K-Wave

28 Desember 2021

Profil Go Hyun Jung, Mantan Miss Korea yang Makin Cantik di Usia 50 Tahun

Kehidupannya penuh drama, mulai dari menikahi konglomerat hingga kehilangan hak asuh anak
placeholder

Foto: Instagram.com/jtbcdrama

placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika Moms ingat tentang drama Korea berjudul The Great Queen Seondeok, tentu wajah Go Hyun Jung tidak asing lagi. Dalam drama yang bercerita tentang ratu pertama dalam 5000 sejarah Korea ini, Go Hyun Jun tampil sebagai tokoh antagonis bernama Mi Shil.

Jadi, siapa Go Hyun Jung dan bagaimana kabarnya saat ini, setelah 12 tahun drama 40 episode tersebut menjadi sangat populer pada masanya?

Rupanya, Go Hyun Jung adalah seorang aktris Korea Selatan yang memulai debutnya di dunia hiburan sebagai runner-up Miss Korea pada tahun 1989. Tidak aneh memang, paras cantiknya memang layak untuk masuk dalam jajaran peserta beauty pageant.

Go Hyun Jung lulus dari Universitas Dongguk dengan gelar Seni Pertunjukan. Terobosan besar Go Hyun Jung datang dalam drama Korea pada 1995 berjudul Sandglass dari stasiun televisi SBS.

Drama ini membahas sejarah Korea modern dari tahun 1970 hingga 1990-an dan merupakan salah satu drama Korea dengan rating tertinggi dalam sejarah televisi Korea.

Drama Sandglass yang dibintangi Go Hyun Jung dengan rating rata-rata 50,8% dan puncak 64,5%. Orang-orang akan bergegas pulang hanya untuk melihat episode baru dari drama ini. Mereka mengatakan “saatnya pulang”, yang berarti mereka harus pulang untuk menonton Sandglass.

Pada tahun yang sama, Go Hyun Jung pensiun dari karir aktingnya setelah mengambil keputusan besar dan mengagetkan banyak fansnya, yaitu menikah. Go Hyun Jung menikah demgan dengan chaebol (pengusaha) Chung Yong-jin pada tahun 1995.

Chung Yong-jin adalah putra dari ketua Grup Shinsegae, Lee Myung-Hee, dan cucu dari pendiri Samsung Lee Byung-Chul.  Sementara itu, Chung Yong-jin sendiri adalah wakil ketua dan CEO Grup Shinsegae.

Dikutip dari Channel Korea, pernikahan Go Hyun Jung dengan Chung Yong-jin hanya bertahan delapan tahun. Mereka bercerai pada tahun 2003, tetapi hal tersebut menjadi titik balik bagi Go Hyun Jung untuk kembali ke layar kaca.

Baca Juga: Profil Kim Seul-gi, Adik sekaligus Manajer Moon Ga-young di Drama 'Find Me in Your Memory'

Profil Go Hyun Jung

127533427_220840806092968_2607752933236028663_n.jpeg

Foto: Instagram.com/kohyunjung.id

Sejak perceraiannya, Go Hyun Jung kembali mendapatkan status bintang topnya di Korea. Bahkan, Go Hyun Jung menjadi aktris dengan bayaran tertinggi di TV setelah kesuksesan serial Queen Seondeok dan Daemul.

Go Hyun Jung kembali ke televisi pada tahun 2013 dengan The Queen's Classroom, sebuah remake dari drama Jepang 2005 Jyoou no Kyoushitsu.  Cerita ini menggambarkan perjuangan antara seorang guru sekolah dasar yang ganas dan kejam dan kelasnya.

Pada tahun 2014, Go Hyun Jung jung juga mulai mengajar akting di almamaternya, Universitas Dongguk. Nah, berikut ini adalah profil Go Hyun Jung yang berhasil dirangkum oleh Orami.

  • Name: Go Hyun Jung
  • Hangul: 고현정
  • Tanggal Lahir: March 2, 1971
  • Tempat Lahir: South Korea
  • Kampus: Dongguk University
  • Tinggi: 172cm

Film Go Hyun Jung

  • A Tiger in Winter | Horangiboda Museoun Gyeoulsonnim (2018) - Yoo-Jung
  • Miss Conspirator | Miseugo Peurojaekteu (2012) - Chun Soo-Ro
  • The Day He Arrives | Bukchon Banghyang (2011) - Movie Fan
  • The Actresses | Yeobaewoodeul (2009) - Ko Hyun-Jung
  • Like You Know It All | Jal Aljido Mothamyeonseo (2009) - Go-Sun
  • Woman on the Beach (2006)

Drama Go Hyun Jung

  • Reflection of You | Neoreul Darmeun Saram (JTBC / 2021) - Jeong Hui-Ju
  • My Lawyer, Mr. Joe 2: Crime and Punishment | Dongnebyunhosa Jodeulho 2 (KBS2 / 2019) - Lee Ja-Kyung
  • Return (SBS / 2018) - Choi Ja-Hye
  • Dear My Friends (tvN / 2016) - Park Wan
  • The Queen's Classroom | Yeowangui Kyosil (MBC / 2013) - Teacher Ma Yeo-Jin
  • Dae Mul (SBS/ 2010) - Seo Hye-Rim
  • The Great Queen Seondeok | Seondeok Yeowang (MBC / 2009) - Mi-Sil
  • H.I.T (MBC / 2007) - Lt. Cha Soo-Gyung
  • Foxy Lady! | Yeowooya Mwohani (MBC / 2006) - Ko Byung-Hee
  • Spring Days | Bom-nal (SBS / 2005) - Seo Jeong-Eun
  • Sandglass (SBS / 1995)

Baca Juga: Profil Kim Min Jae: Aktor Serbabisa yang Jago Nge-rap dan Nge-dance, Daebak!

Rekomendasi Film dan Drama Go Hyun Jung

Baru-baru ini, Go Hyun Jung kembali ke layar kaca untuk drama terbarunya di stasiun televisi JTBC berjudul Reflection of You. Dalam drama bergenre thriller ini, Go Hyun Jung akan beradu akting dengan Shin Hyun Bin. Berikut ini adalah review tentang drama Go Hyun Jung tersebut dan juga drama rekomendasi lainnya.

1. Reflection of You

Reflection_of_You-p1.jpg

Foto: Asianwiki.com

Hee Joo yang diperankan oleh Go Hyun Jung banyak berpikir tentang neraka. Dia merasa seolah-olah dia hidup di dalamnya. Meskipun dia tampaknya memiliki semuanya, dua anak yang cantik, suami yang penuh kasih, rumah yang bagus, dan karier seni yang sukses, sesuatu tampaknya menghantuinya .

Dalam sebuah flashback, terdapat sebagai percikan darah di potret keluarga dan dia menyeret barang berat dan menjatuhkannya ke dalam air. Ada beberapa rahasia yang dia miliki, sesuatu yang menghentikannya untuk bisa menikmati kehidupan yang dia bangun.

Hal-hal mulai menjadi aneh ketika dia dipanggil ke rumah sakit setelah putrinya yang masih kecil Li-Sa (Su-an Kim) diserang oleh seorang guru dan akibatnya gendang telinganya pecah. Hee Joo segera menemukan bahwa guru itu tidak lain adalah Hae Won (Shin Hyon Bin), seorang teman dari masa lalu yang tampaknya hanya hantu dari dirinya yang dulu ceria.

Hee Joo menghadapkan Hae Won tentang insiden itu, yang hanya mengarah pada lebih banyak kekerasan. Akan tetapi kemudian, Hae Won mengunjunginya di rumah untuk meminta maaf dengan benar.

Meskipun niatnya tampaknya baik, Hee Joo melihat benar tindakan ini dan terguncang dengan pertemuan tersebut. Hae Won senang telah menemukan Hee Joo, dan sekarang setelah dia menemukannya, kita hanya bisa menebak apa yang akan terjadi pada artis tersebut.

2. The Queen’s Clasroom

The_Queen's_Classroom-p03.jpg

Foto: Asianwiki.com

Ini adalah sebuah cerita tentang guru sekolah dasar yang baru direkrut Ma Yeo Jin yang diperankan Go Hyun Jung. Oleh siswa kelas 6 yang dia ajar, guru ini disebut sebagai The Witch.

Dia ketat dalam segala hal, mulai dari rutinitas kebersihan hariannya sendiri, hingga cara dia berpakaian, tanpa riasan dan gaya rambut yang ketat, hingga wajahnya yang tegas dan cara disiplinnya yang dingin.

Logikanya yang kokoh diterapkan pada setiap semua keputusan yang membuat para siswa tidak dapat membela diri. Dia mengintimidasi mereka, selalu menutupi kepala sampai ujung kaki dengan setelan rok hitam dan mengenakan sepatu hak hitam polos yang membosankan.

Dia tidak pernah tersenyum, hanya sangat sopan kepada rekan-rekannya, yang tidak tahu apa yang harus dia lakukan (kecuali untuk Kepala Sekolah wanita tua yang cantik Yong Hyun Ja, diperankan oleh Youn Yuh-jung, yang sangat menyukainya dan pendekatannya yang tidak ortodoks terhadap  pengajaran).

Guru Ma hanya menjadi hangat secara dangkal ketika berbicara dengan orang tua murid-muridnya.  Anak-anak semua terkejut betapa cepatnya dia memenangkan orang tua atau wali mereka ke sisinya sebagai figur otoritas.

Mereka mengira orang tua akan melawan gaya mengajarnya yang keras. Akan tetapi, orang tua tidak melihat itu, sikapnya di kelas yang selalu menjadi ‘penyihir’ yang tidak tersenyum.

3. The Great’s Queen

The_Great_Queen_Seondeok-p1.jpg

Foto: Asianwiki.com

Serial ini dimulai pada akhir pemerintahan Raja Jinheung dan berlanjut hingga akhir pemerintahan Ratu Seondeok. Deokman lahir sebagai salah satu putri kembar Raja Jinpyeong dan Ratu Maya.

Akan tetapi karena ramalan, Raja Jinpyeong harus mengirim putrinya pergi dari istana dengan bantuan pelayan Seohwa yang kikuk, tetapi setia, untuk menyelamatkan Ratu Maya dari digulingkan oleh Mishil yang diperankan oleh Go Hyun Jung. Mishil berambisi menjadi Ratu.

Seohwa mengangkat Deokman seolah-olah dia miliknya sendiri, tetapi pergantian peristiwa akhirnya membuat Deokman menemukan identitas aslinya. Hal ini hanya untuk ditinggalkan sekali lagi oleh keluarganya untuk menyelamatkan takhta dari tangan Mishil, kecuali saudara kembarnya.

Adik Cheonmyeon, akhirnya kehilangan nyawanya saat mencoba membantu Deokman melarikan diri. Karena kebencian, Deokman berangkat untuk mengambil kembali apa yang diambil darinya.

Dia ingin membalaskan dendam saudara perempuannya dengan menjatuhkan Mishil dan menjadi raja wanita pertama Silla dengan bantuan teman tepercayanya, Yushin, dan Bidam nakal bermasalah yang dia cintai. Pada akhirnya, dia memimpin pemberontakan menjelang akhir pemerintahannya karena kesalahpahaman.

Baca Juga: Profil Cho Kyuhyun, Golden Magnae dari Super Junior

Potret dan Fakta Go Hyun Jung

Mengingat bagaimana kisah hidup Go Hyun Jung yang bagai rollercoaster, tentu saja banyak fakta menarik di kehidupannya yang berhubungan dengan keluarga atau rumah tangganya.

Apalagi, mengingat Go Hyun Jung sudah bercerai dengan Jeong Yong Jin, konglomerat yang dinikahinya sejak usia 24 tahun dan kini memiliki 2 orang anak.

1. Mendapat Tawaran Mengikuti Miss Korea Karena Tidak Sengaja

optimize.jpg

Foto: thekoreatimes.com

Go Hyun Jung  memasuki industri hiburan Korea secara tidak sengaja. Di tahun kedua sekolah menengahnya, ketika dia pergi ke toko tukang cukur untuk potong rambut, pemilik toko tukang cukur itu memandang Go Hyun Jung dan berkata dengan santai, "Kamu terlihat natural, kamu harus pergi berpartisipasi dalam Miss Korea."

Pembicara tidak punya niat, pendengar punya niat. Go Hyun Jung  benar-benar tergerak untuk mencalonkan diri untuk ‘Miss Korea’.

Jadi, pada hari-hari berikutnya, Go Hyun Jung, ditemani oleh keluarganya, pergi ke rumah sakit untuk melakukan beberapa penyesuaian agar dia memiliki peluang yang lebih baik untuk menang dalam permainan.

Berkat kecantikan serta kepribadiannya yang menarik penggemar, jalannya menjadi mulus. Dalam kompetisi tersebut, Go Hyun Jung yang ceria dan banyak bicara akhirnya berhasil meraih juara kedua dalam kontes kecantikan ‘Miss Korea’.

Setelah itu, Go Hyun Jung yang berusia 19 tahun secara resmi mendapatkan tiket masuk untuk memasuki lingkaran hiburan.

2. Menyerahkan Segalanya saat Menikahi Konglomerat

47151509032735.jpeg

Foto: channel-korea.com

Setelah menikah, Go Hyun Jung sepenuhnya menjadi ibu rumah tangga dan menjalani kehidupan yang berhati-hati dan kaya. Dikatakan bahwa dia akan bangun jam 5 setiap hari dan mulai menyiapkan sarapan untuk suaminya. 

Setelah mengantar suaminya kerja, dia akan mulai membersihkan dan menyiapkan makan siang. Setelah suaminya pulang kerja, dia telah menyelesaikan makan malam di rumah. Untuk menyamai waktu istirahat suaminya, dia harus tidur pada jam 10 malam, karena ini adalah salah satu aturan rumah.

Jadi hari demi hari, Go Hyun Jung menjalani kehidupan pernikahan yang kaya yang benar-benar berbeda dari yang dia bayangkan.

Baca Juga: Profil Yeon Woo-jin, Aktor Korea yang Berani Perankan Karakter Kontroversial

3. Kesenjangan Sosial dengan Keluarga Mantan Suaminya

264352461_196882915980901_2645186699181248972_n.jpeg

Foto: kohyunjunglive.com

Go Hyun Jung dapat menangani pekerjaan rumah yang membosankan, tetapi kesenjangan budaya dan sosial antara dia dan anggota keluarga lainnya adalah jurang yang tidak bisa dia lewati.

Meskipun Go Hyun Jung memiliki gelar sarjana dan dia belajar akting, tetapi Go Hyun Jung tidak tahu bahasa asing. Dia juga tidak tahu apa-apa tentang masalah bisnis.

Anggota keluarga lainnya memiliki latar belakang belajar di luar negeri. Semua orang tahu satu atau dua bahasa asing, dan bahkan lebih tahu tentang hal-hal di perusahaan.

Dalam kontras yang tidak terlihat ini, Go Hyun Jung secara alami memiliki rasa rendah diri dan seiring waktu dia merasa bahwa dia ‘tidak berguna’.

Lingkungan keluarga Go Hyun Jung selalu kurang percaya diri untuk melihat keluarga suaminya. Oleh karena itu, betapapun rendah hati dan tunduknya Go Hyun Jung, dia tetap tidak bisa menjadi nyonya yang sempurna di hati mertuanya.

Menurut laporan media Korea, Go Hyun Jung hanya difoto tiga kali di depan umum selama lebih dari delapan tahun hidup kaya bersama suaminya.

4. Memutuskan Bercerai dan Menyerahkan Segalanya

258389910_612480036634146_6965501835746749483_n.jpeg

Foto: Kohyunjaeie

Meskipun kesenjangan sebenarnya sudah terlihat, Go Hyun Jung, yang baru berusia dua puluhan saat itu, secara naif percaya bahwa pernikahan adalah perjanjian seumur hidup antara dua orang yang saling mencintai. Salah satu pihak yang sangat kaya hanyalah sebuah taburan gula dalam kue.

Benar saja, seperti yang sudah diduga orang, pernikahan Go Hyun Jung memang memiliki kontradiksi yang tidak dapat didamaikan. Keluhan yang terakumulasi selama bertahun-tahun membuat Go Hyun Jung memutuskan untuk mengakhiri pernikahan yang menyakitkan ini bahkan jika dia menyerahkan segalanya.

Namun perceraian bukanlah hal yang mulia bagi raksasa Korea Selatan, apalagi ketika seorang wanita yang identitasnya tidak ada bandingannya dengan mereka pertama kali mengajukan gugatan cerai.

Oleh karena itu, baik keluarga Jeong Yong Jin maupun Jeong Yong Jin tidak setuju dengan tindakan Go Hyun Jung yang mempermalukan keluarga mereka. Setelah tarik ulur yang panjang, Go Hyun Jung mendapatkan kembali kebebasannya dengan mengorbankan hak asuh sepasang anak.

Pada November 2003, Go Hyun Jung yang berusia 32 tahun dan Jeong Yong Jin secara resmi mengakhiri pernikahan 8 tahun enam bulan mereka.

5. Mendapat Tunjangan Cerai Rp18 Miliar

e2a91a3013c11dfd9281f9085cd6fdc9.jpg

Foto: channel-korea.com

Setelah perceraian, Go Hyun Jung menerima tunjangan 1,5 miliar won atau sekitar Rp18 Miliar. .

Dibandingkan dengan apa yang dia dapatkan, apa yang hilang dari Go Hyun Jung jauh melebihi pentingnya 1,5 miliar won. Tidak hanya dia tidak bisa hidup dengan sepasang anak, dia juga dilarang mengunjungi kedua anaknya.

Bayangkan seorang ibu dan anak tidak akan pernah bisa bertemu, tetapi siapa pun yang menjadi ibu harus bisa mengalami rasa sakit dan putus asa seperti ini.

Baca Juga: Profil Park Bo-Young: Aktris Multitalenta dengan Kemampuan Akting yang Menawan

6. Kehilangan Hak Asuh Anak

ezgif.com-gif-maker.jpg

Foto: newsbeezer.com

Perceraian mereka kontroversial karena Go Hyun Jung kehilangan hak asuh penuh atas anak-anaknya. Bukan hanya itu, Shinsegae mengumumkan keputusan yang menyatakan bahwa tidak ada department store yang diizinkan untuk menampilkan materi apa pun yang terkait dengan Go Hyun Jung, termasuk dukungan produknya.

Hingga saat ini, Shinsegae Group masih belum menampilkan materi terkait Go Hyun Jung. Bahkan ketika dia terpilih sebagai model untuk produk Lancome, Department Store Shinsegae tidak menunjukkan wajah Go Hyun-Jung di stan Lancome. Shinsegae menggunakan model asing sebagai ganti Go Hyun Jung untuk menjadi poster promosi produk Lancome.

7. Berusaha Menjadi Orang Kaya Baru di Usia 50 Tahun

ezgif.com-gif-maker(1).jpg

Foto: zapzee.net

Setelah kembali melajang, Go Hyun Jung  kembali ke dunia hiburan. Pada konferensi pers yang mengumumkan kembalinya dia, Go Hyun Jung mengatakan sesuatu yang sangat emosional.

"Saya meninggalkan para fans dengan sangat kejam pada awalnya, dan sekarang ketika saya kembali, mereka tidak mempermalukan saya dan sangat menyambut saya. Terima kasih semua,” katanya seperti dikutip dari INF NEWS.

Setelah itu, Go Hyun Jung yang belum pernah tampil di variety show, untuk pertama kalinya berpartisipasi dalam variety show "Knee Taoist" yang dibawakan oleh Jiang Hudong. Dalam variety show, Go Hyun Jung berbicara terus terang tentang pernikahannya yang gagal.

Menurutnya, cinta dan pernikahan itu berbeda. Jika dia bisa bertemu mantan suaminya di usia yang lebih dewasa, dia juga akan memiliki lebih banyak kebijaksanaan untuk mengatur pernikahan.

Jika Go Hyun Jung kembali ke usia 24 dan hanya mempertimbangkan mantan suaminya saja, dia masih akan memilih untuk menikah dengannya. Melalui pernikahan yang gagal ini, Go Hyun Jung juga mengerti beberapa hal tidak dapat diatasi dengan kerja keras, dan terkadang orang harus tahu cara menyerah dengan benar.

Cinta tidak selalu ada. Dia bersedia menikah dan memiliki anak untuk seseorang.  Cinta yang begitu kuat seharusnya sulit baginya untuk terjadi lagi di kehidupan masa depannya.

Meskipun nada suara Ho Hyun Jung selalu sangat lembut dan ekspresinya sangat bijaksana, keluhan dalam kata-katanya jelas. Makna di luar kata-kata itu jelas dengan sendirinya.

8. Masih Belum Bisa Bertemu dengan Anak-anaknya

ezgif.com-gif-maker(2).jpg

Foto: newsbeezer.com

Alasan mengapa Go Hyun Jung memutuskan untuk kembali ke dunia hiburan adalah karena dia ingin membuktikan bahwa dia masih orang yang berguna dan untuk mendapatkan kembali kepercayaan diri yang ‘hilang’ untuk waktu yang lama.

Lebih penting lagi, dia ingin memotret lebih banyak karya dan muncul di layar lebih sering, karena hanya dengan cara ini dia dapat memberi tahu kedua anaknya tentang hidupnya dan anak-anak dapat melihat penampilannya.

Itu sebabnya Go Hyun Jung mengatakan kepada media bahwa salah satu alasan dia melanjutkan karir aktingnya adalah untuk membuat anak-anaknya melihatnya di televisi dan di bioskop.  Meski tidak bisa bertemu dengan anak-anaknya, setidaknya anak-anaknya bisa melihat ibu mereka.

Baca Juga: Profil Kim So-hyun, Aktris Muda yang Selalu Jadi Rebutan Cowok Ganteng di Drama

9. Kecantikannya Memukau Meski Usianya 50 Tahun 

image.png

Foto: pann-choa.blogspot.com

Aktris berusia 50 tahun ini tetap terlihat memukau di berbagai foto Internet, kecantikannya yang awet muda jelas tak terbantahlan. Go Hyun Jung mengejutkan semua jagat Internet dengan penampilan komersial terbarunya saat dia memamerkan kecantikannya yang awet muda tersebut.

Tak lama setelah iklan baru yang menampilkan Go Hyun Jung tersebut, penampilannya telah menarik perhatian online. Banyak netizen meninggalkan komentar terpesona oleh kecantikannya yang awet muda, seperti ‘Saya bisa percaya jika seseorang mengatakan dia berusia 30-an’.

Beberapa komentar lainnya yaitu:

"Aku ingin tahu rutinitas perawatan kulitnya. Bagaimana mungkin?"

"Fisiknya yang tinggi, kencang, dan rambutnya yang tebal benar-benar membantunya terlihat jauh lebih muda dari usia sebenarnya."

"Selain operasi atau perawatan, dia bilang dia tidak pernah menyalakan AC atau pemanas di dalam mobil untuk mencegah kulitnya mengering. Dia juga mengatakan dia hampir tidak menyentuh wajahnya."

"Bagaimana dia bisa menurunkan berat badan tanpa terlihat lebih tua?"

"Aku benar-benar melihatnya syuting drama dan dia memang terlihat seperti ini di kehidupan nyata. Photoshop tidak bisa memperbaiki semuanya lol"

"Kalian semua harus melihat foto-fotonya di acara penghargaan. Dia terlihat memukau dalam foto-foto yang belum diproses itu."

Nah itualh profil Go Hyun Jung yang tetap terlihat mempesona di usia 50 tahun.

  • https://channel-korea.com/rumors-about-go-hyun-jungs-relationship/?amp
  • https://mydramalist.com/people/489-go-hyun-jung
  • https://asianwiki.com/Ko_Hyun-Jung
  • https://inf.news/en/entertainment/56372d0a8fe23e5554561f591fa6d35d.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait