Jadwal Sholat

placeholder

Hari ini

Saturday, 16 October 2021

10 Rabi' al-Awwal 1443

Jadwal Sholat Kota Kediri

Lihat jadwal hari ini
TanggalSubuhTerbitDzuhurAsharMaghribIsya
       
       
       
       
       
       
       

Sumber: Bimas Islam Kementrian Agama

Bagi Moms dan keluarga yang bertempat tinggal di Kediri atau ingin mengunjungi Kediri, perlu mengetahui jadwal sholat Kediri.

Dengan demikian, Moms pun bisa menjalankan ibadah sholat wajib secara tepat waktu.

Umat Muslim yang melaksanakan sholat wajib dengan tepat waktu akan mendapatkan ganjaran atau pahala dari Allah SWT berupa surga.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu shalat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan.

Setelah mengetahui jadwal sholat Kediri, cari tahu juga hal-hal menarik lain dari Kediri yuk, Moms. Mulai dari daftar masjid, makanan khas, hingga tempat wisatanya berikut ini.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Jawa Timur yang Populer dan Enak

Daftar Masjid Kota Kediri

Masjid Agung Kota Kediri.jpg

Foto: inibaru.id

Masjid Agung kota Kediri menjadi salah satu masjid terbesar dan termegah di kota Kediri. Masjid yang kerap disebut dengan Great Mosque of Kediri ini memiliki pesona yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Maka dari itu, ini menjadi salah satu destinasi utama jika berkunjung ke kota Kediri.

Masjid berkubah hijau ini mulai aktif beropersi sejak 2006 dengan memiliki tiga lantai dan memadukan beragam gaya masjid dunia tanpa meninggalkan ciri khas dari Masjid Nusantara.

Masjid Agung Kediri mempunyai tempat berwudhu dan area beribadah yang sangat luas, hal itu dikarenakan Masjid Agung Kediri memiliki tiga lantai.

Menariknya lagi, di dalam masjid ini terdapat gedung perpustakaan yang menyediakan beragam buku pengetahuan dan juga kitab suci.

Jika Moms sedang mencari daftar masjid di daerah kota Kediri, berikut ini masjid yang tersedia.

  • Masjid Agung Kediri: Jl. Panglima Sudirman No.160, Kp. Dalem, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur 64126
  • Masjid Al-Hidayah: Bandar Kidul
  • Masjid Al-Masruki: Bandar Kidul
  • Masjid Al-Usman: Bandar Kidul RT/RW 03/03
  • Masjid Darun Najach: Jl. KH. Hasyim Asy'ari Gg Masjid Kel Bandar Kidul RT/RW 11/02
  • Masjid Darussalam: Bandar Kidul RT/RW 1003
  • Masjid Nurul Hakim: Bandar Kidul
  • Masjid Nurul Iman: Bandar Kidul
  • Masjid Al-Arofah: Bandar Kidul
  • Masjid Al-Anwar (SMA 1): Bandar Lor

Usai mengetahui jadwal sholat Kediri, selanjutnya Moms bisa mencari tahu apa saja makanan khas kota Kediri.

Baca Juga: 5+ Pesantren di Tasikmalaya Terbaik untuk Pendidikan Agama Si Kecil, Catat!

Makanan Khas Kota Kediri

jadwal-imsak-kota-kediri-dan-makanan-khas.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mengingat setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing, kota Kediri juga tak kalah menarik, lho! Moms bisa mengunjunginya untuk sahur, dan tentunya harus dikunjungi sebelum jadwal imsak kota Kediri tiba, ya!

Makanan khas kota Kediri berikut ini bisa jadi ide wisata sekaligus untuk mengenal kebudayaan milik Kediri. Apa saja ya? Mari tengok bersama.

1. Soto Kediri

Tentu, setiap daerah di Indonesia memiliki cita rasa soto yang unik. Begitu juga dengan soto Kediri satu ini. Soto Kediri menjadi destinasi utama dalam mencoba makanan khas Kota Kediri, lho!

Berbeda dengan soto lainnya, soto Kediri memiliki cita rasa gurih dan dipadukan dengan kuah santan yang membuat tambah nikmat dan lezat.

Ia disajikan dengan sayuran toge, bihun, telur serta suiran ayam. Lebih lengkap jika dimakan dengan nasi hangat dan teh panas, Moms!

Untuk mencicipinya, Moms bisa menemukan soto ini di sekitar Terminal Tanaman yang berada di Mojoroto, Kediri.

2. Sate Bekicot

Dilihat dari namanya makanan khas kota Kediri ini cukup unik ya, yakni sate bekicot. Meski terlihat aneh, sate bekicot adalah makanan khas kota Kediri yang banyak diminati masyarakat.

Dengan berbahan dasar daging bekicot, sate ini disajikan dengan saus kacang dan bumbu pedas cabai merah.

Selain dijadikan sate, daging bekicot juga biasa ditemukan dalam keripik bekicot yang bisa menjadi salah satu oleh-oleh makanan khas kota Kediri.

Untuk mencoba sate bekicot, ini biasa ditemukan di Desa Djengkol yang berjarak sekitar 10 km dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul.

Di daerah ini pun juga menyediakan olahan bekicot yang lain seperti krengsengan bekicot dan juga oseng-oseng bekicot.

Tertarik untuk mencoba, Moms?

3. Cenil

Makanan khas kota Kediri ini bisa dicoba jika sedang berkunjung ke kota Kediri.

Cenil merupakan jajanan pasar yang terbuat dari bahan utama berupa tepung tapioka yang pastinya akan sering dijumpai ketika berada di pasar tradisional Kediri.

Jajanan ini pada umumnya akan disajikan bersama dengan parutan kelapa dan juga gula merah cair yang tentu saja akan memberikan rasa yang manis dan gurih.

Biasanya ini disajikan dengan jajanan pasar lainnya seperti klepon, kue lupis, dan ongol-ongol.

Baca Juga: 7 Resep Pisang Goreng Madu untuk Teman Minum Teh, Enak Banget!

Tempat Terkenal Kota Kediri

Monumen Syu Kediri

Foto: tempatwisata.com

Tak lengkap bila sudah mengetahui jadwal sholat Kediri, tetapi tidak berkunjung ke lokasi wisata kota tersebut.

Ketika sedang berkunjung ke kota Kediri, tempat terkenal di bawah ini menjadi destinasi wajib lho Moms. Tempat terkenal kota Kediri berikut bisa jadi ide menarik ketika sedang traveling.

Mari simak tempat terkenal Kediri yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

1. Monumen Syu

Monumen Syu atau yang biasa di sebut dengan Monumen Kediri Syu, merupakan patung dan tempat terkenal kota Kediri yang harus diketahui.

Patung ini menjadi ikon kota Kediri yang menggambarkan prajurit dengan pakaian tentara Jepang pada era penjajahan dahulu.

Syu merupakan bentuk pemerintahan di Jawa yang digunakan semasa kependudukan bala tentara Jepang di Indonesia selama berlangsungnya Perang Pasifik.

Di sekitar monumen tersebut juga terdapat sebuah prasasti yang memuat riwayat singkat dari Kediri Syu.

Menariknya lagi, terdapat bangunan cagar budaya tepat berseberangan dengan monumen Syu, yakni sebuah gereja yang dibangun oleh pendeta JA Broers pada tahun 1904.

Tempat terkenal kota Kediri ini berada di jalan Jaksa Agung Soeprapto, Kediri, Jawa Timur.

2. Candi Surowono

Jika Moms penyukai destinasi wisata tempat sejarah ini menjadi salah satu yang harus dikunjungi, yakni Candi Surowono.

Seperti kita ketahui, kota Kediri sangat erat kaitannya dengan kerajaan Kediri pada waktu itu. Secara tidak langsung pada masa itu kota Kediri merupakan ibu kota negara kerajaan tersebut.

Candi Surowono merupakan salah satu peninggalan kerajaan tersebut. Candi ini telah berdiri sejak tahun 1400 Masehi. Bangunan ini secara langsung menjadi catatan sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Konon katanya pada tempat terkenal ini terdapat sebuah lorong yang menghubungkan langsung ke pusat kerajaan kala itu, lho!

Tempat terkenal ini bisa dikunjungi tepat di jalan Surowono, Canggu, Badas, Kediri.

Baca Juga: 12 Arti Mimpi Naik Gunung

3. Gunung Maskumambang

Kota Kediri masih digolongkan berada pada dataran tinggi. Hal tersebut membuat kota Kediri memiliki udara yang sejuk dan di kelilingi beberapa pegunungan, salah satunya adalah Gunung Maskumambang.

Gunung Maskumambang juga menjadi destinasi tempat terkenal di Koa Kediri yang menghadirkan pemandangan alam dan jajaran perbukitan yang indah.

Dari atas gunung ini, pengunjung bisa melihat keindahan panorama kota Kediri. Tempat ini sangat di rekomendasikan untuk melihat proses matahari terbit dan tenggelam.

Gunung Maskumambang berada di jalan Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

Wisata Religi di Kediri

Pondok-Pesantren-Lirboyo-Kediri.jpg

Foto: lintasjatim.com

Jika sudah mengetahui jadwal sholat Kediri, simak juga daftar tempat wisata religi bernuansa Islami di Kediri berikut ini, Moms.

1. Pondok Lirboyo

Destinasi wisata religi pertama yang bisa Moms dan keluarga kunjungi di Kediri adalah Pondok Lirboyo yang berada di Desa Lirboyo, Kecamatan Sukorame, Kota Kediri.

Sesuai dengan namanya, Pondok Lirboyo merupakan kawasan pesantren. Moms dan keluarga bisa menikmati lingkungan masyarakat yang sangat menjunjung tinggi ajaran Islam.

Tempat ini didirikan pada tahun 1910 oleh Kyai Sholeh asal banjarmelati, Kediri dan dirintis oleh KH Abdul Karim dari Magelang yang merupakan menantu kyai Sholeh.

Pondok Lirboyo ternyata sudah terkenal sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Menariknya lagi, terdapat hal unik yang menjadi kebiasaan dari pondok Lirboyo ini, yaitu pada bulan tertentu setiap tahun (sebelum bulan puasa) selalu diadakan acara Pencak Dor, acara adu kekuatan mental dan fisik antar pesohor silat se-Jawa Timur.

2. Menara Asmaul Husna

Wisata bernuansa Islami berikutnya di Kediri adalah menara Asmaul Husna yang terletak di Jl. Letjend Sutoyo Gg. I No.22, Burengan, Kec. Pesantren, Kediri, Jawa Timur.

Menara Asmaul Husna ini termasuk salah satu menara masjid tertinggi di Indonesia. Dengan tinggi mencapai 99 meter sesuai dengan jumlah Asmaul Husna dan memiliki kubah berlapis emas seberat 60 kg.

Menariknya lagi, bentuk bangunan menara masjid ini dibuat menyerupai Masjidil Haram di Mekkah.

3. Makam Gus Miek

Selanjutnya ada Makam Gus Miek yang juga bisa Moms dan keluarga kunjungi sebagai pilihan wisata religi di Kediri.

Hamim Tohari Djazuli atau sering disapa Gus Miek lahir pada tanggal 17 Agustus 1940 di Kediri. Beliau adalah pendiri amalan dzikir Mujahadah Lailiyah, Dzikrul Ghofilin, dan sema’an Jantiko Mantab.

Sema’an (bahasa jawa) sendiri dalam bahasa Indonesia mempunyai arti mendengarkan. Gus Miek merupakan putra dari KH. Djazzuli Ustman, pengasuh pondok Al-Falah Ploso Mojo Kediri.

Beliau yang berusaha mendakwahkan islam lewat Sema’an Dzikrul Ghofilin nya ini banyak memiliki karomah.

Gus Miek wafat tanggal 5 Juni 1993 di Surabaya pada umur 52 tahun dan dimakamkan di dusun Tambak, desa Ngadi kecamatan Mojo – Kabupaten Kediri. Sekitar 40 Km ke selatan dari Kota Kediri dan searah dengan Wisata Air Terjun Dholo.

Banyak peziarah yang datang adalah rombongan ziarah Wali Songo dari penjuru negeri dan setiap hari Kamis Wage atau malam Jum’at Kliwon selalu ada rutinan pengajian yang diadakan di Makam Gus Miek yang dimulai pada jam 10 malam sampai sekitar jam 1 pagi.

Para peziarah yang datang pada pengajian rutinan bisa mencapai ribuan jamaah dari berbagai kota.

Itu dia jadwal sholat Kediri dan berbagai tempat terkenal hingga makanan khas di kota Kediri. Semoga bisa dijadikan referensi bagi Moms yang ingin mengunjungi salah satu kota di Jawa Timur tersebut, ya!

  • https://agtvnews.com/2020/08/5-wisata-religi-paling-sakral-di-kediri.html
  • http://nahdlatululama.id/blog/2017/04/30/wisata-religi-di-kediri/
Artikel Terkait