K-Wave

19 Agustus 2021

Profil Kim Soo Hyun: Aktor Berbakat dengan Bayaran Termahal di Korea

Drama yang dibintangi Kim Soo Hyun disebut selalu mendapat rating yang tinggi
placeholder

Foto: instagram.com/soohyun_k216

placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi para penggemar drama korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Kim Soo Hyun.

Dalam semua drama korea yang diperankannya, Kim Soo Hyun selalu berhasil membuat kaum hawa klepek-klepek dengan peran yang dimainkannya. Baik itu saat memerankan karakter cowok romantis, maupun bad boy, semuanya sangat mempesona.

Maka jangan heran ya, drama-drama korea yang dimainkannya selalu memiliki peminat yang tinggi dan berhasil mendapatkan rating tinggi. Yuk lebih mengenal lagi sosok sahabat dari aktris UI yang ganteng dan juga dinobatkan menjadi jajaran aktor termahal Korea ini.

Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Drama Korea yang Dibintangi Ahn Jae Hyun

Profil Kim Soo Hyun

kim soo hyun

Foto: Orami Photo Stock

Nama: Kim Soo Hyun (김수현)

Tanggal Lahir: 16 Februari 1988

Zodiak: Aquarius

Tinggi: 180 cm

Berat: 65 kg

Golongan Darah: AB

Instagram: @soohyun_k216

Baca Juga: Seperti di Drama Korea, Ini 5 Potret Keluarga Artis Indonesia Pakai Hanbok

Film Kim Soo Hyun

  • Real (2017) - Jang Tae-Young
  • Miss Granny | Soosanghan Geunyeo (2014) - motorbiker (cameo)
  • Secretly Greatly | Eunmilhage Widaehage (2013) - Won Ryu-Hwan/Bang Dong-Gu
  • The Thieves | Dodookdeul (2012) - Zampano

Drama Kim Soo Hyun

  • One Ordinary Day | Eoneunal (Coupang Play / 2021) - Kim Hyun-Soo
  • It's Okay to Not Be Okay | Saikojiman Gwaenchanha (tvN / 2020) - Moon Kang-Tae
  • Crash Landing on You | Sarangui Boolshichak (tvN / 2019-2020) - Dong-Gu (ep.10,15)
  • Hotel Del Luna (tvN / 2019) - CEO of Hotel Blue Moon (ep.16)
  • The Producers | Peurodyusa (KBS2 / 2015) - Baek Seung-Chan (PD of Entertainment Division)
  • My Love From the Star | Byeoleseo On Namja (SBS / 2013-2014) - Do Min-Joon
  • Dream High 2 | Deurimhai Sijeun 2 (KBS2 / 2012) - Top star who plays a character Song Sam-Dong (ep.1)
  • The Moon Embracing The Sun | Haereul Poomeun Dal (MBC / 2012) - Lee Hwon
  • Dream High (KBS2 / 2011) - Song Sam-Dong
  • Giant | Jaieonteu (SBS / 2010) - Lee Seong-Mo (young)
  • Will It Snow For Christmas? | Keurisumaseue Neunyi Olggayo? (SBS / 2009)
  • Kimchi Cheese Smile | Kimchi Chiseu Seumail (MBC / 2007-2008) - Kim Soo-Hyun

FTV Kim Soo Hyun

  • Father's House | Abeojiui Jip (SBS / 2009) - Kang Jae-Il
  • Jungle Fish | Jeongkeulpiswi (KBS2 / 2008)

Rekomendasi Drama dan Film Kim Soo Hyun

Nah, di bawah ini ada beberapa daftar drama dan juga film yang dibintangi Kim Soo Hyun yang menunjukkan talenta terbaiknya saat berakting. Apa saja ya? Yuk langsung dilihat, Moms!

1. Dream High

kim soo hyun

Foto: Nanxing.jiankang4.com

Siapa yang tidak tahu drama korea terkenal satu ini? Alur cerita dalam drama ini cukup menarik karena menceritakan tentang enam orang murid yang bermimpi menjadi penyanyi terkenal, namun memiliki masalahnya masing-masing.

Salah satu dari keenam murid tersebut adalah Kim Soo Hyun. Ia berperan sebagai Song Sam Dong, seorang pria polos dari desa yang jatuh cinta pada musik. Dream High menjadi salah satu drama korea yang melambungkan namanya.

2. The Moon That Embraces the Sun

kim soo hyun

Foto: Commons.wikimedia.org

Drama korea satu ini dikenal juga dengan nama The Moon Embracing the Sun atau The Sun and the Moon. Dalam drama ini, Kim Soo Hyun beradu peran dengan Han Ga In, Jung Il Woo, dan Kim Min Seo.

Ia sendiri memainkan karakter Lee Hwon, raja Joseon yang bijaksana. Namun, seperti kehidupan kerajaan pada umumnya, kisah cinta pasangan suami istri ini mengalami banyak cobaan, hingga harus berpisah dengan sang istri karena politik kerajaan.

3. My Love from The Star

kim soo hyun

Foto: Pinterest.com

Drama korea satu ini juga bisa dibilang sebagai drama yang berhasil membuat nama Kim Soo Hyun semakin bersinar. Hal ini lantaran perannya yang tidak biasa.

Beradu peran dengan artis cantik Jun Ji Hyun, Kim Soo Hyun diceritakan sebagai alien yang tinggal di bumi sejak 400 tahun lalu.

Meski merupakan seorang alien, ia memiliki penampilan sebagai pria yang nyaris sempurna dan tentunya memiliki kekuatan supranatural.

4. The Producers

kim soo hyun

Foto: Asianwiki.com

Berperan sebagai Baek Seung Chan di The Producers, Kim Soo Hyun memainkan karakter seorang produser di acara reality show bernama 2 Days 1 Night (2D1N).

Selama ia menajalankan tugasnya sebagai seorang PD, Kim Soo Hyun terlibat cinta dengan artis di perusahaannya bernama Cindy, yang diperankan oleh IU.

5. Real

kim soo hyun

Foto: Pinterest.com

Meski bukan drama, tapi film Real harus disebutkan sebagai salah satu karakter Kim Soo Hyun yang berbeda dari biasa.

Jika karakter-karakter sebelumnya menunjukkan Kim Soo Hyun sebagai pria yang manis dan romantis, dalam film Real, Kim Soo Hyun diceritakan sebagai bos kasino kaya raya bernama Jang Tae Young.

Jang Tae Young diceritakan merupakan seseorang yang sangat memiliki ambisi besar. Dalam film ini, aktor berusia 31 tahun ini beradu peran dengan mendiang Sulli, yang diceritakan sebagai asisten pribadinya.

6. Secretly Greatly

Kim So Hyun -1.jpg

Foto: Asianwiki.com

Dalam drama ini, Kim Soo Hyun berperan sebagai Won Ryu-Hwan yang dilatih di Pasukan Khusus Korea Utara. Dia bisa berbicara lima bahasa dan juga merupakan mesin pembunuh yang mematikan. Dua tahun lalu, dia menerima perintah untuk dikirim ke Korea Selatan sebagai mata-mata.

Saat bertanya-tanya di lingkungan miskin di Seoul, Won Ryu-Hwan pingsan dan dibangunkan oleh seorang ibu tua yang khawatir. Perempuan itu kemudian mengizinkannya tinggal di sebuah apartemen kecil di atas toko serba ada yang sederhana dan membiarkannya bekerja di tokonya.

Identitasnya di Korea Selatan adalah Bang Dong-Gu, yang memiliki kepribadian seorang pemuda yang bodoh dan cacat mental. Sejak saat itu, Bang Dong-Gu mengenal semua orang di lingkungan sekitar dan menjadi dekat dengan perempuan yang memperlakukannya seperti putra keduanya.

Suatu malam, Bang Dong-Gu menerima tamu di apartemen kecilnya. Tamunya adalah Lee Hae-Rang (Park Ki-Woong), yang dilatih di Unit Pasukan Khusus Korea Utara yang sama. Lee Hae-Rang juga telah menerima perintah dari Korea Utara untuk bekerja secara diam-diam sebagai mata-mata di Korea Selatan.

Personanya adalah bintang rock muda yang ingin menjadi bintang. Lee Hae-Rang merasa kesulitan, karena tidak pernah bermain gitar sebelumnya. Tak lama kemudian, Ri Hae-Jin (Lee Hyun-Woo), juga anggota tim pasukan khusus mereka di Korea Utara, tiba di lingkungan yang sama.

Ketiga pemuda yang hidup tanpa diketahui di antara tetangga mereka, mereka menunggu perintah dari Korea Utara. Perintah tersebut akhirnya datang, dan ini tentunya menghidupkan konflik-konflik menarik yang menjadi jalan cerita yang asyik ditonton hingga akhir.

7. The Thieves

Kim So Hyun -3.jpg

Foto: Myrarapop.com

Popie (Lee Jung-Jae), Yenicall (Gianna Jun), Chewingum (Kim Hae-Sook) dan Zampano (Kim Soo-Hyun) adalah tim pencuri profesional di Korea Selatan. Setelah berhasil mencuri vas antik yang berharga, Macao Park (Kim Yun-Seok) mengusulkan pekerjaan baru yang sangat menguntungkan di Makau.

Sementara itu, Pepsee (Kim Hye-Soo) dibebaskan dari penjara dengan pengampunan khusus. Beberapa tahun yang lalu Macao Park, Pepsee dan Popie bekerja bersama sebagai kru. Macao Park dan Pepsee juga menjalin hubungan romantis.

Kemudian, saat mencuri emas batangan, kabel Macao Park tersangkut di poros elevator dan dia menghilang bersama batangan emas. Pepsee ditangkap tak lama kemudian. Sekarang, Popie, Yenicall, Chewinggum, dan Zampano berangkat ke Hong Kong untuk bekerja dengan Macao Park.

Yang tidak diketahui Macao Park adalah Pepsee juga ikut bersama mereka. Di Hong Kong, kru terpisah menunggu pencuri Korea. Empat pencuri Hong Kong itu terdiri dari Chen (Simon Yam), Andrew (Oh Dal-Su), Julie (Angelica Lee) dan Johnny (Kwok Cheung Tsang). Ketika tim Hong Kong dan Korea akhirnya bertemu, ketegangan langsung meningkat di antara kedua grup.

Pencurian berlian ‘Tear of Sun’ yang dimiliki oleh penjahat kejam Wei Yong memberikan kejutan lain. Meski kedua grup bekerja sama dalam pencurian berlian berharga mahal tersebut, tetapi 10 pencuri semuanya memiliki rencana tersendiri.

8. It's Okay to Not Be Okay

Kim So Hyun -2.jpg

Foto: Asianwiki.com

Ini juga adalah drama Kim Soo Hyun yang terus membuat Namanya berada di dereten selebriti papan atas. Sebuah cerita tentang seorang pria yang bekerja di bangsal psikiatri dan seorang perempuan dengan gangguan kepribadian antisosial, yang merupakan penulis populer buku anak-anak.

Moon Kang-Tae (Kim Soo-Hyun) bekerja di bangsal psikiatri. Tugasnya adalah menuliskan kondisi pasien dan menghadapi situasi yang tidak terduga, seperti jika pasien berkelahi atau melarikan diri. Dia hanya menghasilkan sekitar 1,8 juta won (~$1.600 USD) sebulan.

Ko Moon-Young (Seo Yea-Ji) adalah seorang penulis populer sastra anak-anak, tapi dia sangat egois, arogan dan kasar. Interaksi dari kedua karakter ini menjadi daya tarik yang kuat dari keseluruhan cerita, selain dari akting pemeran pendukung yang juga turut menyukseskan drama ini.

Baca Juga: 8 Street Food yang Sering Muncul di Drama Korea, Bikin Ngiler!

Fakta Menarik Kim Soo Hyun

drama kim soo hyun

Foto: Orami Photo Stock

Siapa yang menyangka, Kim Soo Hyun yang begitu kharismatik tapi kocak ini dulunya adalah anak yang introvert. Tetapi, berkat dorongan dari ibunya yang mendorongnya untuk mengambil kelas akting di sekolah menengah untuk mengatasi hal tersebut, kini dia menjadi bintang besar di Korea Selatan.

Pada 2009, dia mendaftar di Departemen Film dan Teater Universitas Chung Ang. Kemudia, dia debut di televisi pada 2007. Sebelum debut akting, dia adalah model pakaian dalam untuk pusat perbelanjaan online temannya.

Ada kejadian menarik saat dirinya masih berstatus pelajar. Ternyara, di sekolah menengah dia membakar tempat tidur ‘bunga sekolah’-nya lho!. Tahu juga ngga Moms, dia seharusnya membintangi Boys Over Flowers, wow!.

Meski tetap aktif, namun pada 2010 yang lalu dia menjalani operasi jantung dari takikardia supraventrikular. Cowok yang memiliki girl group K-pop favorit Orange Caramel ini memiliki kebiasaan menutup mulutn ketika dia tertawa.

Sisi uniknya terlihat saat ditanya tentang kekuatan super apa yang ingin dimiliki, saat itu dia menjawab teleportasi. Bukan hanya urusan akting, ternyata Kim Soo Hyun juga melamar menjadi bowler profesional pada Oktober 2016 yang lalu.

Berkat aktingnya, dia beberapa kali diangkat menjadi duta. Pada 2012, Korea Tourism Organization (KTO) menunjuknya sebagai Duta Promosi untuk pariwisata Korea. Pada 2014, dia juga menjadi Duta Besar Goodwill Seoul. Bahkan, dia dinobatkan sebagai duta kehormatan Bandara Internasional Incheon.

Kim Soo Hyung mulai wajib militer pada 23 Oktober 2017, dan selesai pada 1 Juli 2019. Memiliki banyak rekan kerja yang cantik saat menjadi aktor, tipe ideal Kim Soo Hyun: ternyata adalah Kaya Scodelario, seorang aktris yang berasal dari Inggris.

Banyak sekali award yang telah dimenangkan oleh Kim Soo Hyun. Dari event KBS Drama Awards pada 31 Desember 2015 saja, dirinya berhasil menyabet Grand Prize dari, Netizen Award serta Best Couple Award yang semuanya didapatkan dari drama ‘The Producers’.

Itu dia beberapa drama dan film Kim Soo Hyun yang menarik untuk disimak. Fakta-fakta yang disebutkan juga membuat para penggemarnya dapat melihat sisi lain dari aktor ganteng ini. Sudahkah menonton salah satunya dramanya belum, Moms?

  • https://asianwiki.com/Kim_Soo-Hyun_(1988)
  • https://kprofiles.com/kim-soo-hyun-profile/?__cf_chl_managed_tk__=pmd_a3ae55aa3f1c445a2be22df3afb4579a698f0b72-1627864866-0-gqNtZGzNAs2jcnBszQi6
  • https://asianwiki.com/It%27s_Okay_to_Not_Be_Okay
  • https://asianwiki.com/Secretly_Greatly

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait