat yang Sesuai

Prodia Nutrigenomics

Foto: shutterstock.com

Prodia Nutrigenomics memudahkan kita melakukan pengaturan gaya hidup termasuk pada makan dan olahraga yang tepat sesuai tipe gen dan membantu mencegah munculnya beragam risiko penyakit terutama penyakit degeneratif seperti obesitas dan diabetes.

Bukan hanya itu saja, juga dapat membantu jika kita sedang melakukan program pengaturan berat badan.

Baca Juga: 4 Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Pemeriksaan ini cukup dilakukan satu kali seumur hidup dan dapat dilakukan diseluruh cabang Prodia di Indonesia.

Jika Moms tertarik untuk melakukan pemeriksaan ini, segera kunjungi www.prodia.co.id atau hubungi Kontak Prodia di 1500 830.

Jadi mau makan dan olahraga apa? Tanya DNA dulu, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait