Resep

22 September 2021

17 Jenis Sayuran Buah, Ternyata Semangka Salah Satunya lho Moms!

Moms, tahukah bahwa tomat termasuk pada jenis sayuran buah?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms dan Dads, tahukah jika tomat adalah jenis sayuran buah? Sebagian besar kalian tahu pasti tomat adalah sayuran buah tetapi ada juga beberapa sayuran yang mungkin di luar ekspektasi yang bisa mengejutkan kalian.

Bila membagi buah atau sayur pasti Moms dan Dads menganggap tidak serumit itu. Secara botani, buah adalah struktur tanaman yang mengelilingi bijinya, sedangkan sayuran bisa menjadi bagian tanaman yang dapat dimakan selain buah dan bijinya menurut National Geographic.

Namun, ada banyak buah-buahan di kerajaan tumbuhan yang sering disalah artikan sebagai sayuran. Sekarang, ini berarti bahwa beberapa makanan dapat diklasifikasikan sebagai buah secara biologis tetapi sering digunakan sebagai sayuran dalam hidangan gurih dan karenanya membingungkan.

Tak jarang, Moms dan Dads pernah berhenti saat membuat salad buah, sehingga berpikir apakah yang dipotong benar-benar buah? Ada kesalahpahaman besar tentang apa yang membuat buah dan apa yang memenuhi syarat sebagai sayuran. Jadi jika Anda pernah bingung di antara keduanya, jangan khawatir, tidak sendirian.

Jenis Sayuran Buah

Ilustrasi

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Lawrence M. Kelly, direktur studi pascasarjana New York Botanical Garden, buah adalah "indung telur yang matang, bersama dengan isi ovarium itu" (biji, misalnya). Dengan kata lain, salad, tumisan, dan hidangan berat sayuran lainnya mungkin mengandung lebih banyak buah daripada yang kalian pikirkan. Berikut adalah jenis sayuran buah yang bisa dikenali:

1. Avokad

Avokad adalah buah yang terdiri dari pericarp tiga lapis yang mengelilingi biji tunggalnya. Pericarp itu terbuat dari exocarp (kulit atau kulit), mesocarp (daging yang dapat dimakan), dan endocarp (lapisan yang terkadang tidak terlihat yang melindungi benih).

Karena endokarp tipis, avokad secara teknis juga buah beri. Buah-buaha seperti persik dengan endokarp (lubang) tebal di sekitar bijinya adalah buah berbiji, bukan buah beri. Dan avokad termasuk dari jenis sayuran buah.

2. Zaitun

Jenis sayuran buah selanjutnya adalah zaitun. Zaitun yang biasanya dikenal hanya sebagai sayuran ternyata masuk ke jenis sayuran buah. Jika Moms membuka zaitun, maka akan melihat benih pohon zaitun yang sebenarnya atau Olea europaea.

Baca Juga: Simak Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Catat Ya!

3. Jagung

Setiap biji jagung adalah ovarium yang berisi satu biji. Karena, dinding ovarium secara langsung menyatu dengan lapisan yang mengelilingin benih itu, bagian tengahnya tidak berdaging dan mudah mengering. Jagung ini biasa dikenal dengan biji-bijian. Jadi, masuk ke dalam jenis sayuran buah.

4. Mentimun

Moms dan Dads,ternyata mentimun juga jenis sayuran buah dalam keluaran tanaman Cucurbitaceae, yang juga termasuk semangka dan melon. Ini berarti, secara botani, acar ini yang Moms sukai sebenarnya adalah acar buah yang selama disangka sayuran ternyata bukan.

5. Zuchini

Zuchini merupakan keluarga cucurbitaceae. Nah, beberapa buah lain termasuk zucchini, acorn squash, butternut squash, dan semua jenis squash lainnya ini kerap menyamar sebagia sayuran.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengolah Sayuran dengan Benar

6. Labu

Dikenal sebagai sayuran tapi dengan kulitnya, bagian dalamnya yang berdaging, dan bijinya ternyata labu cocok dengan botani buah. Jenis sayuran buah ini merupakan kerabat dekat mentimun yang berarti labu adalah buah.

7. Okra

Okra adalah jenis sayuran buah juga. Okra merupakan buah berbiji dari keluarga Abelmoschus esculentus, tanaman berbunga di keluarga Malvaceae (atau keluarga mallow).

8. Kacang Buncis

Kacang buncis yang ternyata Moms pikir bagian dari sayur ternyata mereka ada jenis sayuran buah. Karena buncis adalah polong penuh seperti polong kacang lainnya dari tanaman polong-polongan. Namun, jika Moms hanya mengacu pada biji individu di dalamnya (seperti kacang polong), sebenarnya hanya berbicara tentang biji, bukan buah.

Baca Juga: Perlu Tahu Nih, 5 Jenis Sayuran yang Ada di Salad Beserta Manfaatnya

9. Terong

Hal pertama yang Moms harus ketahui apa itu Beri? Buah beri adalah buah yang berasal dari satu bunga dengan satu ovarium yang memiliki banyak biji. Anehnya, stroberi dan blueberry sama sekali bukan buah beri. Padahal, pisang, terong, tomat, dan delima sebenarnya adalah buah beri. Dan semua buah beri adalah buah. Ya, terong sebenarnya adalah buah!

10. Cabai

Moms, semua cabai juga paprika adalah keluarga dari Solanacea juga. Tidak peduli seberapa pedas karena bahan kimia yang disebut capsaisin. Ternyata, cabai secara teknis masih merupakan jenis sayuran buah.

Baca Juga: 21 Sayuran untuk Ibu Hamil yang Baik Dikonsumsi

11. Tomat

Tomat, yang juga berasal dari keluarga Solanaceae, mungkin merupakan contoh buah yang paling terkenal yang sering disalahartikan sebagai sayuran. Padahal, menurut ahli botani, tomat sebenarnya adalah buah.

Mereka berkembang dari ovarium yang terletak di dasar bunga, dan juga mengandung biji tanaman. Buah adalah bagian yang berbiji jika tanaman berbunga.

12. Semangka

Jenis sayuran buah yang menarik selanjutnya adalah semangka. Walaupun secara botani, semangka tetap bunga. Tapi, semangka ini ditanam dengan menggunakan metode produksi sayuran dan dibudidayakan sebagai sayuran.

Baca Juga: Tidak Disangka, 7 Sayuran Ini Sebenarnya Adalah Buah

13. Labu

Sering dikira sayuran, Labu ini merupakan bagian dari buah-buahan. Jenis sayuran buah ini memiliki rasa yang manis juga memiliki biji seperti buah-buahannya lainnya.

14. Kacang Merah

Moms, seperti halnya kacang polong, kacang merah ini anggota dari kacang-kacangan, dengan biji yang berfungsi sebagai buah.

15. Paprika

Sering dihidangkan sebagai pelengkap hidangan, ternyata paprika ini masuk ke dalam jenis terong-terongan, lho..

Paprika sebenarnya adalah buah-buahan dan begitu juga mentimun, kacang hijau, dan cabai merah! Paprika adalah satu-satunya anggota keluarga Capsicum yang tidak menghasilkan capsaicin yang diketahui menyebabkan sensasi terbakar.

Baca Juga: Ini Buah dan Sayuran Pantangan Ibu Hamil

16. Daun Anggur

Sebenarnya, tidak ada perdebatan tentang apakah anggur dihitung sebagai buah. Namun, bagian dari rambatannya yaitu daun anggur dapat dimakan sebagai sayuran. Dalam beberapa tradisi kuliner, seperti Yunani dan Persia, daun anggur yang diisi dengan nasi berbumbu, atau daging, adalah hidangan yang populer.

17. Rhubarb

Dikenal karena rasa buahnya, rhubarb adalah bahan makanan penutup yang populer. Faktanya, penggunaannya dalam hidangan manis seperti pai rhubarb mendorong kasus pengadilan 1947 di Amerika , diputuskan bahwa rhubarb dianggap sebagai buah.

Terlepas dari apa yang mungkin dikatakan oleh sistem hukum, Rhubarb adalah sayuran abadi. Hanya batang tanaman, atau tangkai, yang dapat dimakan. Akar dan daunnya mengandung asam oksalat, zat yang beracun bagi ginjal.

Ada anggapan umum bahwa buah-buahan manis dan sayuran gurih, sehingga ini yang menimbulkan kebingungan jenis sayuran buah. Namun perlu Moms dan Dads sadari beberapa buah tidak manis sementara beberapa sayuran terasa sangat manis.

Oleh karena itu, dengan mengingat pengecualian tersebut, berhati-hatilah dengan bahan yang digunakan dalam memasak. Sampai saat kalian mengonsumsi buah dan sayuran dalam porsi yang adil setiap hari, Moms dan Dads harus yakin bahwa tidak ada yang akan berdampak negatif pada kesehatan Anda. Dan agar tahu apa perbedaan antara buah dan sayuran.

  • https://www.theguardian.com/notesandqueries/query/0,5753,-18385,00.html
  • https://www.sciencedirect.com/topics/food-science/fruit-vegetable
  • https://www.nationalgeographic.com/culture/article/fruit-or-vegetable
  • https://food.ndtv.com/food-drinks/surprise-surprise-8-vegetables-that-are-actually-fruits-1730468
  • https://www.mentalfloss.com/article/643188/vegetables-that-are-actually-fruits
  • https://www.ranker.com/list/vegetables-that-are-technically-fruits/diet-information-lists
  • https://medical-dictionary.thefreedictionary.com/Fruit+Vegetable
  • https://www.insider.com/fruits-that-are-vegetables-2018-12#rhubarb-tastes-fruity-but-is-a-perennial-vegetable-1
  • https://extension.illinois.edu/dmp/palette/100523.html
  • https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/vegetables-that-are-fruits-and-fruits-that-are-actually-vegetables-we-finally-have-the-answer/photostory/71348897.cms?picid=71348912
  • https://www.kindearth.net/vegetables-that-are-actually-fruits-how-many-can-you-guess/
  • https://www.treehugger.com/vegetables-are-actually-fruits-4857900
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait