K-Wave

7 Juli 2021

Mengenal Legenda Gumiho, Siluman Rubah yang Sering Muncul dalam Drama Korea

Cek juga drama Korea yang bertema Gumiho di sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Saat mendengar nama gumiho, apa yang terlintas dalam benakmu? Bagi para penggemar drama Korea, pastinya sudah tahu sosok bernama gumiho yang banyak dijadikan sebagai tema dalam drama Korea.

Gumiho merupakan sebuah legenda siluman rubah dari Korea Selatan. Menjadi urban legend, masyarakat Korea ada yang percaya dengan keberadaan gumiho dan ada juga yang tidak. Sosok ini seolah misterius karena dipercaya juga sebagai makhluk astral alias makhluk gaib yang sosoknya bisa menghilang dan muncul sendiri.

Fakta Legenda Gumiho

Gumiho

Foto: archive.shinecn

Menjadi legenda populer yang banyak dikisahkan dalam berbagai cerita, ada beberapa fakta dari legenda gumiho ini yang perlu Moms ketahui, yaitu:

1. Rubah yang Hidup Selama Seribu Tahun

Gumiho adalah seekor rubah yang sudah hidup selama kurang lebih seribu tahun lamanya. Konon jika ada rubah yang sudah hidup selama itu, maka tandanya rubah tersebut adalah seorang gumiho.

2. Penamaan Gumiho

Dinamakan gumiho karena siluman rubah ini memiliki ekor sembilan. Nama gumiho diambil dari kata ‘gu’ yang dalam bahasa Korea artinya sembilan dan ‘miho’ yang artinya rubah. Jadi gumiho memiliki arti rubah berekor sembilan. Ekor sembilan merupakan ciri khas dari gumiho.

3. Gumiho Bisa Muncul Sebagai Perempuan Cantik

Layaknya makhluk astral lainnya, siluman rubah juga bisa berubah-ubah bentuk. Meski dia bisa berubah bentuk menjadi makhluk hidup apa saja, tapi yang paling sering menjadi perempuan cantik.

Inilah yang menjadi alasan mengapa dalam sosok siluman rubah dalam drama selalu identik dengan perempuan cantik yang bisa menggoda laki-laki mana saja.

4. Rubah Menjadi Lambang Kelicikan

Gumiho

Foto: thesupernaturalfoxsisters.wordpress.com

Selain memiliki ciri khas ekor sembilan, siluman rubah ini memiliki sifat licik karena bisa menjebak manusia, terutama laki-laki dengan kecantikannya.

Oleh karena itu, legenda siluman rubah ini seringkali dikait-kaitkan dengan perempuan cantik yang cerdik yang suka menggoda laki-laki demi mendapatkan apa yang diinginkan.

5. Makan Jantung dan Hati Manusia

Siluman rubah tak hanya bisa berubah menjadi manusia atau perempuan cantik, tapi sebenarnya siluman rubah ini bisa berubah seutuhnya menjadi manusia asalkan dia memakan jantung dan hati manusia secara utuh.

Inilah letak sifat jahat dari gumiho. Oleh karena itu, masyarakat Korea selalu memperingati para kaum lelaki agar tak tertipu dengan kecantikan perempuan karena takut kalau perempuan itu adalah jelmaan siluman rubah yang akan mengambil jantung dan hatinya.

6. Cara Lain untuk Gumiho Menjadi Manusia

Tapi sebenarnya ada cara lain untuk menjadi manusia. Seorang siluman rubah harus menikah dengan lelaki yang ia sukai dan menjaga rahasia selama 100 hari kalau dirinya adalah gumiho.

Selain itu, gumiho tak boleh menyantap hewan dan harus bersikap baik kepada manusia. Jika salah satu pantangan tersebut dilanggar atau lelaki tersebut tahu kalau sang perempuan adalah siluman rubah, maka kesempatan menjadi manusia akan hilang.

7. Legenda Siluman Rubah di Negara Lain

Ternyata tidak hanya ada di Korea Selatan saja, legenda mengenai siluman rubah ini juga bisa dijumpai di negara-negara Asia Timur. Hanya saja dinamakan dengan nama yang berbeda.

Di Jepang, siluman rubah dinamakan sebagai Kitsune. Sedangkan di Tiongkok dinamakan Huli Jing. Meski sama-sama siluman rubah, tapi dipercaya kalau gumiho memiliki sifat yang lebih jahat dibanding Kitsune dan Huli Jing.

Drama Korea Bertema Gumiho yang Wajib Ditonton

Menjadi legenda yang masih terus dikenang hingga saat ini, ada banyak drama Korea yang mengambil tema gumiho, yaitu:

1. My Girlfriend is Gumiho (2010)

My Girlfriend is a Nine Tailed Fox

Foto: asianwiki.com

My Girlfriend is Gumiho menjadi drama Korea bertema gumiho pada tahun 2010 yang sangat populer dan banyak ditonton. Pasalnya pemain utama yang memerankan drama ini adalah Lee Seung Gi dan Shin Min Ah.

Dalam drama ini, Shin Min Ah memerankan siluman rubah yang bernama Miho, sementara Lee Seung Gi memerankan seorang pria kaya bernama Cha Tae Woong.

Untuk alur ceritanya sendiri berkisah tentang Cha Tae Woong yang tak sengaja melepaskan segel seorang siluman rubah bernama Miho. Siluman rumah ini mengikuti Cha Tae Woong ke mana saja dan berjanji untuk mengabulkan permintaan lelaki kaya tersebut untuk menjadi aktor laga asalkan Cha Tae Woong mau menjadi pacarnya dan tinggal satu rumah.

Bergenre comedy romance, tak hanya adegan romantis yang bisa bikin kita kesemsem, tapi juga ada adegan kocak yang bisa membuat kita tertawa.

2. The Thousandth Man (2012)

The Thousandth Man

Foto: asianwiki.com

Di tahun 2012 ada drama Korea berjudul The Thousandth Man yang juga mengambil tema gumiho. The Thousandth Man dibintangi oleh aktris Kang Ye Won yang berperan menjadi Go Mi Jin dan Lee Chun Hee yang memerankan Kim Eung Suk.

Cerita The Thousandth Man tak jauh berbeda dari My Girlfriend is Gumiho. Go Mi Jin yang merupakan seorang siluman rubah yang ingin menjadi manusia. Untuk menjadi manusia, ia harus mengonsumsi 1000 hati pria.

Jika ia tidak bisa mengonsumsi 1000 hati pria, maka ia akan lenyap dari dunia. Tak sembarangan pria bisa ia konsumsi hatinya. Hanya pria yang menyerahkan hatinya secara suka rela yang bisa dimakan hatinya.

Hidupnya menjadi dilema karena hanya kurang 1 hati pria untuk menjadikannya manusia. Lalu bertemulah ia dengan Kim Eung Suk di sebuah pesawat.

3. Gu Family Book (2013)

Gu Family Book

Foto: asianwiki.com

Drama Gu Family Book di tahun 2013 menjadi drama tentang gumiho kedua yang diperankan oleh Lee Seung Gi. Tapi kali ini ia tidak berperan sebagai manusia, melainkan sebagai gumiho itu sendiri.

Dalam drama ini, Lee Seung Gi beradu akting dengan Bae Suzy yang memerankan manusia biasa. Alur cerita dalam drama Gu Family Book menceritakan Kang Chi yang diperankan Lee Seung Gi ini selalu berubah wujud menjadi gumiho ketika marah.

Kang Chi ini tidak sepenuhnya siluman rubah karena ia juga manusia. Jadi setengah gumiho setengah manusia. Ia kemudian bertemu dengan Dam Yeol Woo dan keduanya ini berusaha mengungkap masa lalu mereka yang kelam.

Setting dalam drama ini mengambil latar dinasti Joseon sehingga pakaian yang digunakan terlihat sangat tradisional sekali.

4. Tale of the Nine Tailed (2020)

Tale of the Nine Tailed

Foto: asianwiki.com

Tale of the Nine Tailed menjadi salah satu drama Korea Selatan yang mengisahkan tentang siluman rubah. Drama ini diperankan oleh banyak aktor dan aktris terkenal seperti Lee Dong Wook, Jo Bo Ah, dan Kim Beom.

Siluman rubah yang ada dalam drama ini adalah gumiho pria. Ada dua siluman rubah pria yang diceritakan di sini, yakni Lee Yeon yang diperankan oleh Lee Dong Wook dan Lee Rang yang diperankan Kim Beom. Keduanya adalah kakak beradik.

Sedangkan Jo Bo Ah memerankan Nam Ji Ah yang merupakan seorang produser televisi dokumenter yang membahas tentang mitos makhluk legenda. Nam Ji Ah ini terlibat dalam suatu kejadian yang membuatnya terlihat dengan Lee Yeon.

5. My Roommate Is a Gumiho (2021)

My Roommate Is a Gumiho

Foto: asianwiki.com

Terakhir ada My Roommate is a Gumiho yang masih tayang karena drama ini muncul di bulan Mei 2021.

My Roommate is a Gumiho bercerita tentang seorang gumiho pria bernama Shin Woo Yeo yang diperankan oleh Jang Ki Yong. Ia bertemu dengan Lee Dam yang diperankan Hyeri Girl’s Day. Lee Dam tak sengaja menelan manik-manik milik Shin Woo Yeo.

Manik-manik tersebut akan bisa membuat Shin Woo Yeo menjadi manusia seutuhnya. Keduanya pun terpaksa harus tinggal bersama demi menjaga manik-manik tersebut agar bisa keluar dari tubuh Lee Dam. Jika manik-manik itu tidak keluar dalam waktu satu tahun, maka nyawa Lee Dam bisa terancam.

Itulah sekilas cerita mengenai gumiho beserta drama Korea yang mengambil tema gumiho. Moms sendiri sudah pernah menonton kelima drama tersebut belum?

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kumiho
  • https://asianwiki.com/My_Roommate_Is_A_Gumiho
  • https://www.dailysia.com/legenda-gumiho-siluman-rubah-berekor-sembilan-yang-berwujud-perempuan-cantik/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Tale_of_the_Nine_Tailed
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Gu_Family_Book
  • https://asianwiki.com/The_Thousandth_Man
  • https://id.wikipedia.org/wiki/My_Girlfriend_Is_a_Gu_Mi-ho

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait