Kesehatan

15 September 2021

Siapa Sangka, Daun Labu Ternyata Kaya Manfaat Lho!

Apakah Moms pernah mengonsumsi sayur daun labu?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan sayur labu kuning yang biasa diolah menjadi makanan berkuah, tetapi apakah Moms sudah pernah mengolah bagian daun labu?

Siapa sangka, daun labu ternyata kaya akan manfaat bagi kesehatan, lho.

Melansir Jurnal Kesehatan Stikes Prima Nusantara Bukittinggi, tanaman labu kuning (waluh) merupakan suatu jenis buah yang termasuk ke dalam familia Cucurbitaceae, termasuk tanaman semusim yang sekali berbuah langsung mati.

Labu kuning banyak dibudidayakan di negara Afrika, Amerika, India dan Cina. Labu kuning biasanya tumbuh pada dataran rendah maupun tinggi, ketinggian tempat antara 0 m-1500 m diatas permukaan laut.

Selain daging buahnya, daun labu juga banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai sayuran. Hal ini karena kandungan gizi yang terdapat pada daun labu tidak kalah dengan nutrisi yang terdapat pada daging buah labu kuning.

Bagian yang dimasak, yakni daun pucuk labu.

Baca Juga: 11 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan, Bisa Turunkan berat Badan Lho!

Manfaat Daun Labu untuk Kesehatan

Lalu, apa saja ya, manfaat sayur daun pucuk labu bagi kesehatan? Berikut yang perlu Moms ketahui.

1. Kaya akan Nutrisi

daun labu.jpg

Foto: dungareehungry

Perlu Moms ketahui, daun pucuk labu merupakan sayuran yang padat nutrisi. Daun labu kuning mengandung komponen penting seperti protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Hal ini tentu saja sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Kandungan proteinnya berperan untuk perbaikan otot dan pemeliharaan organ. Sedangkan karbohidrat bisa menyediakan energi.

Sementara itu, kalsium sangat baik untuk tulang, zat besi bisa mencegah anemia, vitamin A bagus untuk mata, serta vitamin C dapat meningkatkan sistem imun.

2. Manfaat Daun Labu untuk Ibu Hamil

manfaat daun labu untuk anemia

Foto: Orami Photo Stock

Anemia merupakan suatu keadaan adanya penurunan kadar hemoglobin, hematokrit dan jumlah eritrosit dibawah nilai normal.

Pada penderita anemia atau yang lebih sering disebut kurang darah, kadar sel darah merah (Haemoglobin/Hb) berada dibawah nilai normal.

Anemia zat besi pada kehamilan merupakan kondisi ibu hamil dengan kadar Hb dibawah 11 gr % pada trimester pertama dan ketiga serta kadar kurang dari 10,5 gr % pada kehamilan trimester kedua.

Anemia selama masa kehamilan memiliki dampak yang sangat besar.

Ibu hamil yang mengalami anemia dapat mengalami keguguran, lahir sebelum waktunya, berat badan lahir rendah, perdarahan sebelum dan selama persalinan, bahkan dapat mengakibatkan kematian pada ibu dan janinnya.

Moms bisa mencegah anemia ini dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti daun labu.

Menurut Jurnal Kesehatan Stikes Prima Nusantara Bukittinggi, pucuk daun labu kuning mengandung zat yang berfungsi memperlancar sirkulasi oksigen dalam darah, salah satunya yaitu mengandung zat besi yang diperlukan untuk pembentukan hemoglobin darah.

Daun pucuk labu juga mengandung vitamin C dan vitamin A yang memiliki khasiat sebagai antioksidan, serta vitamin C yang juga bisa membantu proses penyerapan zat besi.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Kadar Hb Normal pada Ibu Hamil dan Cara Mencegah Anemia

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

manfaat daun labu untuk jantung

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi daun pucuk labu kuning diketahui baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena daun labu mengandung banyak serat larut.

Asupan tinggi serat larut membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan asam empedu dari usus kecil sehingga menurunkan kadar kolesterol darah.

Ketika serat larut dipecah oleh bakteri di usus, beberapa asam lemak yang dilepaskan akan menurunkan produksi kolesterol oleh hati.

Dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Daun labu juga mengandung banyak potasium yang membantu mencegah detak jantung tidak teratur dan mengurangi risiko stroke.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun labu untuk Kekebalan Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Daun pucuk labu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, Moms. Pasalnya, zat besi yang banyak ditemukan dalam daun labu kuning berperan penting dalam memberikan kekuatan pada sistem kekebalan tubuh manusia.

Zat besi dapat membantu dalam meningkatkan hemoglobin darah dan menjaga tulang kuat, dan pada akhirnya mereka meningkatkan kekebalan.

Dengan demikian, tubuh menjadi mampu melawan sejumlah penyakit dan infeksi sehingga Moms pun akan tetap sehat.

5. Memiliki Sifat Antibakteri

manfaat daun labu

Foto: whatsfordinner.co.za

Daun labu diketahui memiliki sifat antibakteri sehingga dapat digunakan untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri yang bersifat merugikan.

Menurut Journal of Pharmaceutical Science and Herbal Technology menunjukkan bahwa, ekstrak etanol dari daun labu putih memiliki aktivitas sebagai antibakteri. Konsentrasi terbaik dalam menghambat pertumbuhan bakteri uji Staphylococcus aureus adalah 2%.

Beberapa penyakit infeksi yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus adalah bisul, jerawat, impetigo, dan infeksi luka.

Infeksi yang lebih berat di antaranya, pneumonia, mastitis, plebitis, meningitis, infeksi saluran kemih, osteomielitis, dan endokarditis.

Baca Juga: Antibiotik untuk Keputihan, Bisa Mengatasi Infeksi Akibat Bakteri

6. Mengatasi Nyeri Haid

manfaat daun labu untuk nyeri haid

Foto: Orami Photo Stock

Moms yang sering kali mengalami gejala PMS (Pre-Menstrual-Syndrome) yang tidak nyaman, seperti perubahan suasana hati yang drastis, lekas marah, sakit kronis, kram dan kembung mungkin bisa menggunakan daun labu untuk mengatasinya.

Pasalnya, mengonsumsi daun pucuk labu yang mengandung mangan dapat meredakan PMS, sekelompok gejala yang terjadi pada wanita antara ovulasi dan mendapatkan menstruasi.

Wanita yang menderita gejala PMS parah disarankan untuk mengonsumsi suplemen mangan serta makanan kaya mangan.

Daun labu merupakan sumber mangan yang baik sehingga bisa digunakan untuk mengatasi sakit saat PMS melanda setiap bulannya.

Itu dia beberapa manfaat daun pucuk labu bagi kesehatan. Apakah Moms tertarik mengonsumsi sayur pucuk labu?

  • https://parentinghealthybabies.com/pumpkin-leaf-women-benefits/
  • https://www.publichealth.com.ng/health-benefits-and-side-effects-of-pumpkin-leaves/
  • https://www.healthbenefitstimes.com/pumpkin-leaves/
  • https://media.neliti.com/media/publications/289840-pengaruh-pemberian-rebusan-daun-pucuk-la-e482dd3e.pdf
  • http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jpsht/article/view/258
  • http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2011/09/pustaka_unpad_staphylococcus.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait