Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
29 Juni 2022

Begini Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan yang Bisa Diikuti

Dengan konsisten mengikuti jadwal ini, niscaya berat badan bisa naik
Begini Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan yang Bisa Diikuti

Apakah Moms sedang mencari jadwal makan untuk menambah berat badan?

Kecepatan metabolisme seseorang pastinya akan berbeda-beda. Ada yang dengan mudah mengalami kenaikan berat badan, sementara yang lainnya merasa kesulitan untuk menaikkan berat badan mereka.

Untungnya ada jadwal makan untuk menambah berat badan yang sebenarnya bisa diikuti beserta menu-menu apa saja yang bisa dipilih.

Meski begitu, alangkah lebih baik untuk mengikuti saran dari dokter gizi sebelum memulai pola makan apapun ya Moms.

Jika Moms termasuk ke dalam orang yang sulit menaikkan berat badan, Moms perlu mengubah pola makan menjadi lebih sering. Salah satu kunci lainnya adalah dengan surplus kalori.

Jadi, jadwal makan untuk menambah berat badan yang tadi disebutkan tersebut memiliki tujuan utama agar Moms lebih banyak makan.

Selain itu, jadwal makan untuk menambah berat badan yang dirancang dengan baik bisa membantu Moms untuk memperoleh kenaikan berat badan secara sehat.

Cara ini pun juga cukup efektif untuk Moms yang ingin menaikkan berat badan selama kehamilan. Penasaran seperti apa jadwalnya? Simak ulasannya berikut ini ya Moms!

Baca Juga: 9 Cara Menambah Berat Badan dengan Sehat dan Aman

Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan

jadwal makan untuk menambah berat badan

Foto: jadwal makan untuk menambah berat badan (https://healthylifeinsider.com/a-list-of-mens-healthy-foods-to-eat-everyday/)

Foto: pria makan sehat (Orami Photo Stock)

Untuk menaikkan berat badan, Moms bisa makan lebih sering sebanyak 5-6 kali tetapi dengan porsi lebih sedikit bisa menjadi kuncinya. Jika dijadwalkan dengan baik, cara ini dianggap lebih efektif jika dibandingkan makan 2 hingga 3 kali dalam porsi besar.

Jika Moms memilih untuk makan sebanyak 5 kali, maka selipkan 2 kali waktu makan tersebut di antara waktu makan.

Sementara jika Moms memilih makan 6 kali sehari, maka Moms perlu menyiapkan camilan untuk di makan setelah makan malam.

Supaya Moms cepat mengalami kenaikan berat badan, biasanya Moms dianjurkan untuk makan malam di atas jam 8 malam.

Sebab di jam tersebut umumnya Moms akan mengonsumsi kalori lebih banyak dibandingkan orang yang berhenti makan sebelum pukul 20.00.

Baca Juga: 4 Tips Cepat Hamil untuk Wanita Kurus, Sudah Terbukti!

Nah, berikut ini adalah contoh jadwal makan untuk menambah berat badan yang bisa Moms ikuti:

  • Sarapan: Moms bisa sarapan antara jam 7 hingga 8 dengan menu seperti telur urak arik, roti panggang dengan tambahan mentega atau selai. Konsumsi juga setengah gelas jus buah segar.
  • Camilan Pagi: Moms bisa makan camilan pagi antara jam 9 hingga jam 10 pagi. Menunya bisa apa saja, seperti misalnya smoothies tinggi kalori.
  • Makan Siang: Moms bisa makan siang jam 12 hingga jam 1 siang dengan menu kesukaan Moms yang tinggi kalori, seperti burger, kentang goreng, dan ditutup dengan milkshake cokelat.
  • Camilan Sore: Moms bisa makan camilan sore pukul 3 hingga 4 sore. Menunya bisa berupa buah segar seperti pisang dengan tambahan selai kacang.
  • Makan Malam: Moms bisa konsumsi makan malam antara jam 7 hingga jam 8 dengan menu tinggi kalori dan protein seperti salmon, nasi, sayur brokoli, dan ditutup dengan segelas susu.
  • Camilan Malam: Moms bisa konsumsi camilan saat bersantai di malam hari. Moms bisa konsumsi biskuit coklat dengan tambahan susu hangat.

Baca Juga: 5+ Penyebab Badan Kurus, Apa Saja Ya?

Tips Lain untuk Menambah Berat Badan

jadwal makan untuk menambah berat badan

Foto: jadwal makan untuk menambah berat badan (Freepik.com)

Foto: protein bubuk (Orami Photo Stock)

Mengutip U.S. National Health, Lung, and Blood Institute berat badan kurang didefinisikan sebagai mereka yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) di bawah 18,5.

Ini diperkirakan kurang dari massa tubuh yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan yang optimal.

Sebaliknya, lebih dari 25 dianggap kelebihan berat badan dan lebih dari 30 dianggap obesitas.

Moms bisa menggunakan kalkulator dengan skala BMI.

Namun, perlu diingat bahwa ada banyak masalah dengan skala BMI, yang hanya melihat berat dan tinggi badan dan mereka tidak memperhitungkan massa otot.

Beberapa orang secara alami sangat kurus tetapi tetap sehat. Namun menjadi kurus menurut skala ini tidak berarti Moms bisa terhindar dari masalah kesehatan.

Selain mengikuti jadwal makan untuk menambah berat badan, menggabungkan asupan kalori tinggi dengan latihan kekuatan adalah dua faktor terpenting untuk menaikkan berat badan dengan sehat.

Baca Juga: Apakah Berat Badan Bayi Moms Normal? Coba Cek Dulu Panduannya!

Selain itu, ada beberapa strategi lain untuk menambah berat badan lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Moms ikuti:

  • Jangan minum air sebelum makan, sebab ini dapat mengisi perut dan mempersulit Moms untuk mendapatkan kalori yang cukup.
  • Makan lebih sering dan coba bawa makanan atau camilan tambahan kapan pun Moms bisa, seperti misalnya sebelum tidur.
  • Minum susu murni untuk menghilangkan dahaga adalah cara sederhana untuk mendapatkan lebih banyak protein dan kalori berkualitas tinggi.
  • Cobalah minuman atau suplemen penambah berat badan. Jika Moms benar-benar kesulitan maka Moms dapat mencoba shake penambah berat badan. Ini sangat tinggi protein, karbohidrat, dan kalori.
  • Gunakan piring yang lebih besar. Sebab saat menggunakan piring besar, Moms akan mencoba memasukkan lebih banyak kalori, karena secara otomatis piring yang lebih kecil menyebabkan orang makan lebih sedikit.
  • Tambahkan krim ke kopi sebab ini adalah cara sederhana untuk menambahkan lebih banyak kalori.
  • Suplemen pembentuk otot creatine monohydrate juga dapat membantu menambah beberapa kilogram berat otot.
  • Tidur dengan benar atau berkualitas juga sangat penting untuk pertumbuhan otot.
  • Makan protein terlebih dahulu dan sayuran terakhir. Jika Moms memiliki campuran makanan ini di piring, makanlah makanan padat kalori dan kaya protein terlebih dahulu dan baru menutupnya dengan makan sayuran di saat terakhir.
  • Jangan merokok sebab perokok cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dari non-perokok, dan berhenti merokok sering menyebabkan penambahan berat badan.

Baca Juga: 10 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Mungkin sangat sulit bagi sebagian orang untuk menambah berat badan. Ini karena tubuh memiliki titik berat tertentu di mana ia merasa nyaman.

Saat Moms mencoba untuk menurunkan berat badan atau menambah berat badan, tubuh bisa menolak perubahan dengan mengatur tingkat kelaparan dan tingkat metabolisme.

Ketika Moms makan lebih banyak kalori dan menambah berat badan, Moms dapat mengharapkan tubuh merespons dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

Ini sebagian besar dimediasi oleh otak, serta hormon pengatur berat badan seperti leptin.

Jadi, Moms harus ingat bahwa mengubah berat badan adalah maraton sebuah proses dan bukan sesuatu yang bisa didapatkan dengan instan.

Moms harus konsisten dengan jadwal makan untuk menambah berat badan dan gaya hidup sehat lainnya jika ingin sukses dalam jangka panjang.

  • https://www.nhlbi.nih.gov/health/educational/lose_wt/BMI/bmicalc.htm
  • https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight#TOC_TITLE_HDR_2
  • https://www.healthline.com/nutrition/18-foods-to-gain-weight