Kesehatan

14 September 2021

Penasaran Berapa Banyak Kalori Cireng Goreng dan Rujak? Ini Ulasannya!

Berkalori tinggi, hati-hati jangan sampai makan cireng goreng secara berlebihan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Debora

Pasti Moms sudah familiar dengan camilan gurih, asin, dan manis bernama cireng? Tahukah berapa banyak kalori cireng goreng?

Ya, cireng adalah salah satu cemilan yang cukup populer di Indonesia. mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai cemilan ‘aci digoreng’ ini.

Tidak mengherankan jika cireng dapat ditemukan dengan mudah dan dijual di pinggir jalan ataupun menjadi tawaran menu di sebagian resto-resto mewah yang pernah moms dan keluarga kunjungi.

Cireng adalah makanan ringan yang berasal dari Provinsi Jawa Barat. Kata cireng adalah singkatan dari ‘aci digoreng’ yang dalam bahasa Indonesia berarti tepung kanji goreng.

Melansir dari Wikipedia, cireng diketahui sudah dikenal masyarakat Sunda sejak tahun 1980-an.

Kala itu, cireng menjadi jajanan yang kerap ditemui di pinggir jalan khususnya daerah Priangan.

Cara memasak jajanan dengan mencampur tepung kanji atau tapioka bersamaan dengan aneka bumbu lainnya lalu digoreng di minyak panas.

Biasanya cireng disajikan dengan cocolan sambal rujak yang pedas manis.

Baca Juga: Menghitung Kalori Bebek Goreng vs Ayam Goreng, Mana yang Lebih Sehat?

Cireng, Jajanan Populer yang Gurih

Cireng, Jajanan Populer yang Gurih

Foto: Orami Photo Stock

Kini, kepopuleran cireng kian meningkat dan dikenal oleh masyarakat luas karena kerap muncul dalam review food blogger maupun vlogger Indonesia.

Bahkan, seiring perubahan zaman, cireng tak hanya tersedia dalam satu rasa tapi juga dilengkapi dengan aneka rasa yang menggugah selera.

Misalnya, mulai dari rasa keju, campuran dengan bubuk cabai, atau diisi dengan daging ayam, sosis, mozarella, hingga rasa-rasa manis lainnya.

Kemasannya pun dihadirkan dalam bentuk yang lebih higienis atau frozen food agar lebih praktis dan bertahan lama.

Nah, bagi Moms pecinta cireng, harus mulai waspada dengan kalori cireng yang dimakan.

Terlebih jika Moms memiliki riwayat gula dan kolesterol. Hal ini mengingat bahwa cireng digoreng dengan minyak panas.

Belum lagi jika Moms membelinya di pinggir jalan, minyak yang digunakan belum diketahui dengan pasti higienitasnya.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui kalori cireng agar Moms dapat mengontrol diri ketika menyantapnya.

Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai kalori cireng goreng dan cireng rujak. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Manfaat Daun Stevia, Pemanis Alami yang Rendah Kalori dan Aman Dikonsumsi

Kalori Cireng Goreng

kalori cireng

Foto: Orami Photo Stock

Bagi sebagian orang yang gemar mengonsumsi cireng, pasti bertanya-tanya berapa kiranya jumlah dan besaran kalori dari cireng goreng?

Menurut Fatsecret Indonesia, dalam cireng goreng seberat 100 gram, mengandung kalori sebesar 348 kalori atau setara dengan 17% AKG (Angka Kebutuhan Gizi 2.000 kalori).

Besarnya kalori yang dikandung cireng bersumber dari tepung kanji atau tapioka yang diketahui sebagai salah satu sumber karbohidrat.

Adapun kandungan gizi dari 100 gram cireng terdiri dari karbohidrat sebesar 31,77 gram (37%), 22,65 gram lemak (58%), serta 4,69 gram protein (5%).

Oleh sebab itu, Moms tentu pernah merasa kenyang ketika menyantap beberapa buah cireng goreng, meskipun belum makan berat.

Hal ini karena kandungan karbohidrat dalam cireng goreng memang cukup besar sehingga memberikan rasa kenyang setelah dimakan dalam jumlah tertentu.
Baca Juga: Cara Membakar Kalori yang Mudah Dilakukan, Moms Bisa Langsung Mencobanya

Meski begitu, rasa kenyang yang ditimbulkan setelah menyantap cireng ini tidak bertahan lama, Moms.

Sebab, kandungan minyak, garam, dan tepung di dalamnya tidak membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Sehingga, setelah beberapa jam menyantap cireng, tentu Moms akan merasa lapar lagi.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kalori cireng goreng agar jumlah kalori harian yang disantap tidak melebihi jumlah yang dianjurkan.

Sebab, jika Moms mengonsumsi terlalu banyak kalori berlebih, maka dapat menyebabkan kegemukan, obesitas, dan mengganggu kesehatan.

Nah, dengan mengetahui jumlah kalori dalam cireng goreng ini, diharapkan Moms bisa menakar kira-kira berapa jumlah cireng yang seharusnya dimakan dalam sehari.

Baca Juga: Rina Nose Uji Rapid Test dengan Sambal Cireng yang Hasilnya Positif, Ini Penjelasan Pakar!

Kalori Rujak Cireng

kalori cireng

Foto: Orami Photo Stock

Bagi sebagian orang, rasanya kurang mantap apabila mengkonsumsi cireng tanpa mencocol nya dengan kuah rujak.

Maka tak heran jika Moms kerap menemui camilan ini disajikan bersamaan dengan sambal rujak cocok yang pedas, manis, dipadu cireng yang gurih tentu membuat siapa pun yang mencobanya ketagihan.

Kuah rujak cocolan cireng goreng ini biasanya terbuat dari cabai rawit, gula merah, asam jawab, dan terkadang dibumbui dengan kacang yang dihaluskan, Moms.

Sayangnya, mencocol cireng dengan kuah rujak akan menambah jumlah dan asupan kalori yang disantap.

Menurut Fatsecret Indonesia, kuah setiap 100 gram kuah rujak mengandung kalori sebesar 121 kalori atau setara dengan 6 % (Angka Kebutuhan Gizi 2.000 kalori).

Baca Juga: Ini Caranya Membuat Cireng Rujak Anti Keras

Apabila di total dengan kandungan kalori cireng maka setiap 100 gram cireng dan kuah rujak akan menghasilkan kalori sebesar 469 kalori.

Sementara itu, apabila ingin di rinci kandungan gizi dari 100 gram kuah rujak mengandung 12,04 gram (38%) karbohidrat, 6.15 gram lemak (43%), serta 5,99 gram protein (19%).

Wah, tinggi juga ya, Moms kandungan kalorinya? Jika dibandingkan dengan camilan lainnya seperti kentang goreng, tempe, atau tahu, kalori cireng rujak ini tergolong besar. Kalorinya juga bahkan setara dengan dua piring nasi.

Agar kesehatan tetap terjaga meskipun setiap hari makan cireng, sebaiknya Moms mengimbanginya dengan gaya hidup sehat serta olahraga rutin agar tidak obesitas.

Terlebih jika Moms adalah tipe orang yang mudah lapar. Tentu dengan pola makan yang baik dan benar diharapkan bisa mengimbangi hobi nyemil makanan kesukaan Moms yakni cireng.

Itulah kalori cireng goreng dan cireng rujak. Setelah mengetahui jumlah kalorinya, apakah Moms masih berminat menyantap cireng sebagai camilan sehari-hari?

Jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, tentunya cireng goreng dan cireng rujak tetap bisa menjadi camilan yang gurih dan lezat, ya!

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Cireng
  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/cireng
  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/rujak
  • https://www.idntimes.com/food/recipe/erventina-elisabeth-1/ketahui-dulu-kandungan-kalori-7-camilan-ini-c1c2/2
  • https://www.hipwee.com/tips/kalori-gorengan/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait