Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Bayi | Mar 11, 2018

Kapan Bayi Bisa Duduk Secara Mandiri?

Bagikan


 

 

Tonggak perkembangan bayi yang sangat penting diantaranya adalah kemampuannya untuk merangkak, duduk, berdiri dan berjalan. Umur berada bayi bisa duduk sendiri? Apakah ada ciri-ciri yang bisa dikenali Moms sebagai pertanda bahwa si kecil mulai siap belajar duduk?

 

Bayi umumnya mulai belajar duduk ketika usianya sudah memasuki 4 atau 5 bulan. Kemudian pada usia 6-8 bulan bayi mulai bisa duduk sendiri dan pada usia 9 bulan bayi tergolong sudah mampu duduk dengan lincah.

Namun, setiap bayi tentu memiliki fase tumbuh kembang beragam, beberapa diantaranya cenderung lebih cepat dan ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama.

   

Persiapan dan Momen Belajar Duduk

 

Mengetahui hal yang bisa Moms lakukan untuk membantu si kecil belajar duduk penting untuk dilakukan. Biasanya bayi mulai siap untuk belajar duduk ketika usianya memasuki 3-4 bulan.

Tidak perlu terburu-buru melatih bayi untuk segera siap duduk mandiri. Sebelum bayi mulai belajar duduk, Moms perlu memastikan terlebih dahulu beberapa kemampuan motorik si kecil seperti kemampuannya untuk menegakkan lehernya, menjaga keseimbangan tubuh serta memiliki otot yang cukup kuat untuk bertahan dalam posisi duduk.

 

Untuk itu Moms bisa melatih kekuatan leher si kecil dengan melakukan tummy time. Silahkan perhatikan bagaimana si kecil berusaha mengangkat kepalanya saat melakukan tummy time. Latihan ini juga akan memperkuat otot kepala, punggung dan bahu bayi.

 

Moms juga bisa merangsang bayi untuk belajar mengangkat kepala dan dadanya dari posisi telentang. Di dalam melakukan latihan ini Moms bisa memanfaatkan mainan bayi yang aman untuk menarik perhatian si kecil.

   

Check Point

 

Setelah bayi mulai bisa mengangkat kepalanya sendiri (umumnya saat bayi berusia 6 bulan), bayi perlahan-lahan mulai mengangkat tubuhnya ke posisi duduk. Pada awalnya, bayi umumnya mampu betahan hanya dalam waktu beberapa detik. Saat si kecil terlihat mulai duduk, Moms bisa membantu untuk menopangnya dengan tangan atau bantal.

 

Meski awalnya terlihat begitu sulit untuk bertahan pada posisi duduk, latihan akan membuat kemampuan si kecil untuk duduk sendiri. Secara umum, di awal masa belajar duduk bayi mampu bertahan menopang tubuhnya sendiri selama 1-2 detik.

   

Membangun Keseimbangan

 

Bayi membutuhkan keseimbangan sebelum bisa duduk secara mandiri. Meskipun memiliki otot panggul yang cukup kuat, keseimbangan tubuh merupakan hal penting yang juga membutuhkan latihan. Menjaga keseimbangan bayi, Moms bisa membantunya dengan membiarkannya duduk di sofa dengan penjagaan Moms.

Biarkan si kecil merasakan bagaimana nyamannya duduk tanpa terjatuh karena belum mampu menjaga keseimbangan. Moms juga bisa menyandarkan tubuh si kecil saat duduk ke tubuh Moms.

 

Usianya yang sudah memasuki 7-8 bulan membuat bayi semakin lama bertahan duduk tegak mandiri. Di momen-momen usianya tersebut, bayi biasanya memanfaatkan kedua tangannya untuk menopang tubuh saat sedang duduk. Kendati demikian Moms masih harus terus mengawasi si kecil saat sedang duduk.

 

Setelah berhasil menjaga keseimbangan tubuh dengan bantuan tangannya, di usia 9 bulan bayi sudah dengan nyaman duduk tegak tanpa sandaran apa pun. Tentunya dalam waktu yang cukup lama. Karena sudah bisa duduk mandiri, Moms bisa melihat bayi juga mulai belajar merangkak.

 

Beberapa bayi juga ada yang baru belajar duduk saat usianya sudah 9 bulan. Sehingga Moms tidak perlu panik saat bayi belum juga bisa duduk tegak saat berusia 8-9 bulan.

 

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.