Jadwal Imsakiyah

placeholder

Hari ini

Wednesday, 19 May 2021

07 Shawwal 1442

Jadwal Imsakiyah Kota Sukabumi Hari Ini

Lihat jadwal hari ini
TanggalImsakSubuhDzuhurAsharMaghribIsya
       
       
       
       
       
       
       

Sumber: Bimas Islam Kementrian Agama

Bulan Ramadhan akan kita sambut tidak lama lagi, Moms. Untuk umat Muslim yang tinggal di kota Sukabumi, mari simak jadwal imsak kota Sukabumi, serta daftar masjid dan tempat terkenal di kota tersebut.

Tahun ini kita menyambut Ramadhan masih dalam suasana pandemi COVID-19. Meski begitu, rangkaian ibadah di bulan puasa nanti tak boleh kita lewati ya, Moms.

Mengetahui jadwal imsak kota Sukabumi menjadi bagian yang harus dicatat mengingat bulan puasa sebentar lagi.

Tak hanya jadwal imsak kota Sukabumi, daftar masjid, makanan khas dan tempat terkenal di sekitar kota Sukabumi juga menarik untuk dikunjungi, lho.

Nah, untuk itu, mari cari tahu selak beluk kota Sukabumi untuk memudahkan siapapun yang berkunjung ke kota ini suatu saat nanti.

Ini bisa jadi ide destinasi wisata ketika berkujung ke kota Sukabumi.

Baca Juga: 7+ Pesantren Terbaik di Indonesia, Punya Sejarah dan Fasilitas Luar Biasa!

Daftar Masjid Kota Sukabumi

Masjid AT-Taqwa.jpg

Foto: republika.com

Nah, setelah mengetahui jadwal imsak kota Sukabumi, simak daftar masjid di Sukabumi yang bisa dikunjungi.

Berbeda dengan masjid pada umumnya, salah satu masjid terunik di kota Sukabumi adalah Masjid At-Taqwa. Uniknya, masjid di kota Sukabumi ini dikelilingi 15 akuarium yang berjajar rapi membentuk pagar.

Akuarium pada masjid ini juga menjadi edukasi bagi warga atau jemaah yang datang. Tiap akuarium ditempel nama dan jenis ikan, mulai dari ikan mas koki, dan berbagai jenis ikan hias lainnya yang biasa hidup di air tawar.

Selain pagar akuarium, Masjid At-Taqwa juga mempunyai keunikan lainnya. Sarana toilet dan tempat wudhu untuk para wanita dibangun dengan konsep mewah layaknya hotel megah.

Sementara di dalam masjid terdapat lampu hias yang mewah dan menarik untuk dilihat.

Jika Moms sedang mencari daftar masjid di daerah kota Sukabumi, berikut ini masjid yang tersedia.

  • Masjid At-Taqwa: Kompleks Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Kota Sukabumi.
  • Masjid Nurul Anwar: Jl. Jendral Sudirman
  • Masjid Al-Ihsan: Gg. Tavip RW. 02
  • Masjid Al-Ikhlas: Gg. Dewa RT. 03
  • Masjid Nurul Ulum: Jl. Bhayangkara No. 33
  • Masjid Hayatul Islam: Gg. Taqwa RW. 07
  • Masjid Sirojul Ikhwan: Tegal Pari RW. 08
  • Masjid Al-Ikhlas: Gg. Rukun RW. 10
  • Masjid Syafaatul Ikhwan: Gg. Gelatik II RW.01
  • Masjid Baeturrahman: Jl. Karamat RW, 03
  • Masjid Al-Ikhsan: Bb. Karamat RW. 02

Usai mengetahui jadwal imsak kota Sukabumi, saatnya mencari tahu apa saja makanan khas kota Sukabumi. Baca lebih lanjut ya, Moms.

Baca Juga: 15 Pesantren di Bandung, Terpercaya dan Punya Fasilitas Lengkap!

Makanan Khas Kota Sukabumi

jadwal imsak kota sukabumi dan sekitarnya.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Mengingat setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing, kota Sukabumi juga tak kalah menarik, lho!

Makanan khas kota Sukabumi berikut ini bisa jadi ide wisata sekaligus untuk mengenal kebudayaan milik Sukabumi. Apa saja ya? Yuk kita tengok bersama.

1. Bubur Ayam Sukabumi

Bubur ayam memang sering kita temui di setiap kota, sebagai sajian makanan utama ataupun camilan ringan. Tapi, di Sukabumi terdapat makanan khas bubur ayam Sukabumi yang sangat populer dan kerap diburu oleh para pengunjung.

Makanan terkenal di kota Sukabumi tersebut adalah Bubur Ayam Bu Nut.

Hal yang membedakan bubur ayam biasanya dengan khas Sukabumi ini yakni dari topping-nya, Moms!

Bubur ayak Sukabumi menggunakan risoles dan juga suiran daging ayam kampung yang menjadikan cita rasa gurih yang semakin menggoda selera.

2. Nasi Hijau

Makanan terkenal kota Sukabumi lain yang bisa dicoba adalah nasi hijau. Apakah nasi hijau itu? Untuk warna hijau yang terdapat pada nasi tersebut terbuat dari daun bayam dan juga campuran bahan lain yang rasanya sangat unik dan wajib dicoba.

Untuk penyajiannya sendiri, makanan terkenal kota Sukabumi satu ini disertai dengan beragam lauk pauk yang bisa dinikmati. Seperti ayam goreng, telur dadar, tahu dan tempe goreng.

Serta taburan bawang goreng yang akan membuat makanan satu ini menjadi lezat dan gurih.

Tak hanya nasi hijau, beragam warna lainnya juga menjadi salah satu kuliner kota Sukabumi yang tak boleh dilewati.

3. Leor Daging

Makanan lainnya yang bisa dicoba ketika berkunjung ke kota Sukabumi adalah leor daging.

Makanan yang memiliki tekstur mirip dengan semur ini terdiri dari campuran bahan dari daging pipi sapi.

Sehingga makanan ini menghasilkan cita rasa yang manis dan pedas karena kandungan berbagai macam rempah yang khas dari Sukabumi ini.

Makanan ini cocok disajikan ketika udara dingin dan dipadukan dengan nasi hangat!

Semakin tidak sabar untuk mencobanya bukan Moms?

Baca Juga: 7 Resep Pisang Goreng Madu untuk Teman Minum Teh, Enak Banget!

Tempat Terkenal Kota Sukabumi

jembatan-situ-gunung-sukabumi.jpg

Foto: Trip Jalan Jalan

Tak lengkap rasanya bila telah mengetahui jadwal imsak kota Sukabumi, dan tidak membahas tentang destinasi wisata di kota ini.

Ketika sedang berkunjung ke kota Sukabumi, tempat terkenal di bawah ini menjadi destinasi wajib lho Moms. Tempat terkenal kota Sukabumi berikut bisa jadi ide menarik ketika sedang travelling.

Mari simak tempat terkenal Sukabumi yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

1. Jembatan Situ Gunung

Jika ingin merasakan pengalaman berbeda ketika berkunjung ke kota Sukabumi, coba satu ini yuk.

Jembatan Situ Gunung merupakan tempat terkenal dan salah satu hidden place di Kawasan Situ Gunung. Ini merupakan sebuah jembatan gantung nan eksotis yang tidak hanya menghubungkan dua tempat tetapi juga kita dengan pemandangan alam yang memukau hati.

Dengan panjang 250 meter dan berada di ketinggian 150 meter, jembatan gantung ini telah diakui sebagai jembatan terpanjang di Indonesia, lho.

Dikelilingi oleh pohon rimbun nan hijau, Moms dapat merasakan kesunyian dan kesejukan di tempat terkenal kota Sukabumi ini.

Menariknya lagi, Moms dapat melanjutkan petualangan ke Curug Sawer untuk merasakan segarnya percikan air terjun, letaknya hanya 10 menit dari Jembatan Situ Gunung.

Jembatan Situ Gunung berada di Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

2. Kampung Adat

Ingin tahu sejarah masyarakat kota Sukabumi? Kampung adat menjadi destinasi lainnya jika berkunjung ke kota ini. Kampung adat akan membawa kembali ke suasana masa lalu.

Kehidupan di kampung adat ini benar-benar seperti di jaman dahulu kala. Adanya rumah-rumah adat dan tradisi masyarakatnya yang bagai tidak tersentuh perkembangan jaman.

Setiap minggu pertama bulan September, penduduk kampung mengadakan upacara Seren Taun sebagai bentuk syukur. Acara utama Seren Taun adalah penyerahan hasil bumi ke dalam Leuit alias lumbung. Tradisi ini sudah berlangsung selama 600-an tahun, lho.

Ini berlokasi di Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

3. Gua Buniayu

Tempat terkenal kota Sukabumi lainnya adalah Gua Buniayu. ini kabarnya memiliki sistem gua terbaik di seluruh wilayah Asia Tenggara, Moms!

Ini telah berdiri tahun 1992, dan dilengkapi dengan peralatan keselamatan bertaraf internasional serta pemandu-pemandu yang sengat terlatih jika pengunjung ingin menyusuri ke dalam Gua Buniayu.

Layaknya museum bersejarah, tempat terkenal di kota Sukabumi ini memamerkan beragam sajian peninggalan geologi yang tercipta oleh proses alami selama ribuan tahun. Bahkan, struktur dalam Gua ini masih mengalami perubahan bentuk sebesar satu milimeter setiap tahunnya.

Berjarak hanya 45 menit dari pusat Kota Sukabumi, ini berlokasi d Cipinang, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Itu dia jadwal imsak kota Sukabumi dan berbagai tempat terkenal dan makanan khas di kota Sukabumi. Semoga puasa Ramadhan di tahun ini penuh berkah dan lancar ya Moms!

Artikel Terkait