3-12 bulan

3-12 BULAN
5 Juli 2019

Gejala Autisme Pada Bayi yang Bisa Menjadi Deteksi Dini

Gejala autisme sudah dapat terlihat saat bayi berusia tiga bulan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Menyaksikan bayi berkembang merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Meski perkembangan setiap anak berbeda-beda, namun saat Si Kecil tidak memperlihatkan perkembangan yang sesuai usianya, maka ini bisa menjadi pertanda bagi Moms untuk mulai waspada.

Beberapa orang tua mengenali gejala Autism Spectrum Disorder (ASD) saat Si Kecil berusia enam hingga 12 bulan, dan beberapa ada juga yang mengenali gejala autisme lebih awal. Berikut ini beberapa gejala autisme sesuai dengan perkembangan usia bayi.

Gejala Autisme Bayi Usia 3 Bulan

Gejala Autisme Pada Bayi yang Bisa Menjadi Deteksi Dini 01.jpg

Foto: theautismtherapygroup.com

Di usia ini, bayi seharusnya sudah bisa mengikuti arah gerak sebuah objek yang ada di depan matanya.

“Bayi berisiko tinggi untuk autisme jika tidak mengikuti arah pengasuhnya saat bergerak di bidang visual. Bayi dengan autisme cenderung lebih tertarik dengan sesuatu seperti selimut,” ungkap psikolog klinis, peneliti autisme, dan Chief Science Officer untuk Autism Speaks, Thomas Frazier, PhD, seperti dikutip dari parents.com.

Gejala autisme lain yang bisa dilihat sejak bayi usia tiga bulan, antara lain: bayi tidak menanggapi suara keras, tidak menangkap serta memegang benda, tidak tersenyum pada orang, belum terdengar mengoceh, dan kurang terlihat antusias dengan wajah-wajah yang baru ditemuinya.

Baca Juga: 4 Tips Traveling Menggunakan Pesawat untuk Anak dengan Autisme

Gejala Autisme Bayi Usia 7 Bulan

Gejala Autisme Pada Bayi yang Bisa Menjadi Deteksi Dini 02.jpg

Foto: usatoday.com

Pada usia ini, bayi seharusnya merespon atau mencari asal suara yang didengar Si Kecil. Bayi yang belum tertawa atau mengeluarkan suara memekik, tidak tersenyum sendiri, belum juga meraih benda dan tidak tertarik pada permainan, seperti cilukba, maka bisa jadi ini merupakan gejala autisme yang dialami Si Kecil.

Bayi di usia tujuh bulan juga kerap berusaha menarik perhatian orang di sekitarnya dengan melakukan tindakan tertentu, jika hal ini belum terjadi di usia tujuh bulan, maka Moms perlu sedikit waspada dengan kondisi Si Kecil.

Baca Juga: 5 Persiapan Sebelum Traveling Bersama Anak dengan Autisme

Gejala Autisme Bayi Usia 12 Bulan

Gejala Autisme Pada Bayi yang Bisa Menjadi Deteksi Dini 03.jpg

Foto: theconversation.com

Bayi yang belum merangkak, belum mengeluarkan satu kata pun, dan tidak memperlihatkan gerakan, seperti melambai atau menggelengkan kepala, maka Moms perlu mewaspadai gejala autisme di usia bayi 12 bulan ini. Bayi yang belum dapat menunjuk ke arah sebuah objek atau gambar dan masih terlihat kesulitan berdiri meski telah dibantu, juga bisa menjadi gejala autisme pada bayi.

Meski gejala autisme bisa dilihat sesuai perkembangan usianya, namun pemeriksaan lebih menyeluruh perlu dilakukan pada bayi.

“Secara umum, jika bayi tumbuh dan berkembang secara normal, memiliki hanya satu tanda atau perilaku yang terkait dengan ASD mungkin tidak berarti dia menderita autisme. Lebih penting untuk memperhatikan bagaimana dia berkembang dan apakah dia berhasil mencapai perkembangan yang diharapkan pada usianya,” ungkap Dokter anak yang juga menjadi bagian dari American Academy of Pediatrics dan penulis buku The Everything Father’s First Year Book, Vincent Iannelli, MD, seperti dikutip dari verywellfamily.com.

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah! Ini 6 Mitos Autisme Pada Anak yang Banyak Beredar

(GS)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait