Parenting Islami

9 September 2021

9+ Keutamaan Surat Al Qadr, Salah Satunya Masuk Surga tanpa Hisab, Masya Allah!

Pahala membaca surat Al Qadr setara puasa Ramadan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu keutamaan surat Al Qadr adalah karena hadirnya malam Lailatul Qadar. Ini merupakan satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, karena digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Selain itu, malam Lailatul Qadr juga identik dengan malam diturunkannya Alquran.

Baca Juga: Hukum Menyemir Rambut dalam Islam, Wajib Diketahui!

Mengenal Surat Al Qadr

Keutamaan Surat Al Qadr -1.jpg

Foto: Thethinkingmuslim.com

Sebelum mengetahui keutamaan surat Al Qadr, ada baiknya untuk mengenal surat yang ke 97 ini. Surat yang berarti kemuliaan ini terdiri dari 5 ayat dan termasuk golongan surat-surat Makkiyah, serta diturunkan sesudah surat 'Abasa. Surat ini dinamai Al Qadr atau kemuliaan karena diambil dari kata Alqadr yang terdapat pada ayat pertamanya.

Dikutip Jurnal Unhas, urutan topik pembahasan surat Al Qadr mengisyaratkan bahwa kemuliaan Alquran dan lailatul qadr membawa keselamatan dan kedamaian kepada setiap manusia yang menghidupkan Alquran dan lailatul qadr.

Adapun beberapa pokok kandungan dari Surat Al Qadr, seperti:

  • Alquran mulai diturunkan pada malam Lailatul Qadar,
  • Malam Lailatul Qadar adalah malam yang nilainya lebih dari seribu bulan,
  • Para malaikat dan juga malaikat Jibril turun ke dunia pada malam Lailatul Qadar untuk mengantar segala urusan.

Selain itu, surat Al Qadr termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau mulai mengajar para sahabatnya dengan surat-surat Al Mufashshal atau bagian akhir Alquran yang dimulai dari surat Qaaf sampai surat An Naas.

Surat-surat Al Mufashshal lebih mudah dan cepat dipahami karena ia adalah ‘Muhkam’ atau Mudah dipahami, dan tidak ada ayat-ayatnya yang ‘Mutasyaabih’ atau sulit dipahami, kecuali sedikit. Sehingga, beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.

Baca Juga: 12 Adab Bertetangga dalam Islam, Yuk Ikuti Hadits Rasulullah SAW

Keutamaan Surat Al Qadr

Keutamaan Surat Al Qadr -2.jpg

Foto: Thequranretical.com/gettyimages.com

Selain mengandung keagungan malam Lailatul Qadr, ada juga keutamaan surat Al Qadr lainnya yang harus diketahui.

1. Memiliki Pahala Setara Puasa Ramadan

Keutamaan surat Al Qadr ini seperti terdapat dalam sebuah hadis saat Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadar, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dan menghidupkan malam Al-Qadar.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 613)

2. Masuk Surga tanpa Hisab

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surah Al Qadr 1 kali selepas berwudhu, Allah SWT memberi pahala untuknya seperti beribadah selama 50 tahun. Sekiranya ia membaca 2 kali, pahalanya ialah seperti pahala yang diberi kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Musa a.s.

Sekiranya ia membaca 3 kali, ganjarannya ialah dibuka semua pintu-pintu surga dan boleh memilih pintu yang mana ia ingin masuk dengan tanpa dihisab dan diazab.

3. Dirahmati Malaikat

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Tidak ada seorang pun hamba yang membaca surat Al Qadr tujuh kali sesudah shalat Subuh, kecuali para malaikat ber-shalawat kepadanya 70 shalawat dan mencurahkan rahmat kepadanya 70 rahmat.” (Mafatihul Jinan: 79)

4. Diberi Catatan Amal Baru

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al Qadr dalam shalat-shalat fardhunya, malaikat memanggilnya: Wahai hamba Allah, Allah telah mengampuni dosamu yang lalu, maka mulailah amalmu yang baru.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 5: 612).

5. Dijamin Keamanan dari Rasa Takut

Imam Ali Ar-Ridha (sa) berkata: “Barangsiapa yang berziarah ke kubur saudaranya yang seiman, kemudian ia meletakkan tangannya pada kuburannya sambil membaca surat Al Qadr (7 kali), Allah menjamin baginya keamanan dari ketakutan yang paling besar.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 5: 613).

Baca Juga: 5+ Adab Menasehati Dalam Islam, Perlu Disimak!

6. Dilembutkan Hatinya

Ini menjadi keutamaan surat Al Qadr selanjutnya yang dibutuhkan umat muslim. Imam At-Tarmimi “Barangsiapa yang berwirid Surah Al Qadr, maka menjadi lembut hatinya, dan menjadi khusyuk terhadap Tuhannya, dengan jalan bertekun melakukan taat kepada-Nya.”

7. Disembuhkan Penyakit

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) menasehati para sahabat dan pengikutnya: “Barangsiapa yang sakit, hendaknya ia mengambil bejana yang baru, kemudian diisi air oleh dirinya sendiri, lalu membacakan pada air itu surat Al Qadr secara tartil sebanyak (30 kali),

kemudian air itu diminum, dibuat wudhu’ dan diusapkan pada bagian yang sakit, jika airnya kurang bisa ditambahkan. Jika hal itu dilakukan, insya Allah dalam waktu tiga hari Allah akan menyembuhkannya dari penyakit itu.”

8. Berpahala Seperti Orang yang Berperang di Jalan Allah

Dari Saif bin Amirah dari seorang lelaki, dari Abi Ja’far berkta, “Barangsiapa yang membaca Surat Al Qadr dengan suara keras, maka ia seperti orang yang mengayunkan pedangnya di jalan Allah dan barangsiapa yang membacanya dengan suara pelan (rahasia), maka ia seperti orang yang mengalir ruhnya di jalan Allah. Dan barangsiapa yang membacanya sepuluh kali, maka diampuni seribu dosanya.” (Al-Kafi, Juz 2: 454)

9. Menyelamatkan dari Segala Bahaya

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Qadr), maka ia akan memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa di bulan Ramadhan, dan jika bertepatan dengan malam Lailatul Qadar,

maka ia memperoleh pahala seperti orang yang berperang di jalan Allah. Dan barangsiapa yang membacanya atas pintu tempat penyimpanan, maka Allah akan menyelamatkannya dari segala bahaya dan keburukan sampai pemiliknya mengeluarkan apa yang ada di dalamnya.”

10. Mendapatkan Keberkahan dari Hasil Bumi

Abu Bakar Ash-Shidiq berkata: “Barangsiapa yang membacanya setelah waktu Isya akhir sebanyak lima belas kali, maka ia akan berada dalam keamanan Allah sampai malam berikutnya. Barangsiapa yang di setiap malam sebanyak tujuh kali, maka ia memperoleh keamanan sampai fajar terbit.

Barangsiapa yang membacanya atas suatu sesuatu berlapis emas, atau perak, atau perkakas rumah, maka Allah memberi keberkahan padanya dari segala hal yang dapat membahayakan. Dan jika dibaca atas hasil bumi, maka memberi manfaat, dengan izin Allah.”

Demikian penjelasan mengenai keutamaan Surat Al Alqadr ini. Bagi orang yang mengamalkankannya dengan sepenuh hati, semoga Allah SWT mengabulkan keingingan orang-orang tersebut.

  • https://journal.unhas.ac.id/index.php/naa/article/view/13703
  • https://www.helmykediri.com/2016/06/keistimewaan-dan-keutamaan-surat-al-qadr_48.html
  • https://www.abusyuja.com/2021/03/surat-al-qadr-pokok-kandungan-keutamaan.html
  • https://wahdah.or.id/keistimewaan-belajar-dan-menghafal-al-quran-dari-surat-surat-al-mufashshal/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait