25 April 2019

Inilah Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Kuning

Apa Saja Sih Moms, Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Kuning? Simak yuk!

Gigi kuning tentunya menjadi sebuah permasalahan yang sangat menganggu bagi setiap orang. Termasuk bagi Moms, permasalahan gigi kuning tentu membuat kepercayaan diri menurun bukan?

Bila Moms tidak ingin mengalami masalah ini, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning.

Simak ya Moms, berikut adalah makanan dan minuman penyebab gigi kuning:

Kopi

Pecinta kopi memang banyak sekali, mungkin Moms menjadi salah satunya. sayangnya minuman ini dapat mengubah keseimbangan pH di mulut sehingga gigi lebih rentan terhadap pewarnaan oleh makanan lain.

Moms tidak usah khawatir karena hal ini mudah diatasi, Moms bisa minum kopi menggunakan sedotan untuk mencegah kopi menyentuh gigi langsung.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Teething Alias Tumbuh Gigi Pada Bayi

Permen

sour candy 3
Foto: sour candy 3

Foto: munchies.vice.com

Gula tidak hanya menyebabkan kerusakan gigi, tetapi menciptakan lingkungan asam di mulut yang membuat gigi lebih rentan terhadap pewarnaan dan perubahan warna.

Tidak hanya itu, permen juga menghasilkan penumpukan plak dan gigi berlubang.

Buah Asam

kuning2
Foto: kuning2

Foto: care2.com

“Bahkan buah-buahan yang sehat sekalipun dapat mempengaruhi enamel gigi pasien yang rapuh,” kata  Dr Luke Thorley, seorang dokter gigi yang bekerja untuk CB12mouthwash.

Asam dari buah seperti jeruk dan lemon menciptakan lingkungan mulut yang asam dan dapat melemahkan enamel gigi dan membuatnya lebih rentan terhadap pewarnaan.

Moms mungkin menganggap air panas dan lemon sebagai salah satu minuman terbaik dalam kesehatan, tetapi sayangnya buah seperti lemon dan jeruk nipis mengandung asam yang tinggi sehingga dapat mengikis enamel gigi.

Minuman Bersoda dan Manis

soda being poured
Foto: soda being poured

Minuman manis menghasilkan kerusakan yang sama seperti camilan manis, meningkatkan keasaman mulut dan mendorong pertumbuhan bakteri berbahaya.

Namun, minuman ringan bebas gula pun berbahaya, seperti minuman bersoda yang membuat gigi lebih rentan terhadap noda.

Teh

kuning3
Foto: kuning3

Foto: economictimes.indiatimes.com

Teh menjadi minuman penyebab gigi kuning. Banyak teh hitam, teh hijau, dan teh herbal yang mengandung tanin, di mana secara alami zat tersebut akan menodai gigi dan gusi.

Teh hijau meninggalkan noda abu-abu kusam pada gigi, sementara teh hitam meninggalkan noda kekuningan, tetapi teh herbal sekalipun seperti chamomile dapat menyebabkan pewarnaan dan perubahan warna jika dikonsumsi secara rutin.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menambahkan susu atau krim dalam teh dapat mengurangi kecenderungan untuk menodai gigi.

"Teh menyebabkan noda gigi lebih buruk daripada kopi. Terlebih lagi, semakin gelap warna teh, semakin besar kemungkinan pewarnaan," jelas Dr Thorley.

Buah Beri

rasp on wood 1508190101
Foto: rasp on wood 1508190101

Buah beri memang menyehatkan, namun sayangnya ia juga menjadi makanan penyebab gigi kuning. Salah satu solusinya adalah mengonsumsinya dalam bentuk smoothie yang dicampur dengan susu atau yogurt.

Selain itu, upayakan juga untuk minum menggunakan sedotan.

Baca Juga: Hati-Hati! Ini Bahaya Mencabut Gigi Saat Menstruasi

Saus Tomat

kuning4
Foto: kuning4

Foto: matraitalia.it

Saus tomat menyebabkan keasaman di lingkungan mulut, membuat gigi lebih rentan terhadap pewarnaan dan perubahan warna. Salah satu solusinya adalah dengan mencampurnya bersama salad sayuran mentah seperti brokoli, kembang kol, kangkung, atau bayam daripada menyantapnya bersama pizza.

Nah, sejumlah makanan dan minuman penyebab gigi kuning di atas tentu sangat familiar bahkan dengan kehidupan Moms, bukan?

Tidak perlu menghindarinya, namun temukan cara yang tepat untuk tetap bisa menikmatinya tanpa takut terkena risiko gigi kuning ya Moms!

(MDP)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb