Pernikahan & Seks

6 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Baik di Era Modern

Yuk cari tahu cara menjadi ibu rumah tangga yang baik untuk keluarga!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Mengurus rumah dan keluarga adalah tugas yang tidak mudah, ya, Moms. Salah satu peran yang sangat penting di rumah adalah para Moms sebagai ibu rumah tangga.

Menjadi ibu rumah tangga, berarti Moms bertanggung jawab dan berkewajiban untuk mengurus rumah serta keluarga, termasuk memastikan anak-anak dan suami mendapatkan asupan makanan yang sehat dan bergizi, serta kondisi rumah yang nyaman ditinggali.

Walaupun merupakan tugas yang tidak mudah, seorang ibu yang mendedikasikan seluruh waktunya untuk di rumah, akan selalu memiliki cara agar tetap enjoy dan membuat suasana rumah senantiasa nyaman dan tentram. Ini karena seorang ibu rumah tangga harus menyeimbangkan antara perannya sebagai istri dan ibu.

Untuk Moms yang bekerja, hal tersebut sah-sah saja, kok. Moms bisa membantu kondisi finansial keluarga serta tetap menjalankan passion dalam pekerjaan walau sudah menikah dan memiliki anak. Tidak ada yang salah antara menjadi ibu rumah tangga dan wanita karir. Karena pada dasarnya, ketika di rumah, Moms yang bekerja juga merupakan ibu rumah tangga.

Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Baik di Era Modern

Di era modern seperti saat ini, ternyata ada banyak kemudahan bagi para Moms menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga. Dengan bantuan teknologi, misalnya. Kini, Moms bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah dengan cepat dan masih memiliki waktu untuk melakukan hal lain.

Kira-kira, apa saja ya Moms cara menjadi ibu rumah tangga yang baik, terutama di era modern seperti ini? Yuk, kita simak!

Baca Juga: Cara Menyalurkan Passion untuk Ibu Rumah Tangga

1. Bertanggung Jawab Pada Kondisi Rumah dan Keluarga

1115105419.jpg

Foto: pixlr.com

Bagi para Moms, terutama yang baru saja memasuki dunia pernikahan, pasti mengalami kebingungan saat pertama kali harus mengurus rumah tangga. Karena itu, menjadi ibu rumah tangga ternyata memerlukan kemampuan khusus, lho, Moms!

Jika Moms sudah memiliki time management yang baik sebelum menikah, maka menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal yang sulit. Karena akan ada banyak rutinitas Moms untuk rumah dan keluarga yang harus disesuaikan waktunya. Salah perhitungan, bisa jadi satu rumah kebingungan!

Hampir keseluruhan aktivitas di rumah, waktunya dikendalikan oleh ibu rumah tangga.

Moms bisa membuat perencanaantime management dengan sistem yang sudah Moms sesuaikan dengan berbagai keperluan keluarga, seperti kapan suami berangkat bekerja, jam berapa mulai membangunkan anak untuk sarapan dan sekolah, serta jam berapa keluarga mulai berkumpul untuk makan malam bersama.

Setelah waktu untuk aktivitas keluarga sudah selesai, waktunya Moms mengatur waktu untuk rutinitas Moms di rumah. Dimulai dari masak untuk sarapan, lalu membersihkan peralatan masak dan makan, mengasuh anak yang belum sekolah, hingga memasak makan siang dan malam.

Nah Moms, berbagai rutinitas di rumah yang padat ini sekarang bisa dibantu dengan adanya teknologi, lho. Sebagai ibu rumah tangga di era milenial, Moms pasti sudah tidak asing dengan mesin cuci, vacuum cleaner, dan slow cooker. Faktanya, menurut Regain, teknologi menghemat hampir 10 jam waktu mengurus rumah perminggunya. Jika biasanya biasanya Moms menghabiskan waktu 28 jam seminggu, kini bisa hanya 18 hingga 19 jam saja.

Kemudahan inilah yang membuat Moms tetap memiliki waktu lain untuk istirahat atau melakukan hal yang Moms sukai.

Selain agar rumah dan keluarga tetap tepat waktu, memiliki time management yang jelas akan membuat Mom mengamankan waktu untuk beristirahat. Pekerjaan rumah yang padat terkadang bisa membuat stres yang akan berpengaruh pada mood keluarga. Jadi, jangan sampai melupakan waktu istirahat, ya Moms!

Baca Juga: Jadi Ibu Rumah Tangga Bukan Berarti Kuper, Ikuti 5 Tips Berikut

2. Mempersiapkan Makanan yang Sehat dan Bergizi

housewife-cooking.jpg

Foto: pinterest.com

Memasak sepertinya memang menjadi salah satu rutinitas wajib di rumah, ya Moms. Selain menyajikan masakan lezat yang disukai keluarga, Moms juga harus memastikan makanan tersebut bergizi seimbang sesuai dengan empat sehat lima sempurna.

Jika Moms masih belum mahir, jangan takut untuk mencoba berbagai resep yang ada di buku atau internet. Mulailah dengan resep makanan yang Moms sukai, agar memasak menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Menentukan menu untuk sarapan, makan siang, dan makan malam penting dilakukan agar Moms juga tahu apa saja keperluan yang harus dibeli. Mudahnya, Moms bisa membuat jadwal resep harian. Jangan lupa untuk membuat menu yang bervariasi agar keluarga tidak bosan.

Pada pagi hari, sarapan merupakan hal penting untuk keluarga. Menu yang disajikan harus simple namun mengenyangkan. Sarapan juga merupakan asupan nutrisi sebelum menjalain aktivitas, jadi pastikan untuk melengkapinya, ya Moms.

Baca Juga: Pekerjaan yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Saat makan siang, Moms bisa menyajikan karbohidrat dengan lauk-pauk kaya nutrisi, protein, serta serat, untuk mengisi ulang tenaga setelah beraktivitas dari pagi. Sedangkan saat makan malam, usahakan untuk menghindari makanan berlemak dan pedas karena sulit dicerna oleh tubuh, sehingga membuat kualitas tidur terganggu.

Jika Moms memiliki rutinitas tidak terduga, seperti mengunjungi orangtua, berkumpul bersam teman lama, atau menghadiri rapat di sekolah anak, kemudahan era modern ini akan sangat membantu. Tidak ada salahnya sesekali Moms membeli makanan dengan layanan pesan antar. Selain memberikan waktu untuk Moms rehat, keluarga juga bisa memilih makanan kesukaan.

3. Ibu Rumah Tangga yang Meluangkan Waktu untuk Anak

390805201-H.jpg

Foto: parenting.com

Menjadi ibu rumah tangga sudah pasti memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk mengurus Si Kecil. Tidak peduli era dahulu atau modern, kewajiban satu ini sudah pasti ada di top list seorang ibu.

Aktivitas mengurus anak berarti memastikan bahwa mereka diberi makan makanan bergizi secara tepat waktu, mandi, menyikat gigi, menyisir dan mengikat rambut, mengatur mereka berpakaian, dan memastikan Si Kecil memiliki aktivitas terstruktur sepanjang hari.

Ketika anak-anak berusia sekolah, seorang ibu rumah tangga akan bertanggung jawab untuk membuat makan siang, memastikan bahwa mereka siap untuk sekolah, mengikuti ekstrakurikuler, dan mengantar serta menjemput mereka dari sekolah atau kegiatan lainnya. Bahkan, ibu rumah tangga juga sering diharuskan berperan sebagai pemberi nasihat karena anak sedang bertransisi menuju remaja.

Jangan lupa juga Moms untuk meluangkan waktu bersama mereka diluar aktivitas rutin mengurus anak. Moms bisa menggunakan waktu luang untuk membacakan cerita, mengajak anak memasak, atau mendengarkan cerita mereka tentang sekolah. Ini akan membantu membangun ikatan yang kuat antara Moms dan Si Kecil agar saling terbuka satu sama lain.

Baca Juga: Pentingnya Memerhatikan Diri Sendiri Meskipun Sibuk Bekerja dan Mengurus Anak

4. Menghabiskan Waktu Bersama Suami

ss.jpg

Foto: pinterest.com

Suami yang sudah lelah bekerja dan istri yang lelah mengurus rumah, biasanya membuat hubungan suami istri menjadi kurang. Ketika bertemu pada sore atau malam hari, tidak ada komunikasi yang terjalin dan bisa jadi menyulut konflik yang sebenarnya tidak diperlukan.

Dibadingkan untuk bicara dengan satu sama lain, Moms dan suami pasti akan sibuk dengan gadget masing-masing untuk tetap update mengenai apa saja yang sudah terlewatkan selama seharian tadi.

Nah Moms, sebagai ibu rumah tangga, usahakan untuk tetap memiliki waktu luang bersama suami, begitu pula sebaliknya. Maka usahakan untuk menyingkirkan gadget dan mulai awali obrolan. Komunikasi dua arah sebelum tidur yang membahas berbagai masalaha dan kekhawatiran, akan membuat hubungan lebih harmonis.

Dengan memastikan bahwa komunikasi antara suami dan istri terbuka dan jujur, menjadi ibu rumah tangga penuh waktu adalah peran yang lebih dihargai oleh kedua belah pihak.

5. Mengatur Keuangan Keluarga dengan Bijak

OG Images_L4 Life Moments_Building a Family_5 Financial Secrets of Smart Moms.jpg

Foto: sunlife.co.id

Peran ibu rumah tangga salah satunya adalah mengatur keuangan keluarga alias menjadi bendahara. Nah, karena Moms yang mengatur keuangan, harus hindari kebiasaan boros, ya. Usahakan hanya belanja sesuai dengan kebutuhan yang sudah direncanakan saja.

Pada awal bulan, Moms bisa mulai mengatur keuangan hingga bulan berikutnya. Biasanya akan terkait uang belanja bulanan, uang sekolah, dan kebutuhan anak. Pastikan untuk mencatat uang keluar dan masuk agar Moms tetap memiliki update kondisi keuangan keluarga setiap saat.

Jangan lupa sisihkan untuk dana darurat, bisa berupa tabungan atau investasi jangka panjang yang akan berguna jika sewaktu-waktu diperlukan.

Moms, salah satu tantangan untuk menahan diri dari boros di era modern ini sudah pasti adalah belanja online, ya? Hanya dengan menggunakan ponsel, barang yang diinginkan akan tiba di rumah. Sangat mudah dan cepat.

Dibandingkan menghabiskan uang untuk belanja online, Moms bisa memanfaatkan situs tersebut untuk menambah penghasilan, lho! Tidak perlu bekerja di kantoran dan hanya cukup di rumah saja. Moms bisa berjualan kue, masakan rumahan, kerajinan tangan, bahkan sebagai dropshipper.

Baca Juga: Agar Pasangan Tak Meributkan Masalah Keuangan

Nah, itulah cara-cara menjadi ibu rumah tangga yang baik terutama di era modern ini. Semoga tips ini dapat membantu, ya Moms!

  • https://www.yourtango.com/experts/yourtango-experts/in-marriage-motherhood
  • https://www.juniormagazine.co.uk/wellbeing/10-golden-rules-for-happy-housewives/
  • https://thatwifelife.com/modern-day-housewife/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait